September 30, 2016

Cara yang Benar Merawat Ikan Cupang

Merawat Ikan Cupang
Jenis Cupan Aduan

Memelihara jenis ikan hias air tawar maupun ikan hias air laut dalam aquarium memang sangatlah mudah, seperti halnya ikan cupang yang mudah dipelihara serta memang bisa memberikan pemandangan yang indah di rumah. Namun, ketika sobat memelihara ikan cupang, kita juga harus siap untuk merawat meluangkan waktu dalam pemeliharaan ikan tersebut. 

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Oleh karena itu, untuk cara merawat ikan cupang sendiri, sobat harus mengetahui terlebih dahulu berbagai tips dan cara merawat ikan cupang dengan benar. Berikut ini terdapat beberapa cara yang benar merawat ikan cupang.

Begitu juga dengn cara merawat ikan cupang agar cepat besar, sobat bisa memikirkan tentang semua jenis pakan ikan cupang ini. Masalahnya, setiap jenis ikan cupan harus sobat bedakan dalam setiap aquariumnya jangan asal dicampurkan dengan semua jenis ikan cupang. 

Pemberian Pakan-Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Jika sobat memlihara ikan cupan, harus mencari tahu dulu tentang cara memelihara ikan cupan yang baik. Yaitu biasanya para pembudidaya ikan cupang memberikan makanan yang alami seperti kutu air, cara pemberiannya jika sobat pengen ikan cupan cepat besar, usahakan untuk memberkan sebanyak dua kali dalam sehari. 

jenis dan harga Ikan Cupang

Waktu yang tepat untuk pemberian makan sebaiknya sobat bisa lakukan pada pagi dan sore hari. Pengehematan juga perlu agar tidak kehabisan persediann sobat. Jika dalam pemberian pakan terlalu banyak, efek sampingnya juga akan berimbas pada jenis airnya yang akan cepat keruh. Memang kelebihan untuk ikan cupang ini akan cepat besar, akan tetapi hal ini akan mempengaruhi juga dengan kualitas air akuarium tadi, dan dapat menyebabkan ikan cupang kita terkena penyakit bahkan terjadi kematian.

Cara Memelihara Ikan Cupan yang Baik
Apalagi jika jenis ikan cupan hias termahal, harus bisa meluangkan waktu merawatnya dengan hati-hati. Sobat bisa simak cara pemberian pakan dengan kutu air berikut ini, yang bisa juga memanjangkan ekor ikan cupan ini, yang sangat baik diberikan dari mulai memberi makan untuk anakan ikan cupan sampai tumbuh besar dan dewasa.


Merawat Ikan Cupang

Cara pemberian makan ikan cupang dengan kutu air sebaiknya sobat memakai jenis sendok teh yang supaya kita dapat mengira-ngira seberapa banyak makanan yang harus diberikan. Selain itu, sobat bisa juga menggunakan botol air mineral yang diberi selang di bagian tutupnya. Kemudian, kutu air dimasukkan ke dalam botol tersebut dan selanjutnya disemprotkan ke dalam akuarium, jika kutu air dalam keadaan beku, kita cukup memotong kecil-kecil kutu air tersebut juga sangat bagus untuk pakan anakan cupang.

Selain kutu air tersebut, sobat bisa juga membuat makanan ikan cupan yaitu dengan memelihara jentik nyamuk. Dengan jenitik nyamuk, sobat bisa memberikannya setiap 2 kali sehari ini khusus makanan anakan ikan cupan. Jika untuk ikan cupang yang sudah tumbeh besar atau dewasa, sobat bisa menjadikan makanan pokoknya.  


Selain itu, sobat juga dapat menyediakan pakan cadangan seperti cacing sutra, cacing darah, atau cacing rambut. Namun, harus tau juga cara pemberian pakan yang sesuai dengan aturan. kita perlu memperhatikan takaran dalam memberikan makanan ikan cupang dengan menggunakan cacing. Karena jika dalam pemberian pakan terlanjur berlebihan, maka akan dapat dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal terhadap ikan kesayangan kita. 

Maka dari itu, Untuk bisa mengetahui lebih dalam lagi tentang bagaimana cara memberikan makan ikan cupang dengan menggunakan cacing, serta meminimalisir akan resiko pemberian pakan secara berlebihan, sobat bisa baca artikel sebelumnya yaitu makanan ikan cupang yang baik untuk pertumbuhan.

Perawatan Ikan Cupan-Jenis dan Harga Ikan Cupan

Cara perawatan jenis ikan cupan baik itu cupang hias, cupan petarung, maupun cara merawat ikan serit, semuanya hampir sama. Yang membedakan hanyalah dalam segi perawatan tempat ikan cupang, baik itu menggunakan botol atau akuarium usahakan untuk merawatnya secara rutin.Karena jika semua berjalan dengan lancar dan sukses, tentunya akan mendapatkan hasil yang maksimal. Begitu juga ketika laku di pasaran, harga ikan cupan sobat bisa memberikan pemasukan tersendiri.

Pakan Anakan Ikan Cupang
 
Yang utama dan paling penting untuk sobat lakukan yaitu mengganti secara berkala air aquarium tersebut jangan sampai telat, yang akan mengakibatkan munculnya bakteri. Jika memang dirasa sudah kotor, cepat-cepat untuk dikuras. biasanya jika dalam pemberian pakan menggunakan pellet atau buatan pabrik, setiap seminggu sekali sobat dapat mengganti air tersebut.

Mengatasi Penyakit Ikan Cupang
Penyakit yang biasanya menyerang ikan cupang adalah velvet, white spot, busung, dan berak putih.

White Spot
Jika ikan cupang kesayangan kita terdapat bercak-bercak putih di seluruh tubuh ikan, berarti ikan cupang tersebut terkena penyakit white spot. Cara mengatasi penyakit ini adalah dengan memberikan obat anti bakteri seperti Bliz Id.

Velvet
Penyakit velvet ditandai dengan menguncupnya sirip ikan cupang. Penyebab penyakit velvet adalah parasit Saproglenia sp. Untuk pengobatannya, kita bisa memberikan obat anti bakteri seperti Blitch itch. 


Merawat Ikan Cupang

Busung
Penyakit ini biasanya menyerang organ tubuh yang sulit untuk di ketahui. Akan tetapi sobat bisa mengetahuinya dengan ciri-ciri perut ikan akan terlihat buncit. Penyebab dari penyakit busung ini adalah terdapat bakteri bekteri Salmonella sp. di dalam tubuh ikan. Cara mengobati sobat bisa lakukan dengan merendam ikan tersebut ke dalam larutan Flagil 500 selama 1-2 jam.

Berak Putih
Penyakit terakhir yang biasanya menyerang ikan cupang adalah berak putih. Penyakit ini bisanya disebabkan oleh cacing Ascaris sp. Penyakit ini tidak mengakibatkan kematian pada ikan. Namun, pertumbuhan akan terhambat dan warnanya pun tidak sebagus ketika ikan tidak terkena penyakit. Cara pengobatannya adalah dengan memberikan obat cacing, Seperti Verominox atau Worm x, yang dicampur dengan air. 


Cara yang Benar Merawat jenis Ikan Cupang

 Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara yang Benar Merawat Ikan Cupang ini, semoga bermanfaat untuk perawatan yang akan datang serta bisa menambah wawasan kita dalam pemeliharaan berbagai macam jenis ikan hias lainnya.
baca juga : Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

 
berbagai sumber