October 30, 2016

Arwana Pino (Green Pino Arowana) dan Cara Merawatnya

Arwana Pino (Green Pino Arowana) dan Cara Merawatnya, infoikan.com | Arwana green pino atau arwana golden pino dewasa merupakan jenis ikan hias air tawar yang masih dalam kategori jenis ikan predator yang mudah untuk dipelihara. Ikan ini sangat terkenal dan populer pada pasar Internasional sekaligus menjadi favorit manca negara sekaligus jenis arwana Super Red dari Kalimantan Barat. 
 
Arwana Pino (Green Pino Arowana)

Ikan yang dapat sobat ketahui dengan memiliki ciri dan tanda pada tubuhnya berwarna hijau ini terkenal dengan nama arwana pino yang sudah menyebar luas di berbagai Negara asia seperti Kambodja, Malaysia, Myanmar, dan Indonesia sendiri.
 

Harga arwana pino atau green pino ini mempunyai harga yang lumayan murah dianding dengan jenis arwana ynag lain. Yang mana dari warna yang dimiliki kurang cantik dan indah, sehingga dapat memicu peminatnya berkurang. Terutama para penghobi dan pecinta jenis ikan predator. 
 

Ikan Arwana Golden Pino Dewasa (Green Pino Arowana) dan Cara Merawatnya

Cara merawat arwana pino ini sangatlah mudah, seperti jenis ikan arwana lainnya. Apa lagi jika sobat mau budidaya ikan arwana pino ini, pasti akan menjadi tolok ukur sebagaimana mudahnya memelihara ikan hias air tawar ini. Ini salah satu yang menjadi penyebab mengapa ikan ini sedikit sekali yang mencarinya.

Yang menjadi keanehan sendiri terutama di Negara Cina menganggap kalau pino ini akan menjadikan sial, yaitu di ibaratkan jika seseorang kehilangan sesuatu, mukanya akan terlihat pucat hijau, jadi dengan alsan demikian penduduk cina pada enggan membeli ikan Pino ini.

Apa lagi suruh merawat, padahal untuk merawat ikan arwana pino ini tidaklah membutuhkan waktu yang khusus. Sobat bisa ngasih makan ikan arwana pino ini kadang kala saja. Sekaligus di tinggal aktifitas lainnya.  
Baca juga: Harga Ikan Arwana Irian (Arwana Jardini) Sekarang Ini dan Cara Merawatnya

Arwana Pino (Green Pino Arowana)


Dari semua jenis ikan arwana, memang jenis Pino ini yang secara harga masih bisa di jangkau oleh semua kalangan, tidak seperti harga ikan arwana silver dari brazil. Warna dasar Pino ini pada bagian tubuhnya terdapat krem terang yang bervariasi warna hijau. Jika sobat mau melihat dari kejauhan serta tersorot sinar lampu, maka warna tersebut bisa juga akan tampak seperti ke-emasan. Bukan hanya itu, warna hijau dengan abu abu gelap bahkan sampai ke sirip punggung, anal dan juga ekor.

Ikan Pino ini sangat cantik jika di pelihara pada wadah aquarium, apalagi dilengkapi dengan perlengkapan jenis tanaman hias yang warna warni, pasti akan menambahi daya tarik tersendiri dengan warna Pino yang hijau ini. Banyak sekali jenis ikan hias air tawar maupun air laut yang memiliki warna hijau yang juga sangat populer dan pemintanya. 

Baca juga: Cara yang Benar Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium
Arwana Pino (Green Pino Arowana)

Persamaan Arwana Green Pino, Arwana Pino Merah, Arwana Red Banjar dan Cara Merawatnya

Kuhusus di Negara asing seperti Philipina dan Thailand, jenis ikan arwana ini sangat populer di pleihara dan banyka seklai penggemarnya. Yang mana terdapat berbagai jenis warna yang ada pada sisiknya seperti jenis arwana beang kuning, arwana banjar kuning, arwana hijau dan lainnya.

Mungkin pada daerah kita ini masih sedikit seklai yang mampu akan membeli dengn harga ikan arwana yang lumayan mahal, akan tetapi bagi mereka yang memang pecinta ikan sekaligus penghobi, perbandinngan harga ini tidak akan jadi masalah.

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Serta Termahal Harganya


Untuk harga arwana pino sendiri sekitar 150 - 200 ribu untuk ukuran 7 - 10 cm. Ini merupakan harga yang lumayan murah dibandingkan dengan harga arwana silver. Sekaligus sangat cocok untuk pemula yang sedang ingin belajar memlihara jenis ikan predator air tawar ini.

Ketimbang merawat jenis ikan arwana yang arwana super red atau golden red yang memiliki harga lumayan tinggi, jika tidak berhasil akan menanggung kerugian yang tinggi.



Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Arwana Pino (Green Pino Arowana) dan Cara Merawatnya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan kita wawasan serta pengetahuan untuk pemeliharaan pada jenjang berikutnya. 
Baca juga:  
-Ikan Arwana Silver, Cara Merawat dan Kisaran Harganya
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara