September 24, 2016

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati

Merawat Burayak Agar Tidak Mati | iinfoikan.blogspot.co.id - budidaya ikan cupang, merawat burayak khususnya ikan cupang, sangatlah mudah sekali di kerjakan walapun seorang yang belum mengetahui panduannya atau minimnya pengalaman memelihara semua jenis ikan hias.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati


Ternak ikan cupang dari pengalaman pembudidaya amati dan pantau terus perkembanganya ini dari berbagai jenis ikan cupang, mulai dari ikan cupang serit, ikan cupang halfmoon, ikan cupang plakat dan juga ikan cupang aduan, hanya saja admin belum melihat mengawinkan indukan ikan cupang giat.

Dari pertanyaan dapat sebuah jawaban yang semoga bisa bermanfaat saat sedang ada yang membutuhkannya lagi. Banyak yang mengakuinya jikau sobat budidaya maupun merawat ikan cupang ini, jangan sampai lepas kontrol yaitu pada saat bertelur menjadi burayak hingga bisa mencapai kekuatan berenang dengan memangsa makanannya sendiri, yaitu berupa kutu air. Ini memang hal yang paling sulit-sulit gampang di kerjakan.


Sobat harus berani menanggung resiko yaitu biasanya setelah telur menetas kira-kira 3 - 4 hari, dua minngu sebelum di tempatkan pada wadah terpisah dari sang indukan, dan setelah di pindahkan pada tempat tersendiri. Setelah ini sobat mencapai batas aman cara merawat burayak ikan cupang ini.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Ketika Masih Dalam Kondisi Telur

Sebelum berlanjut pada pembahasan yang lain, alangkah baiknya jika sobat harus tau dulu semua macam ikan yang ingin di pelihara bias tambah pengalaman dalam memliharanya di lain waktu. Yaitu berupa jenis-jenis ikan cupang hias baik laga maupun aduan yang sangat cantik.

Cara Merawat Burayak
Selanjutnya bisa sobat lakukan penelitian ketika sobat dapati induk betina sudah bertelur dan sang jantan mulai mengusir indukan betina, angkat atau ambil indukan betina tadi biar sang jantan sendiri yang menjaga burayaknya.

 
Jika dalam perawatan masa telur ini tidak berhasil secara baik, maka jenjang seanjtnya pun akan berakhir dengan kegagalan. Sebaiknya sobat dapat meluangkan waktu sejenak untuk terus mengontrol perkembangan pada pertumbuhan burayak ini. Kenapa demikian? karena dari yang sudah terjadi pada keteteran akan waktu pemeliharaan dari telur samapai penetasan oleh indukan jantan.  
 

Yang terjadi pada kasus ini yaitu kurangnya memerhatikan saat masa setelah bertelur yang mana sang induk di biarkan berkumpul, kebiasaan lain akan terjadi lagi yaitu sang indukan jantan bukanya merawat telur malah telur dimakanya.

Jika ingin sukses budidaya, saat memilih indukan usahakan yang sudah berumur 4 bulan lebih dan sudah siap untuk di kawinkan. Kenapa harus begitu? karena dari ciri-ciri jenis ikan cupang siap pemijahan atau kawin adalah masalah dengan umur. jika umur induk kurang dari yang disebut tadi, biasanya akan di buat santapan sendiri. Dari sini sobat bisa memilih atau mengelompokkan sendiri jenis indukan yang sudah siap dan berani dan umumnya umur 4 bulan lebih.


Sobat bisa mengira-ngira sendiri hal yang terbaik dan cara terbaik mana yang bisa di lakukan agar semua berjalan dengan lancar. Kebanyakan pemula akan kurang tau tentang hal ini padahal sudah tersedia Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang... terdapat sebuah solusi yaitu sebelum kedua indukan di jodohkan, jangan pernah memberi sekat atau penghalang, yang akan mengakibatkan sang indukan yang nantinya menjadi ganas d
an agresif.
 
Selain itu yang paling aman
selama induk jantan menjaga dan merawat telur, berikan pakan berupa jentik nyamuk ( sekali kasih untuk 3 hari )

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Setelah Menetas

Dari pengalaman yang ada waktu penetasan untuk telur pun ada yang berbeda. Namun rata-rata memakan waktu 3 - 4 hari menjadi burayak. Tergantung iklim dan kualitas air serta pakan yang ada juga sangat berpengaruh lho..jika sobat pernah menelaah dan hasilnya berbeda dengan yang ada, sobat bisa memberi info yang lebih akurat lagi tentang penetasan telur cupang ini.

Cara Merawat Burayak

Untuk anak ikan cupang yang baru menetas, bila perlu tidak usah diberi pakan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari, karena anak cupang tersebut dapat memperoleh makanannya dari kuning telur yang masih berada di dalam tubuhnya.
 
Jika sobat melihat tanda-tanda sebagian dari telur tersebut menetas, ntah itu 2 atau 5 usahakan untuk emindahakan sang indikan tadi ke tempat tersendiri. Dari pengalaman pembudidaya sekitar mengatakan akan lebih baiknya jika sobat meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikannya. Karena dari sekian burayak yang ada seketika dapat hilang sendiri yang mana di makan oleh indukan jantan tadi. 


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati

Setelah indukan jantan sobat pisahkan, Dari telur sampai menetas menjadi burayak, usahakan untuk terus memantau perkembangannya hingga bisa berenang seperti layaknya ikan dewasa yang bisa mencari makan sendiri.

Setelah semuanya selesai menjadi burayak, sobat bisa ngasih makan telur atau artemia. Jangan lupa lagi jika jumlahnya sangat banyak, usahakan untuk menjadikan dua bagian pada tempat yang terpisah. Yang berfungsi meminimalisir kematian.


