September 4, 2016

Budidaya Ikan Black Ghost dan Cara Merawatnya

Budidaya Ikan Black Ghost dan Cara Merawatnya, infoikan.com - jika aquarium terdapat jenis ikan hias, kini tersedia cara memelihara ikan black ghost yang merupakan ikan hias air tawar yang sangat besar, unik, serta memiliki harga yang sangat terjangkau. 

Cara Budidaya, Memelihara, Serta Merawat Ikan Black Ghost
infosiana.net


Banyak yang menyebutnya kalu jenis ikan ini dijuluki dengan Setan hitam, yang merupakan adalah terjemahan dari black ghost, yah....inilah ikan black ghost, biarpun namanya seram ikan hias black ghost adalah ikan hias yang sangat cantik.

jenis ikan ini ditandai dengan memiliki warna pada bagian seluruh tubuhnya  yang kesemuanya hitam, kecuali bagian ekor (ada lilitan yang berwarna putih) , akan semakin cantik bila ada di akuarium hias kita dengan lampu hiasan.

Ikan black ghost ( Apterontus albifrons ),  Ikan yang banyak dijumpai berasal dari sungai amazon ini selain bernama setan hitam, juga sering disebut dengan "penari balet", yupsss......karena kelenturan ikan black ghost yang saat berenang maju dan mudur serta jungkir balik, inilah ikan black ghost yang kemudian dinamai si penari balet air laut.

ikan ini juga terkenal dengan julukan ikan bendera, yang mana identik dengan bentuk sayapnya yang melebar ke kanan dan ke kiri. dan sekaligus berlenggak lenggok seperti kena hembusan angin.

Begitu warna-warni banyaknya orang menyebut ikan ini dengan berdasarkan ciri khas yang menempel pada tubuhnya.  


Ada juga yang menyebutnya "si bulu ayam", kerena ikan black ghost ketika bergerak dapat membentuk sudut 90 derajat, yang mana dapat tubuhnya seperti layaknya bulu ayam yang tegak berwarna hitam.

Juga terdapat nama yang unik serta lain seperti ikan redfin dan ikan manfish.

Untuk merawat ikan ini tidalah sulit, berikut adalah Budidaya Ikan Black Ghost dan Cara Merawatny.

Budidaya Ikan Black Ghost dan Cara Merawatny

4 Tips Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Black Ghost

 Ikan Black Ghost



1. Sobat bisa mencari dan menemukan Ikan Hias Yang Bisa Dicampur Dengan Black Ghost, Karena Ikan Black Ghost Adalah jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur juga Dengan Ikan Hias Lain

Nama dan tulisan terkadang memang dapat menipu serta bisa juga membuat penasaran ingin melihat, seperti ikan black ghost ini, dari namanya terlihat menyeramkan, bahkan terkesan juga dari nama tersebut ikan ini adalah jenis ikan hias predator.
Jika sobat mecari banyak wawasan lainnya, pasti banyak sekali yang menyarankan Ikan black ghost bisa dicampur dengan ikan hias air tawar yang lainnya, contohnya seperti ikan koki black moor atau ikan Russianensis.
 

Akan tetapi, usahakan sobat jangan mencampurnya dengan ikan yang bersifat predator, seperti ikan sumatra, karena ikan sumatra dikenal suka mengganggu ikan hias lain. Belum tau kalau dengan pengalaman sobat, mungkin saja bisa berbeda.

Selain itu ekor ikan black ghost terlihat seperti cacing, jika tetap dicampur dengan ikan yang bersifat mengganggu / predator dikawatirkan ekor ikan black ghost akan menjadi target sasaran ikan predator tadi.
 

walaupun pada akhirnya tumbuh kembali, terkadang sering juga terjadi ekor ikan black ghost putus akibat tetap mencampurkan jenis ikan lain yang mengganggu, .
 

Maka dari itu yuk kita intip...inilah cara memelihara dan merawat ikan black ghost yang pertama.

2. Pola Pemberian Pakan Yang Tepat Pada Ikan Black Ghost


Selain tidak dicampur dengan ikan hias yang mengganggu, pola pemberian pakan yang tepat adalah langkah yang penting dalam cara merawat ikan black ghost.

Makanan yang bagus untuk pertumbuhan ikan black ghost adalah cacing merah (blood worm), dengan pola pemberian pakan 2x dalam sehari.

3. Air akuarium Yang Bagus Untuk Tempat Hidup Ikan Black Ghost


Air adalah hal yang sangat harus diperhatikan dalam cara merawat ikan black ghost, kesehatan, keindahan, pertumbuhan ikan semuanya tergantung dengan kondisi air.

Jika air akuarium dalam kondisi bagus, sehatnya ikan, indahnya dan pertumbuhan sang ikan pasti akan baik, begitu pula sebaliknya.

Sedangkan air yang bagus untuk ikan black ghost adalah air yang ber - pH 7 dan yang pasti juga jernih. Bila air yang digunakan untuk merawat dan memelihara ikan black ghost dari sumur, maka air harus diendapkan dulu selama 24 jam.

sedangkan jika air tersebut dari PAM maka harus yang sudah diendapkan selama 3 hari.

4. Memasang Hiasan Akuarium Yang Tepat Untuk Tempat Sembunyi Ikan Black Ghost


Cara Budidaya, Memelihara, Serta Merawat Ikan Black Ghost
 


Ikan black ghost adalah ikan yang aktif di  malam hari dan bersembunyi di siang hari.

Dari karakter ikan black ghost ini, sangat danjurkan memasang hiasan akuarium dalam cara merawat dan memelihara ikan black ghost.

Bukan hanya untuk memeperindah akuarium, hiasan akuarium juga dimaksudkan sebagai tempat persembunyian ikan black ghost disiang hari.

Untuk hiasan akuarium, yang paling tepat untuk ikan black ghost adalah hiasan yang tidak berwarna terang / mencolok, sebab warna terang tidak disukai oleh ikan black ghost.

Karena pengelihatan ikan black ghost tidak terlalu kuat untuk menahan sinar maupun warna-warna cerah, seperti warna kuning dan merah.

Hiasan akuarium yang bisa dipakai seprti kayu dan batu-batuan yang berwarna hitam.


Cara Budidaya, Memelihara, Serta Merawat Ikan Black Ghost
 


dan jangan lupa pasang juga aerator, supaya oksigen dalam air akuarium melimpah.


Ikan Black Ghost
usahanurja.wordpress.com


Ikan black ghost juga disebut hewan noctural, karena ikan ini beraktifitas pada malam hari, baik itu mencari makan, bersembunyi disela-sela bebatuan, akar dan tanaman air, bahkan hingga berkembang biak semuanya dilakukan ikan black ghost pada malam hari.

Di alam liar (sungai amazon) ikan black ghost bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 48 cm, sedangkan untuk di kolam budidaya ataupu akuarium, besarnya ikan black ghost maksimal cuma antara kisaran 25-30 cm, itupun tergantung ukuran akuarium dan suplai makanan ikan black ghost yang diberikan.

Setelah cara memelihara dan merawat ikan black ghost dilakukan dengan baik dan akhirnya ikan black ghost tumbuh dengan baik dan sehat di akuarium hias, ada baiknya juga kalau cara budidaya ikan black ghost juga disimak.

Karena harga ikan black ghost yang lumanya dipasaran, banyak yang mencoba untuk budidaya ikan black ghost.

Berikut Adalah Langkah-Langkah Cara Budidaya Ikan Black Ghost


1. Kualitas Air Yang Sesuai Untuk Budidaya Ikan Black Ghost


Dalam cara memelihara, merawat dan budidaya ikan black ghost yang terpanting adalah kualitas air. memang semuanya sangat penting dan keterkaitan, akan tetapi faktor yang mendominasi keberhasilan yang maksimal hanya terletak pada kuantitas air tersebut.

Kualiatas air dalam budidaya ikan black ghost haruslah yang cocok dengan kehidupan ikan black ghost, karena untuk memulai budidaya ikan black ghost pemeriksaan kualitas air harus dilakukan agar tidak berakibat fatal.

Menurut Loka Riset Budidaya Ikan Hias Air Tawar, Pusat riset Perikanan Budidaya, dan Badan Riset Kelautan Dan Perikanan, air yang cocok untuk ikan black ghost adalah yang bersuhu 26 - 27 O C, pH 6 - 7 dan kekerasan 6 - 10 dH.

Pemeriksaan air yang sesuai dengan ajuran tersebut sangat memakan waktu dan juga biaya.

Ada cara yang sangat sederhana bagi yang tidak mau ribet untuk mengetahui kualitas air dalam budidaya ikan black ghost ini.
 

dengan cara ~ sobat bisa masukan ikan black ghost dua atau 3 ekor ke dalam air yang sudah disiapkan, jika ikan black ghost langsung diam di dasar akuarium dan bersebunyi, itu berarti air sesuai dengan kehidupan ikan black ghost.

Sebaliknya andai ikan black ghost naik ke atas dan megap-megap dan lemas berarti  air tersebut tidak sesuai dengan ikan black ghost.

2. Membedakan Ikan Jantan Dan Betina


Ikan black ghost jantan : dapat ditandai dengan bagian Tubuh lebih besar, panjang, ramping, lurus dan memiliki gerakan yang lebih lincah.

Ikan black ghost betina : dapat ditandai dengan bagian tubuh lebih kecil, pendek, gemuk, tidak lurus dan gerakanya tidak selincah jantan.

Baik ikan black ghost jantan maupun betina dapat dipijahkan setelah berumur kurang lebih 1 tahun, dengan panjang kira-kira antara 20-30 cm.

3. Pemeliharaan Induk


Induk ikan black ghost yang paling banyak dan biasanya dipelihara di akuarium.


Jika sobat menginginkan untuk dijual, usahakan untuk menyediakan tempat yang agak besar lagi, serta jangan lupa untuk dikasih hiasan yang berupa tumbuhan air.
 
Caranya : Siapkan 2 buah akuarium dengan panjang 80cm, lebar 60cm, dan tinggi 40cm, satu untuk jantan dan yang satu untuk ikan betina.

Keringkan selama 2 hari, lalu isi akuarium dengan air setinggi 30cm, setelah itu pasang 2 buah titik aerasi untuk setiap akurium dan hidupkan selama pemeliharaan induk.

Masukan 10 ekor induk ikan black ghost, beri pakan tambahan berupa cacing darah (blood worm)  dan jentik nyamuk secukunya, setiap 3 hari sekali siphon air, atau bila keadaan air sudah nampak kotor.

4. Budidaya Ikan Black Ghost Dengan Cara Pemijahan Induk  Secara Berpasangan

Induk ikan black ghost bisa dipijahkan secara berpasangan. Pemijahan itu dilakukan di akuarium.


Akan tetapi sobat bisa menyesuaikan dengan tempat atau wadah yang sobat punya. nggak harus mengikuti coretan ini yang menggambarkan secantik dan semenarik mungkin.

Caranya: Siapkan sebuah akuarium dengan ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm, dan tinggi 40 cm, keringkan selama 2 hari, isi akuarium dengan air dengan ketinggian 30 cm, lalu pasang 4 buah titik aerasi pada akuarium dan hidupkan selama pemijahan.

Lalu masukan 6 buah potongan pralon 3 inci  sepasang 30 cm, lalu masukan 3 ekor induk ikan black ghost jantan dan masukan pula 4 ekor induk betina ikan black ghost.

beri pakan tambahan berupa berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya; pada sore hari, letakan 3 buah lempengan pakis panjang 20 cm dan lebar 10 cm (tempat bertelur) di atas dua paralon (seperti paranggong); letakan 10 – 15 buah krikil sebagai pelindung telur dan pemberat.

Pemijahan biasanya terjadi mulai sore hingga malam hari. Telur akan menempel pada lempengan pakis. Telur yang baik berwarna kuning cerah diliputi lendir. Sedangkan telur yang kurang baik berwarna putih susu.

5. Budidaya Ikan Black  Ghost Dengan Teknik Pemijahan Secara Masal


yang menjadi keunikan tersendiri sekaligus memudahkan yang pertama kali baru memulai usaha, ternyata jenis Ikan balackghost ini, juga bisa dipijahkan secara massal. Pemijahan itu dilakukan di bak tembok atau fibreglass.



dengan cara ~ sobat bisa menyiapkan  bak fibre glass ukuran panjang 2,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi 0,5 m; keringkan selama selama 3 hari; isi air setinggi 30 cm; pasang 6 – 8 titik aerasi; masukan 20 potongan paralon 3 inchi sepanjang 30 cm; masukan masukan 12 ekor betina; masukan pula 8 ekor jantan;


Akan tetapi, jika sobat baru saja memulai sebuah usaha budidaya usahakan untuk membuat wadah yang sederhana dulu. Ketika sudah berkembang baik, baru menyediakan tempat yang agak besar dan luas.

beri pakan berupa cacing darah atau jentik nyamuk; letakan 10 buah lempengan pakis di atas dua paralon; letakan puluhan krikil sebagai pelindung telur dan pemberat.

6. Penetasan Dan Pemeliharaan Larva Dalam Budidaya Ikan Black Ghost


Usahakan untuk Telur ikan blackghost, bisa sobat ditetaskan di akuarium lain.
dengan cara :  siapkan sebuah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari; isi air bersih setinggi 30 cm; pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium, dan hidupkan selama penetasan.


Sobat bisa menunggunya. dalam 3 – 4 hari, telur blackghost akan menetas. Larva tersebut bersembunyi di sela-sela pakis. Perubahan warna akan terjadi dari putih menjadi hitam. Tiga hingga empat hari kemudian diberi pakan berupa naupli artemia selama 2 minggu

Dua minggu berikutnya, sobat bisa diberi pakan berupa jentik nyamuk atau cacing yang sudah dicincang agar halus. Jadi penetasan telur dan pemeliharaan berlangsung selama kurang lebih sebulan.

7. Pembesaran Ikan Dalam Budidaya Ikan Black Ghost


Pembesaran ikan bllack ghost dilakukan di akuarium,

dengan cara ~ yaitu sobat bisa menyiapkan sebuah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm dan tinggi 40 cm; keringkan selama 2 hari; isi air bersih setinggi 30 cm; pasang 4 buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pembesaran; masukan 20 potongan paralon sesuai ukuran tubuh benih sebagai tempat pelindung.



tergantung menyesuaikan jenis lokasi yang sobat punya juga. tidak harus meniru artikel ini. Bisa memakai wadah sesederhana mungkin yang cukup untuk buat latian dulu.

masukan 200 – 250 ekor benih ukuran 1 – 1,5 inchi atau berasal dari tempat pemeliharaan larva; beri pakan berupa cacing darah atau tubifex dan jentik nyamuk; siphon setiap tiga hari atau bila air sudah kotor
 

Biasanya untuk pertumbuhan pembesaran ikan ini, kira-kira berlangsung selama 7 – 8 bulan. Pada saat itu ikan blackghost sudah berukuran 3 – 4 inchi dan siap untuk dijual kembali.

Harga Ikan Black Ghost


Jika sobat mau menengok atau mampir ke toko ikan hias pasti tau lebih jelas untuk harga jenis ikan ini.


Ikan Black ghost ini biasanya dijual dengan harga 5.000-10.000 untuk ukuran -10cm dan 25.000 keatas untuk ukuran +15cm.

Rata-rata untuk kisaran harga jenis ikan ini sebdiri kurang begutu diketahui, disamping langka, juga sangat minim sekali yang punya. memang harga pasaran tidak menentu, karena juga pembudidaya jenis ikan ini biasanya sangat sedikit sekali dijumpai. Kecuali sobat order dulu.
 
Baca juga:
Cara Merawat Ikan Hias Guppy Kesayangan Anda Supaya Selalu Cerah Dan Sehat
 

Demikainlah budidaya ikan black ghost dan cara merawatnya. terimaasi atas kunjunganya. Semoga bermanfaat dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk referensi hasil memelihara berikutnya.