--> Skip to main content

Ini Dia Tips Cara Mudah Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina, iinfoikan.blogspot.co.id - Ikan Discus juga akrab dengan sebutan fish o, Diamping itu ikan discus juga merupakan ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Dan ikan yang cocok untuk  aquascape.

Ini Dia Tips Cara Mudah Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina


merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer dan di Indonesia lumayan banyak penggemarnya.


Ikan discus berasal dari Amerika Selatan, yang mana mendiami sungai dan rawa rawa.

Bentuknya yang unik dengan kombinasi warna warni yang cerah nan cantik, merupakan alasan kenapa discus banyak yang memeliharnya.


Meskipun ikan discus bukanlah ikan hias domestik, akan tetapi para breeder kita ternyata banyak yang berhasil membudidayaknya.

Terkait dengan budidaya ikan discus, pasti harus jeli memilih indukan yang bagus. Karena induk yang bagus bisa dibilang keturunanya juga pasti bekualitas.

Menyeleksi indukan ikan discus jantan maupun betinya yang berkualitas tentunya tak mudah bagi yang ingin lagi mencoba budidaya ikan discus ( pemula ). Apalagi indukan yang berkualiatas, untuk membedakan ikan discus jantan dan betina saja dirasa kesulitan.

Itu karena bentuk ikan discus yang sama antara jantan dan betina. Lain halnya dalam budidaya ikan cupang atau ikan hias lainya, yang mana antara induk jantan dan betina mudah dibedakan, lantaran antara jantan dan betina memang terlihat jelas perbedaanya.

Meski begitu sebenarnya ada perbedaan antara ikan discus jantan dan betina. Dan berikut adalah cara membedakan ikan discus jantan dan betina.

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina Dengan Ciri Ciri Anatomi




Ciri Ciri Ikan Discus Jantan

  1. Hidung nampak agak membengkok
  2. Mulut lebih besar dan bibir bagian atas menonjol
  3. Bentuk sirip dubur pada umumnya lurus tidak bulat
  4. Warna discus memang cerah akan tetapi akan terlihat lebih cerah lagi saat birahi
  5. Dan alat kelamin lebih runcing


Ciri ciri Ikan Discu Betina

  • Mulutnya kecil dan bibirnya tipis simetris
  • Hidungnya lurus dan tidak bengkok
  • Bentuk kepalanya tidaklah menonjol
  • Bentuk pada sirip dubur agak bulat dan tidak lurus
  • Warnanya kurang begitu cerah
  • Dan alat kelaminya bulat dan juga lebar.

Cara Membedakan Ikan Discus Jantan Dan Betina Dari Pergerakanya



Ketika ikan discus pergerakan ikan discus terlihat agresif, itu berarti ikan discus jantan. Begitu pula sebaliknya jika pergerakanya kuarng begitu agresif berarti itu ikan discus betina.

 Sebenarnya untuk memmbedakan ikan discus jantan dan betina bukan hanya semata dari segi fisiknya saja. Akan tetapi perbedaan itu juga bisa diketahui dari pergerakan ikan discus.



Demikianlahh cara memebedakan ikan discus jantan dan betina. Dengan melihat ciri ciri fisik ikan discus dan juga pergerakanya,team majalah ikan berharap sahabat semua tidak merasa kesulitan. Dan terima kasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar