September 12, 2016

Ini Dia Tips Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati

Ini Dia Tips Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati, iinfoikan.blogspot.co.idDalam membudidayakan lele satu hal yang diperhatikan ialah dengan menyiapkan kolam sebelum akan menebar bibit. Lalu bagaimana supaya lele tidak kepanasan tidak terkena guyuran air hujan, ketinggian air, kualitas air dan lain sebagainya.  

Ini Dia Tips Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati

 

Ini Dia Tips Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati


Kenapa Bibit Lele Ada Yang Mati Setiap Harinya,
Budidaya ikan merupakan salah satu bentuk dalam budidaya perairan yang khusus membudidayakan ikan di tangki atau ruang tertutup, yang biasanya untuk dapat menghasilkan bahan pangan, ikan hias dan rekreasi (pemancingan).

Dalam hal ini bibit lele yang mati biasanya tenggelam dan keesokan harinya baru mengambang, kematian setiap hari yang terjadi berturut-turut yang menyebabkan setiap hari bibit lele selalu ada yang mati

Untuk ikan yang biasa paling banyak untuk dibudidayakan ialah ikan mas, salmon, lele dan tilapia (sejenis ikan nila). Dalam membudidayakan tidak semuanya berjalan mulus terkadang pastinya ada saja hambatan yang membuat dalam budidaya hasilnya tidak optimal.

Permasalahan Bibit Lele Yang Sering Diabaikan

Apabila kepanasan maka lendir lele akan mengelupas, mulut dan ekor lele akan berwarna merah, mengambang dan kemudian mati.
Apabila kehujanan dengan intensitas yang tinggi maka akan menyebabkan ph air kolam tersebut akan menjadi turun dan ini akan menyebabkan masalah pada bibit lele tersebut. Nafsu makan menjadi berkurang, mengambang dan kemudian mati.


Dan daalm pemberian pakan yang terlalu berlebihan juga akan menyebabkan masalah pada bibit lele tersebut. Pembusukan bahan pakan organik dan Un-organik yang tidak terurai yang berasal dari sisa makanan akan menyebabkan amoniak, dan itu akan menyebabkan masalah pada bibit lele. Yang kebanyakan lele malah cenderung naik ke atas permukaan air dan selang 1 hari maka akan banyak yang mati.

Itu ialah 3 permasalahan pada bibit yang sering diabaikan tapi sangat berpengaruh pada kehidupan bibit lele tersebut.


Terkadang ada bertanya-tanya kenapa bibit lele setiap hari ada saja yang mati. Untuk kematian dibawah 5 ekor di awal penebaran sih terbilang tidak masalah, namun setelah 3-4 hari bibit lele setiap hari mati 10 hingga 100 ekor dengan hal demikian terbilang masalah yang besar.

Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Harinya Mati

Lalu bagaimanakah cara mengatasi apabila setiap harinya bibit lele tersebut selalu ada yang mati. Dalam hal ini lele yang setiap harinya ada yang mati bisa karena kualitas air yang tidak bagus, dalam pemberian pakan teralalu banyak, sisa pelet yang mengendap di dasar kolam dan tidak terurai yang akan menjadi racun. Itu yang biasanya menjadi masalah, lele mulai menggantung dipinggir kolam dan dalam hal ini apabila tidak segera diatasi maka akan terjadi kematian yang lebih banyak lagi atau massal.

Cara Mengatasinya
Dalam hal permasalahan bibit lele yang sering mati untuk mengatasi dengan cara diantaranya yaitu:

Dengan pindahin lele pada sore/pagi hari ke kolam yang sudah siapkan.
Untuk minimal air sudah didiamkan selama kurang lebih 7 hari dan sudah diberi probiotik sehingga muncul hewan-hewan kecil yang akan menjadi pakan alami lele.


Waktu dalam pemindahan di kolam akan terlihat bangkai bibit lele yang ada di dasar kolam, yang biasanya bangkai di dasar kolam lebih banyak dari pada yang mengambang.
 

Puasakan selama 1 hari dan beri pakan dengan takaran sedikit seiring pergantian hari pemberian pakan di tambah sesuai dengan kebutuhan lele tersebut.
 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Mengatasi Bibit Lele Yang Setiap Hari Mati semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.