October 2, 2016

Ikan Daun Air Tawar, Cara Merawat dan Harganya

Ikan Daun Air Tawar, infoikan.com - Jenis ikan hias air tawar ini Ikan daun (leaf fish) banyak di temukan pada daerah sub-tropis seperti Amerika Selatan.
yang tepatnya di sungai Amazon di perairan dangkal serta keruh dan juga terdapat bermacam-macam tanaman air, tak heran jika di namakan sebagai ikan populer ikan daun Amazon. 

 
Ikan Daun Air Tawar, Cara Merawat dan Harganya
blog-jenisikan.blogspot.com
Mungkin jika seorang pemula yang baru mendengan nama ikan daun ini akan kedengeran aneh. untuk klasifikasi ikan daun sendiri bisa sobat lihat berikut ini:
 
Klasifikasi Ikan Daun Air Tawar Dari Perairan Amazon
Kingdom  : Animalia
Filum      : Chordata
subfilum  : Vertebrata
Kelas      : Actinoptergii
Ordo       : Perciformes
Famili     : Polycentridae

Banyak sekali jenis spesies ikan daun di dunia ini yang masih termasuk dalam kategory
family polycentridae. Maka dari itu, untuk klasifikasi kali ini di kuhususkan hanya untuk jenis ikan daun air tawar ini saja, yakni yang dari Amerika Selatan. Karena di seluruh belahan bumi ini, terutama diwilayah tropis tersebar banyak sekali spesies.

Bentuk Fisik Dan Perilaku Ikan Daun Air Tawar

Biasanya jenis ikan daun air tawar ini dapat di ketahui dengan memiliki tanda atau ciri-ciri mempunyai bentuk fisik pipih dan cenderung lonjong serta untuk pada bagian atasnya kepalanya terdapat sirip kecil yang menyerupai duri-duri. Dan berbentuk runcing pada bagian kepalanya, sedangkan pada bagian moncongnya terdapat semacam tonjolan kecil.

Dinamakan Iikan daun karena populer dengan bentuk tubuhnya yang mempunyai warna seperti daun yang sudah kering dan membusuk. Itu sebabnya Monocirrhus polyacanthus ini dinamakan ikan daun ( leaf fish ).

Kemiripan seperti daun lagi bisa terlihat ketika ikan daun ini berenang, yaitu seperti daun kering yang melayang-layang dengan anggun serta posisi kepalanya menghadap ke bawah seperti daun yang sedang jatuh. Yang sulit untuk menemukan jenis ikan daun ini yaitu ketika di sekitar lingkungannya terdapat banyak tanaman. Ini di sebut kemampuan untuk mengubah warna seperti hewan bunglon atau kadal hijau.

Kamuflasi istilah dunia ikannya yaitu berfmanfaat untuk melindungi dirinya dari serangan ikan hias predator lainnya. Serta memudahkan si ikan daun Air Tawar ini untuk mencari mangsa.

Ikan Daun Air Tawar Adalah Ikan Predator Amazon

Ikan Daun
www.fourlook.com

kalau di negara Amerika, jenis ikan Leaf Fish ini sudah termasuk jenis ikan predator Amazon yaitu yang berukuran 8,0 cm /3,1 inci. Keunikan dari ikan predator daun ini bisa kelihatan saat sedang mencari Ikan mangsa, yang mana bisa-bisa si target tersebut tidak tau akan keberadaannya. Maka dari itu banyak juga yang menyebutnya bahwa ikan ini sangat berbahaya sekali untuk ikan hias lainnya.

Akan tetapi seperti biasa, bahwa makanan untuk ikan ini jika pada alam bebas hanya ikan dan hewan yang berukuran kecil-kecil saja. Dengan cara kepala menghadap ke bawah serta mengintai dengan perahan ikan daun ini memburu lawannya.


