October 8, 2016

Ciri Fisik Cupang Adu serta Pelatihan Dasar Agar Juara Laga

Pelatihan Ikan Cupang Adu , infoikan.com - Jenis dan cara melatih ikan cupang adu agar juara memanglah saat ini yang sedang populer di kalangan pecinta ikan cupang adu atau laga yang khususnya cupang kontes. Berbeda jika hanya sebatas buat jenis ikan cupang hias saja, yang tidak membutuhkan banyak pelatihan khusus untuk di adu maupun berlaga dalam arena.

pleatihan dasar cupan aduan

Pecinta ikan laga/aduan? pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas yang namanya pelatihan kelincahan serta kekuatan pada ikan cupang untuk menang dalam laga.

Pada pembahasan sebelumnya telah di bahas mengenai ciri fisik ikan cupang adu yang berpotensi juara, kali ini akan melanjutkan dengan tips pelatihan dasar cupan adu agar juara laga.

Ciri fisik cupang aduan merupakan hal dasar yang akan mendominasi berhasilnya pelatihan untuk kemenangan auatu juara dalam laga dan kontes. Ini sangat penting untuk sobat tau sebelum melakukan tindakan yang fatal atau dapat keliru dalam melatihnya. Sobat bisa simak juga untuk 
Jenis Ikan Cupang Aduan Yang Berpotensi Juara.

ciri fisik cupang aduan
seputarpertanianoke.blogspot.co.id

Tips Tips Dasar Pelatihan Ikan Cupang Adu Agar Juara

Jenis cupang adu sendiri sangat banyak sekali untuk dapat sobat jadikan sebagai referensi pengambilan anakan untuk di latih. Yang mana jika sang indukan berasal dari jenis cupang aduan, maka biasanya burayak cupang atau anakannya tak jauh beda dari sang indukan tersebut yang sebelumnya memiliki juaran aduan laga.  

Nah setelah dirasa yakin cupang sahabat adalah keturunan cupang petarung terlebih yang juara dan juga memiliki ciri fisik yang bagus. Sekarang mari kita mulai pelatihanya.

Dasar pelatihan awal yang bisa sobat sediakan bisa berupa sebuah wadah yaitu pada bagian otot yang kuat, nafas yang tahan lama, serta dapat membuat cupang adu ini tanggung mampu menjuarai pada laga petarungan. Yang lebih-lebih cupan adu tersebut mempunyai kecepatan dalam memukul serta menyerang lawannya dan dapat menghindari serangan lawan ikan cupang adu agar juara laga dan kontes.

Dasar Pelatihan Ikan Cupang  Supaya Memiliki Otot Yang Kuat

Pelatihan dasar yang kedua sobat bisa menyedikan sebuah wadah berupa toples bulat yang sduah terisi air secukupnya, lalu sobat bisa memasukka ikan cupan aduan tersebut. Setelah itu sobat bisa memutar airnya sampai terlihat memutar serta membuat arus. Mengapa demikian? Karena dengan cara demikian supaya cupan adu tersebut bisa memiliki otot
yang kuat. Seperti kita ketahui ikan cupang adalah ikan yang hidup di arus tenang dan termasuk ikan hias yang mudah untuk dipelihara. Untuk itu harus di lakukan hal yang demikian ini.

Untuk itu supaya otot otot ikan cupang adu terbentuk kita harus membuat arus buatan, caranya cukup sederhana seperti yang sudah langkah awal perjelas dan sangat efektif merangsang otot ikan cupang jadi kuat seperti penjelasan dan cara tadi sobat bisa mengetahui sendiri hasilnya.

Dengan demikian sobat bisa melakukannya selama kira-kira 5 hari sebelum cupang di adu. Usahakan cukup hanya kisaran 30 menitan saja sudah cukup. Yaitu untuk hari berikutnya sobat bisa melatihnya lagi yaitu dengan manambahi lebih besar atau keras lagi putaran air toples tadi, yang manfaatnya agar cupan aduannya semakin kuat dalam melawan arus, akan tetapi sobat harus berhati hati jangan sampai alat yang sobat gunakan dapat melukai sang cupan aduan tersebut

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya


pelatihan dasar cupan aduan agar juara
cara-memelihara.blogspot.com

Dasar Pelatihan Ikan Cupang Adu Agar Memiliki Nafas Yang Kuat

Cara melatih cupan adu berikutnya yaitu sobat dapat membuat nafas ikan ini semakin panjang kuat, tidak mudah lemas, karena ini juga sangat berpengaruh penentuan ikan cupang jadi juara. Sebelum mempratekkan hal ini, mari simak ulasan berikut. 

Pelatihan dasarnya sobat bisa menyediakan sebuah toples akan tetapi yang memiiki bentuk ukurang yang panjang serta tinggi dan bulat. Sobat bisa memasukkan cupan aduan tadi kedalam toples, kemudian biarkan selama 2 - 3 hari agar berenang naik turun. Sekira sudah cukup untuk sebuah pemanasan, kita lakukan tips yaitu dengan cara meledeknya dengan sebuah alat bantu kayu atau kain hitam buat dia naik turun.

Dasar Pelatihan Ikan Cupang Untuk Pembetukan Otot Sekaligus Membuat Pernafasanya Kuat

Pelatihan dasar yang terakhir ini sobat bisa menyediakan sebuah piring, dengan alat ini kita bisa isi air namun dengan sedikit saja atau setengan badan ikan. Sobat bisa menaruh cupan adu di atas piring dan biarkan berenag secara miring atau mengggelepar. Fungsi dari latihan dasar ini yaitu membuat pernafasan dan otot lebih panjang ketika dalam laga nanati.

Lakukan cara ini selama satu minggu, akan tetapi cukup selama kurang lebih satu jaman saja sudah cukup. Dan berbeda dengan cara yang menggunakan toples tadi yang naik turun.

Langkah terakhir dari pelatihan dasar ini sobat bisa menyediakan sebuah botol yang terisi dengan air yang segar, serta biarkan selama kurang lebih 3 hari sebelum di adu masuk dalam laga atau kontes.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tips Pelatihan Dasar Ikan Cupang Adu Agar Juara Laga dan Kontes ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetauan kita untuk bisa lebih maksimal pada aduan berikutnya.

Berbagai sumber..

Baca juga:  
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
- Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan