October 21, 2016

Ikan Congo Tetra (Phenacogrammus Interruptus) dan Cara Memeliharanya

Ikan Hias Congo Tetra  Dan Jenis Ikan Tetra, infoikan.com | Ikan hias air tawar Congo tetra atau kongo tetra merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara. Seperti ikan red line torpedo barb yang banyak ditemukan pada daerah Afrika. Nama kongo tetra diambil dari tempat asal ikan ini ditemukan yaitu pada jenis sungai kongo Afrika. 

Seperti jenis ikan hias air tawar lainnya, ikan Congo Tetra ini dapat dicampur dengan ikan hias lainnya semacam ikan rainbow, platis, guppy, black tetra, black phantom dan jenis-jenis ikan hias lainnya. Berikut sekilas tentang ikan congo tetra yang bisa sobat baca.

Congo Tetra Care ? Ini Dia Profil Profil Lengkapnya


Budidaya Ikan Kongo Tetra
jurnalaquascape.com
Jenis ikan aquascape Kongo tetra ini dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada seluruh tubuhnya yang mempunyai warna sangat cantik, apalagi ketika sudah tumbuh besar, maka warna tersebut akan berubah menjadi sangat spektakuler. 

Ikan Congo Tetra (Phenacogrammus Interruptus)

Cara memelihara ikan congo tetra ini sangat mudah, yaitu seperti jenis ikan hias air tawar pada umumnya. Ciri ciri lain ikan congo tetra ini terdapat sisik yang bentuknya besar, dengan fariasi warna biru yang di ikuti warna merah, kemudian di ikuti lagi warna kuning ke-emasan, dan pada bagian perutnya terdapat pula warna biru perak. 
Baca juga: Ikan Gabus Cara Membedakan Jantan dan Betina

Harga Ikan Kongo Tetra
Meethepet.com
Nama latin ikan congo tetra yaitu Phenacogrammus Interruptus, yang mana diambil dari genus familynya. Kebanyakan dan pada umumnya yang jual ikan congo tetra ini akan menyebutkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ikan congo tetra ini, yaitu untuk ikan jantan lebih besar ketimbang dengan ikan betina, termasuk juga siripnya lebih lebar dan luas dibanding ikan betina. Untuk jantan panjang maksimalnya 8,5 cm sedangkan untuk betina 6 cm.
Baca juga: Makanan Burayak untuk Semua Jenis Ikan Hias

Pakan Ikan Congo Tetra
www.aquamir63.ru
Baca juga: Chinese Algae Eater (CAE) Ikan Pembersih Akuarium Air Tawar
Makanan ikan Congo tetra atau kongo tetra kalau dipelihara pada aquascape bisa seperti pakan ikan kongo tetra pada umumnya. Baik alami maupun buatan yang didapatkan pada toko terdekat kota sobat. 

Cara Memelihara ikan kongo tetra
YouTube
Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
Untuk cara memelihara dan merawat ikan kongo tetra ini sobat bisa langsung baca aja pada keterangan dibawah ini. Khusus buat pemula jangan sampai eroboh dalam pemeliharaan, karena ikan kongo tetra ini sangat sensitif terhadap air. Jadi untuk proses perawatannya harus benar-benar membutuhkan waktu tersendiri agar berjalan lancar.

Itu tadi Profil Lengkap Ikan Hias Congo Tetra  Dan Cara Merawatnya dan mari lihat juga klasifikasinya.


Jual ikan kongo tetra
aquariumfish.ne
Klasifikasi Ikan Congo Tetra
klasifikasi ilmiah
Kerajaan    :     Animalia
Divisi         :     Chordata
Kelas         :     klasifikasi
Memesan   :     Characiformes
Keluarga    :     Alestidae
Marga        :     Phenacogrammus
Jenis         :     P. interruptus

Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Congo Tetra Di Akuarium Aquascape

Jika wadah atau tempat yang sobat gunakan berupa aquascape atau aquarium hias, maka untuk suhu air yang pas dan ideal yaitu kisaran antara 23-28 ° C sedangkan pH air  6,0-7,5.

Gambar, foto Profil Lengkap Ikan Hias Congo Tetra Dan Cara Merawatnya


Ikan Congo Tetra (Phenacogrammus Interruptus)
Essential Kids
Baca juga: Ikan Hias Siamese Algae Eater (SAE) Pemakan Lumut Kaca Aquarium
Biar tambah cantik dan indah, usahakan untuk melengkapi perlengkapan aquascape maupun aquarium, yaitu dapat berupa jenis tanaman aqascape yang indah, cabang kayu apung dan anubis, desain interiornya jangan sampai teralu kepadatan. Karena jenis ikan Kongo Tetra ini lebih suka yang sedang- sedang saja.

Jangan lupa untuk membeli lampu hias, yang berfungsi agar aquascape sobat dapat kelihatan lebih indah seperti pada alam aslinya. Dan juga jensi ikan kecil kecil ini bisa bertambah bercahaya dengan sorotan lampu tersebut.

Pakan Ikan Kongo Tetra sendiri lebih suka dengan pakan alami, karena iakn congo tetra ini jenis ikan omnivora, maka pakan pelet juga bisa dikasihkan.


Jika ingin mencampurkan ikan Kongo Tetra ini dengan jenis ikan hias lainnya, usahakan bisa mengambil yang sejenis yaitu, yang mempunyai sifat yang sama, biasanya akan diambilkan dari jenis ikan tetra lainnya. Baca ini
Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Ikan corydoras juga baik untuk menjadi sahabat ikan congo, selain itu ikan rainbowfish juga menjadi pilihan bijak untuk teman seaquascape. Serta terdapat lagi yaitu congo tetra size, ikan serpae, ikan tetra neon, ikan black tetra, ikan tetra cardinal, ikan tetra albino, ikan neon api dan lainnya dari jenis ikan tetra.

Cara Budidaya Ikan Congo Tetra


Makanan ikan congo tetra
www.ratemyfishtank.com
Budidaya Ikan Kongo Tetra atau Congo Tetra membutuhkan usaha yang lebih, karena jenis ikan tetra ini pada dasarnya suka berkelompok pada satu jenis ikan tetra. Untuk dapat berjalan lancar, pilih dahulu Indukan ikan Kongo Tetra ini, yaitu yang bisa menghasilkan telur kurang lebih 300 butir, akan tetapi umumnya 100 ingga 200 butir. Dan telu telur akan menetas selama kurang lebih 6 hari.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang  Ikan Congo Tetra (Phenacogrammus Interruptus) dan Cara Memeliharanya ini, semoga bermanfaat dan menembah wawasa serta pengetahuan kita semua pada jenjang berikutnya. 


Baca juga:  
-Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan
Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya