October 12, 2016

Ikan Glowlight Tetra Dan Cara Merawatnya

Ikan Glowlight Tetra Dan Cara Merawatnya, infoikan.com | Glowlight Tetra Hemigrammus erythrozonus merupakan salah satu jenis ikan hias tetra yang sangat mudah untuk dipelihara juga populer dalam perawatan di aquascape. Akan lebih unik jika ukuran jenis ikan kecil ini dirawat secara berkelompok. 

Budidaya Ikan Glowlight Tetra
Baca juga: Ini Dia Tips Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya


Jenis jenis ikan kecil cantik ini banyak sekali ditemukan pada spenanjung Sungai Essequibo, Guyana, Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri dapat sobat peroleh di toko ikan hias terdekat kota sobat. Atau bisa mencarinya pada sungai-sungai yang mengalir dan terdapat jenis tanaman hiasan pepohonan sungai. 

Ikan Glowlight Tetra ini dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian seluruh tubuhnya yang mempunyai warna sangat cantik, yakni perak dengan warna warni oranye yang cerah. Pada bagian kepala atau moncongnya sampai pangkal ekor terdapat garis merah memenjang. Serta pada bagian sirip punggung yang depan juga terdapat warna merah. Sedangkan untuk pada bagian sirip bawah dan samping, mempunyai warna perak transparan.
 

Macam jenis ikan tetra mampu tumbuh juga sampai 4 sampai 5 cm (1,6 sampai 2 inci), untuk pada umumnya jenis Glowlight tetra Breedingse mampu bertahan hidup hingga 4 tahun lebih jika dipelihara serta Ikan Glowlight Tetra Dan Cara Merawatnya dengan baik.
 

 Albino Glowlight Tetra? Ini Dia Jenis dan Cara Merawatnya

harga Ikan Glowlight Tetra
freshaquarium.about.com
Klasifkasi Ikan Hias Glowlight tetra (H. erythrozonus)
klasifikasi ilmiah
Kerajaan            :     Animalia
Divisi                 :     Chordata
Kelas                 :     klasifikasi
Memesan            :     Cypriniformes
Keluarga             :     Cyprinidae
Marga                 :     Trigonopoma
Jenis                  :     T. pauciperforata
nama binomial
Trigonopoma pauciperforata

Cara Merawat Ikan Hias Glowlight tetra  

Budidaya Ikan Glowlight tetra
Tropical Fish Forums
Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias Terbaik Serta Aduan Termahal yang Harus Sobat Tau

Jenis ikan hias air tawar Ikan Glowlight Tetra juga populer dipelihara di aquascape yang layaknya cardinal tetra serta neon tetra. Jika sobat ingin merawat dan mencapurkan dengan jenis ikan hias lainnya, usahakan bisa memilih dari jenis yang mempunyai ukuran bentuk tubuh yang sama serta memiliki sifat no-agresif. Contohny bisa sobat sediakan Hemigrammus gracilis dan ikan Rasbora. Kedua jenis ikan ini memiliki warna yang hampir sama dengan Glowlight Tetra, walaupun keduanya bukanlah kerabat dekat.

Jika dalam aqarium maupun aquascape, sediakan juga suhu air yang cocok  untuk merawat ikan Glowlight Tetra yaitu 25 ° C pada kisaran 22 ° - 28 ° ° C (72 ° - 82 ° F), sedangkan pH nya 6,8, di kisaran 6,0-7,5.

Yang lebih penting lagi jika ingin ikan ini terlihat berwarna semakin cantik, harus sediakan juga jenis perlengkapan aquarium amaupun aquascape seperti penerang dengan subtrat gelap.

Berbeda lagi untuk jenis akuarium yang berukuran 60 cm, sobat tak perlu khawatir. Karena dengan ukuran segitu, justru jenis ikan ini akan semakin cocok dan bisa buat berenang yang semakin luas juga merupakan jenis aquarium yang sangat ideal.


Jenis Tanaman tanaman aquascape juga harus sobat disediakan, karena ikan Glowlight Tetra dalam habitat aslinya suka bersembunyi untuk mencari mangsa. Akan tetapi jangan terlalu padat agar mereka bebas berenang dan tidak terhalang oleh banyaknya tanaman.
 

Dalam perawatn dalam aquarium maupun aquascape, usahakan untuk memelihara ikan Glowlight Tetra secara berkelompok. Selain itu, berkelompok membuat mereka merasa nyaman dan aman. Serta mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan juga memepermudahkan untuk berkembangbiak.

Ikan Glowlight Tetra Lifespan cenderung mempertahankan diri dengan lainnya secara berkelompok, apalagi jika melihat iakn hias predator lainnya, bisa dikatakan akan saling membantu dalam melindungi. Jika dirasa jenis ikan predatornya sudah menjauh, maka akan pudar bebas lagi tapi tetap beraturan. 


Cara merawat Ikan Glowlight Tetra
www.pinterest.com


Jenis Glowlight Tetra and Betta merupakan masih jenis spesies dan termasuk ikan omnivora, tentunya akan mampu memakan pakan hidup maupun pakan buatan yang sahabat berikan.

Sekian dulu sobat sedikit ulasan Ikan Glowlight Tetra Dan Cara Merawatnya ini, semoga info ikan bisa menambah wawasan serta pengetahuan sobat semua dalam jenjang pemeliharaan berikutnya.

Baca juga: Jenis Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquascape Paling Lengkap