October 13, 2016

Cara Budidaya dan Pemijahan Ikan Mas Koki Secara Alami

Ikan mas koki, infoikan.com | Cara budidaya dan pemijahan ikan mas koki secara alami sangatlah mudah untuk sobat kerjakan, akan tetapi butuh kesabaran dan proses yang maksimal. Ikan mas koki sendiri masih termasuk jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara, baik untuk aquascapq maupun aquarium. Serta dapat sobat campurkan dalam satu wadah aquarium dengan ikan hias lainnya yang memiliki sifat dan ukuran yang sama. 

Bisnis ikan hias, yang sekarang ini sedang populernya ajang terbaik memenfaatkan budidaya serta perawatan yang sangat untuk dijadikan bisnis. ikan mas koki merupakan ikan hias yang banyak digemari oleh para pecinta ikan hias. Tak hayal banyak para peternak yang membudidayakan serta pemijahan ikan koki ini yang bisa menghasilkan omset yang banyak.

Cara Budidaya dan Pemijahan Ikan Mas Koki Secara Alami
kokikoiku
Cara merawat ikan mas koki sendiri sangat mudah dilakukan, hal ini mengacu pada tempat dan pemberian pakan yang sobat berikan. Setelah pemeliharaan dan perawatan berjalan lancar, sobat bisa melakukan pemijahan atau pun budidaya ikan mas koki ini secara alami untuk dijadikan ajangn bisnis ikan hias yang sekarang ini sangat menguntungkan. 

Kenapa ikan mas koki mudah mati? Karena makanan yang sobat sediakan terlalu banyak, juga suhu air yang tidak ideal, serta kurangnya teliti dalam perawatan sehari-hari. Kunci sukses bisnis ikan hias ini yaitu mampu meluangkan waktu untuk tetap menjaga memelihara dengan secara maksimal, mulai dari dasar-dasar sampai kelangsungan hidup ikan tersebut.

Bagi sobat ternak yang ingin coba terjun budidaya ikan koki dalam artikel ini sobat bisa memahami pemijahan koki. Pemijahan ikan mas koki bisa kita lakukan secara alami bisa juga dengan teknik stripping guna mendapatkan strain baru ikan mas koki. Bagi sobat ternak yang ingin mencoba budidaya dan pemijahan secara alami ikan mas koki ini, bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Pemijahan Ikan Mas Koki Secara Alami
Budidaya Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki? Cara Budidaya dan Pemijahan Secara Alami

  • Pemilihan induk, untuk menghasilkan anakan ikan Mas Koki yang baik diperlukan pemilihan indukan ikan Mas Koki yang baik pula. Cara membedakan ikan koki jantan dan betina, Koki Jantan ketika sudah tumbuh besar pada bagian siripnya terdapat bintik-bintik bening seperti garam halus, sedangkan untuk betina sebaliknya saja.
  • Media pemijahan, pemijahan ikan mas Koki bisa dilakukan di akuarium, kolam semen atau bak fiber. 
  • Selanjutnya masukkan Indukan Ikan Mas Koki yang sudah dipilih pada sore hari. Proses pemijahan ikan Mas Koki akan berlangsung pada malam hari.
  • Setelah selama 2-3 hari telur ikan mas Koki akan menetas dengan sendirinya. 

Cara merawat ikan mas koki Agar Cepat Besar?

Salah satu cara jika sobat memelihara jenis ikan mas koki yaitu dengan mencampurkan beberapa ekor ikan mas koki dalam satu wadah aquarium, ini biasanya akan memicu saling memberikan makanan satu sama lain. Yang artinya sifat sosialisai serta kepedulian terhadap saudara sejenis itu akan berkembang secara normal, sehingga akan melancarka pertumbuhan ikan mas koki ini. 

Cara memelihara Ikan Mas koi
Cara merawat ikan mas koki di kolam sendiri tergantung dengan pakan yang sobat sediakan. Usahakan untuk tetap selalu memberikan pakan alami, juga bisa sediakan pakan pelet hanya untuk sebagai pakan alternatif jika yang alami tadi kehabisan.  

Cara merawat ikan koki tanpa oksigen juga ada, tergantung sobat sendiri bagaimana membuat si ikan koki ini merasa dan terasa nyaman dengan keadaan apapun. Faktor utama yang mendominasi tak lain adalah jenis pakan yang sobat berikan seha-hari dan juga kebersihan airnya yang bersihu sangat cocok dengan ikan koki ini.

Cara Budidaya dan Pemijahan Ikan Mas Koki Secara Alami
gambar ikan mas koki
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara budidaya dan pemijahan ikan mas koki secara alami ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan sobat semua khususnya pada jenjang berikutnya mendapat hasil yang maksimal.

Baca juga: 
Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara
  
Sumber..
( banda aceh )