Tips dan Cara memberi makan burayak kuning telur adalah sebagai berikut : 

Mula mula ambil kuning telur, lalu bungkus dengan kain yang memiliki pori - pori halus, lalu masukan dengan perlahan naik turun sembari sedikit ditekan agar butiran butiran kunig telur yang super halus keluar dari kain hingga para burayak cupang yang kelaparan mengerumuni buntalan kuning telur tadi. <~

Agar dalam pemeliharann bisa berjalan lancar dan mulus sukses, yang perlu di ingat adalah dalam pemberian pakan yang berupa telur ini cukup hanya dalam waktu satu hari saja. Setelah itu sobat bisa memindahkannya pada wadah atau tempat yang lebih besar lagi yang berfungsi agar burayak tersebut tidak banyak yang mati.


Kenapa demikian? Karena jika sobat memberikan pakan kuning telur tadi dalam satu wadah terkumpulnya semua buryak, akan bisa menyebabkan ketidak sehatan dan menimbulkan kematia. Yang mana air dalam wadah tersebut juga akan ikut menjadi kotor oleh kuning telur tadi.

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Di Kolam Pembesaran

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Sobat bisa menyediakan kolam dengan segala isinya yang dapat berupa ( air, daun ketapang, tanaman air, serta kutu air ) satu minggu sebelum melakuakan pemijahan ikan cupang. Ini diharapkan burayak tidak mati karena kekurangan pakan, selain itu air sudah benar - benar tua dan berwarna coklat ( karena ada daun ketapangnya ) yang bagus untuk burayak. Bukan berarti mengandung bankteri atau sampah akan tetapi supaya memunculkan jenis lumut atau bisa berupa pakan dedaunan air.

Manfaat lain dari daun ketapang untuk cupang laga maupun cupang hias yaitu sobat bisa memanfaatkannya dalam sebuah kolam tadi. Dari penelitian yang ada, daun ketapang setelah di masukkan kedalam air akan menghasilkan jenis hewan renik yang menjadi kesukaan pakan tersendiri ikan laga aduan yang baru menetas.

Setelah semuanya siap, sobat bisa Masukan burayak tadi ke dalam kolam pembesaran ikan dengan perlahan, supaya gelombang dalam air tidak membuat mabuk burayak, setelah itu sobat bisa menutup kolam dengan apalah yang penting tidak ada hama masuk yang akan menghabiskan burayak sahabat. 


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang

Kenapa harus pakai penutup segala? jika penempatannya di luar rumah akan banyak jenis hewan seperti katak kecil yang kakinya panjang akan hinggap dan memakan burayak sobat tadi.


Ini sih khusus sobat yang berdomisili pada daerah pedesaan, berbeda jika daerah sobat aman dari hama hewan malam tadi. Tutup yang aman sobat bisa buatkan seperti jaring yang berlubang kecil-kecil.

Selanjutnya sobat tinggal membri pakan setiap hari yaitu bisa 2 -3 kali, itu sih jika sobat pengen cepat tumbuh besar saja. Akan tetapi yang paling ideal kasih aja 2 kali sehari. 

 
Jika sobat semua serba mudah gratis, harus berani berusah sedikit yaitu membuat sendiri semua jenis pakan tadi, kalau mau simpel bisa beli, akan tetapi jika pengen yang gratis sobat bisa lakukan Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit yang hasilnya sendiri sangan memuaskan untuk pengalaman.

Usahan kalau mau membuat pakan dari sayuran kol tadi, sobat bisa tempatkan kira-kira yang agak jauh dari tempat sobat. Bisa di samping atau belakang rumah. Karena baunya sendiri lumayan memabukkan buat hiidung.


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Di Masa Zona Aman Dari Kematian
 

Tahap akhir dari merawat burayak ini yaitu sobat bisa nyantai-nyantai ketika sudah memasuki zona aman ini. Mengapa demikian? karena semua jenis burayak tadi akan bisa semakin kebal sendiri dengan situasi yang memadai. 

Pada fase seperti ini, sobat bisa memberikan pakan berupa jentik nyamuk yaitu ketika burayak menginjak usia dua minggu lebih. Dengan takaran jentik nyamuk tadi berumur satu bulanan (masih agak kecil), agar mudah untuk menelannya. Selain itu ternyata jenis pakan alami ini mengandung nutrisi yang sangat tinggi.

Kesimpulan dari ini semua tak lain yaitu jika sobat dalam membudidayakan atau memlihara jenis ikan hias cupang ini untuk sebuah bisnis, sobat dapat memanennya dalam waktu 3 bulanan. Akan tetapi bentuk dari sirip tersebut kurang begitu kelihatan cantik, serta harga jualnya pun masih kisaran 2000 an per ekor. 


Lantas berapa lama budidaya ikan cupang bisa siap untuk dijual? Nah jika sobat menginginkan hasil yang lebih besar lagi, sobat bisa menahannya sampai berumur kisaran 4 ebih, maka harga jual yang dapat sobat suguhkan ke pembeli bisa 5000 an per ekor, kan lumayan ketimbang dengan tadi.

Akan tetapi jika saya yang menjual, buat saja lika-liku. Maksudnya? tergantung keminatan pembeli saja lah..mau harga murah dengan kualitas kurang, atau harga lebih mahal dikit akan tetapi mendapatkan barang yang bagus dan cantik dari ikan cupang tadi.

Dirasa cukup sekian dulu sobat sedikit berbagi Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Agar Tidak Mati Mulai Dari Telur Hingga Siap Jual ini, semoga bermanfaat untuk jenjang karir berikutnya serta mendapatkan wawasan yang tiada taranya. Terima kasih, dan jangan lupa dishare juga ya.

Berbagai sumber :
Ini Dia Tips Mengetahui Ciri Fisik Cupang Aduan Kualitas Juara