Cara berburu ikan daun ini sangat berbeda dengan ikan predator lainnya, yaitu dengan cara menyergap mangsanya dan juga menghisap mangsanya. Pasalnya ketika sang ikan daun air tawar semakin dekat dengan si mangsa maka secara mendadak membuka mulutnya sehingga mangsanya terhisap / tersedot. yaitu biasanya dalam hal ini si mangsa tersebut akn di makan dalam keadaan hidup-hidup.

Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Daun Air Tawar Di Aquarium

Ikan Daun Air Tawar, Cara Merawat dan Harganya
tekooo.com
Jika sobat berkeinginan untuk memelihara jenis predator ikan daun ini, yang juga bisa memakan semua ikan yang berukuran kecil, jangan sampai mencampurkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya dalam satu aquarium.
 

Banyak yang bilang kalau jenis ikan daun air tawar ini sulit untuk di pelihara khususnya oleh para pemula. Akan tetapi jika sobat mau bekerja keras untuk mencuptakan suatu yang baru, maka akan memberikan keunikan tersendiri. Akan tetapi untuk sobat yang baru pertama kali memelihara, usahakan latihan dengan jenis ikan hias lainnya saja yang lebih mudah. Contohnya seperti jenis ikan cupang, jenis ikan guppy, jenis ikan koi, ikan mas koki, dan lainya. Yaitu terdapat pada artikel ini : Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Untuk Hoobiis Pemula

Untuk air, usahakan sobat menyediakan jenis air yang tenang saja atau berarus lambat. Sangat di anjurkan juga untuk memberikan tanaman air dan cahaya yang agak redup. Sediakan juga air untuk merawat ikan daun air tawar ini dengan bersushu 20 - 25 derajat selsius dengan PH kisaran 6.

Setelah semua proses penyediaan terlengkapi, sobat bisa memasukkan ikan daun air tawar ini, kemudian jangan sampai mengobok-obok air tersebut. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan sobat hanya perlu melihatnya saja, yang di karenakan jenis ikan daun ini sangat sensitif terhadap apa yang ada pasa lingkungan sekitarnya.

Ikan Daun Air Tawar
fishes-world.blogspot.com
Cara Budidaya Ikan Daun Air Tawar
Untuk membudidayakan ikan daun air tawar, Sobat harus terus memantau semua jenis anakan atau burayak-buurayak ikan daun ini sampai masa pertumbuhan. Setelah itu sobat bisa memisahkannya dalam wadah sendiri-sendiri berdasarkan ukuran besar dan kecilnya.  


Karena jikalo jika dari ankan yang berukuran besar dan kecil tidak di pisah, yang akan terjadi malah jenis anakan ikan daun yang kecil akan di makan yang lebih besar tadi.

Seperti ikan cupng yang sudah infoikan.com pernah bahas pada artikel yang berjudul Cara Mudah Untuk Pemula Budidaya Ikan Cupang...kenapa demikian? pasalnya yang bertugas menjaga telur adalah ikan jantan dan menyerang betina yang mencoba mendekati telur-telurnya.

hal lain yang menjadi keunikan tersendiri ikan daun air tawar ini yaitu saat masa bertelur si jantan akan memberikan aliran oksigen dengan cara mengipas-ngipasi telur tersebut dengan memakai sirip bagian dadanya.

Biasanya yang sudah pernah membudidayakan jenis ikan daun air tawar ini untuk telur - telur akan menetas setelah 60 - 90 jam, sebelum proses penetasan selesai, sobat bisa menyediakan kutu air untuk memberi makan. Itu semua berbeda dengan ikan cupang tadi, karena kalau ikan daun air tawar ini setelah menetas, maka akan langsung mencari mangsa berupa hewan-hewan kecil dan kutu air.

Untuk itu, budidaya kutu air silahkan baca:...... Budidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Tanpa Bibit .


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Daun Air Tawar, Cara Merawat dan Harganya ini, Semoga bermanfaat untuk jenjang perawatan berikutnya.