October 1, 2016

Cara Merawat Ikan Bala Shark

Cara Merawat Ikan Bala Shark, ikan bala shark termasuk jensi ikan hias yang mudah di pelihara, berbagai Jenis ikan bala shark, harga Dan cara budidaya ikan bala shark ini mulai di cari pecinta ikan hias. Jenis ikan air tawar ini merupakan hasil alam Indonesia yang banyak terdapat dan ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.

Jenis ikan ini kerap di panggil dengan sebutan hiu perak, dan termasuk ikan hias air tawar yang berbentuk kecil. Bala shark Balantiocheilos melanopterus adalah spesies ikan dari keluarga Cyprinidae, dan merupakan salah satu dari dua spesies dalam genus Balantiocheilos. Sebetulnya masih tergolong juga ikan predator, tidak bisa dicampur dengan ikan hias lain, terlebih ikan hias yang berukuran kecil.


Jenis ikan hias air tawar Ikan Bala Shark
Banyak cara untuk bisa merawat dan memelihara ataupun membudidayakan jenis ikan bala shark ini. Salah satunya sobat bisa mencampur dalam satu aquarium dengan jenis ikan hias lainnya. Beberapa pakan untuk ikan bala shark antara lain: fitoplankton, krustasea kecil, rotifera , dan serangga dan bahkan larva atau burayaknya sendiri, akan tetapi dalam perawatan di akuarium ikan ini bisa menerima pelet. Untuk klasifikasi ikan bala shark bisa baca berikut ini yaitu sebelum membahas Cara merawat ikan bala shark.

Kingdom:     Animalia
Phylum   :     Chordata
Class       :     Actinopterygii
Order      :     Cypriniformes
Family    :     Cyprinidae
Genus     :     Balantiocheilos
Species   :     B. melanopterus

Cara Merawat Ikan Bala Shark Di Akuarium

Dengan memiliki tubuh seperti ikan hiu, jenis ikan bala shark ini sangat mudah untuk di pelihara meskipun untuk pemula, yang karena bisa beraptasi dengan lingkungan barunya

Sobat bisa menyediakan untuk air yang berkadar PH antara 6,0 - 8,0 dengan suhu antara 22-28 ° C (72-82 ° F). Jika sobat ingin mencampur dengan ikan hias lainnya, sobat bisa memiliki ikan guppy untuk jadikan dalam satu aquarium. Serta usahakan untuk menyediakan ukuran aquarium yang agak besar untuk menunjang keberlangsungan berenangnya yaitu sekitar 2 m.

Melihat bentuk tubuhnya yang agak lumayan besar, usahakan untuk menutup bagian atap aquarium sobat. karena ikan bala shark mirip dengan belut dinosaurus atau ikan palmas, yang mana mempu melarikan diri dari akuarium.

Untuk makanan ikan bala shark sendiri seobat bisa menyediakan pakan pelet, yaitu bisa berupa jenis makanan ikan lainnya, serpihan kaya akan vitamin, beku, beku kering. Akan tetapi memberi pakan hidup juga diperlukan agar nutrisi makananya bisa bervariasi.


Cara Merawat Ikan Bala Shark

Harga Ikan Bala Shark Dipasaran 

Biasanya jika ukuran ikan bala shark ini berukuran 10 - 15 cm maka untuk harga kisaran 10 - 25 ribu. 

Jenis Ikan Bala Shark Dari Keluarga Cyprinidae  

Pelangi hiu yang merupakan masih dalam kelompoknya (Epalzeorhynchos frenatum) atau Rainbow shark atau Red fin Shark.

Banyak sekali nama lain untuk pelangi hiu seperti misalnya: hiu ruby, ikan hiu sirip merah, red sejati hiu, pelangi sharkminnow, hijau fringelip labeo, whitefin hiu dan sharkminnow whitetail.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Merawat Ikan Bala Shark ini, semoga bermanfaat untuk menjadi referensi sobat dalam budidaya maupun merawatnya untuk jenjang berikutnya.

baca juga :  Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya