October 4, 2016

Ikan Hias Terbesar dan Terpopuler

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terbesar dan Terpopuler infoikan.com  banyak sekali jenis ikan hias air tawar terbesar yang mudah untuk dipelihara untuk pemula. Baik itu ikan hias air tawar aquarium maupun dari jenis ikan hias air tawar yang langka sekalipun itu ikan hias aneh. Yang menjadi hal yang tidak wajar yaitu sudah menjadi favorit di luar negeri maka dari itu artikel kali ini kita akan sedikit membahas ikan hias yang berasal dalam negeri Indonesia saja.

Maksud dari terbesar dari judul di atas yaitu jenis ikan hias terpopuler yang banyak peminatnya sekaligus mudah untuk dipelihara serta tahan lama dan bukan juga ikan hias mahal. Jika sobat penjual ikan hias pasti sudah mengetahui mana yang banyak pembelinya baik itu ikan hias air laut maupun ikan hias air tawar. Berikut beberapa jenis Ikan Hias Terbesar dan Paling Populer khususnya yang ada di Indonesia ini. 

Ikan Hias Terbesar dan Paling Populer

 1. Jenis Ikan Hias Guppy

ikan hias terbesar dan paling populer

Nama latin dari ikan guppy sendiri yaitu Poecilia reticulata yang merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar cukup populer bahkan dari ikan hias kecil sampai tumbuh dewasa banyak yang memelihara maupun budidaya. Ikan guppy ini seudah terkenal di dunia terutama di negara kita ini. Ikan guppy ini mudah sekali untuk di budidayakan, karena bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

Silahkan baca :  Budidaya Ikan Guppy, Mudah Dan Siapapun Anda Bisa Berhasil

Ikan guppy ini termasuk jenis ikan omnivora yaitu hewan pemakan rumput yang juga lumut. Tak heran jika para petani ikan hias juga tak mau kalah memelihara ikan ini yang harganya relatif murah. Biasanya ikan guppy ini banyak di temukan pada parit-parit dan selokan-selokan yang hanya dianggap sebagai ikan liar dan jenis ikan konsumsi. Akan tetapi penjual ikan hias yang sampai saat ini sudah terkenal malah dikasih nama millionfish, selain itu guppy di berbagai daerah juga punya nama yang berbeda-beda, seperti misalnya orang betawi menamainya dengan gepi, sunda memanggilnya bungkreung, untuk jawa cethul atau cithul dan sebagainya.

Untuk jenis guppy silahkan baca juga : Jenis Ikan Guppy Terbaru Dan Paling Lengkap
 

2. Ikan Hias Koi
ikan hias terbesar dan populer

Jenis ikan hias koi ini mempunyai nama latin Cyprinus carpio. Jenis ikan koi sendiri merupakan ikan hias kolam dan bukan untuk aquarium. Maka tak heran jika banyak yang memeliharanya di depan rumah. Koi juga populer sebagai ikan hias hoki. Ikan ini sangat masyhur di Jepang yang mana sebenarnya berasal dari Tiongkok.
 

3. Ikan Hias Cupang

Ikan Hias Terbesar dan Terpopuler

Jenis ikan hias cupang ini memiliki nama latin Betta sp, jenis ikan cupang ini banyak ditemukan di khawasan Asia Tenggara yang khususnya Indonesia, Thailan, Malaysia dan Vietnam.

Dalam bentuk dan karakternya, ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang unik dan cenderung agresif terhadap lingkungan sekitarnya. Terdapat 3 macam jenis cupang dikalangan pecinta ikan hias ini yaitu, cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Salah satu jenis cupang yang berasal dari Indonesia ini adalah berada di Pampang, Kalimantan Timur cupang Betta channoides yang merupakan ikan hias asli Indonesia.
 

4. Ikan Hias Louhan
Jenis ikan hias terbesar dan terpopuler


Jenis ikan hias louhan ini sudah terkenal dengan jenis ikan hias aquarium yang dalam bahasa inggrisnya di sebut Flowerhorn. Ikan louhan ini dapat ditandai dengan memilki warna pada sisiknya yang hidup dan terdapat benjolan (benjol kelam) di kepalanya sebagai ciri khas tersendiri dikalangan penghobi.
 

5. Ikan Hias Koki

ikan hias terbesar dan terpopuler

Jenis ikan hias koki ini kerap sekali di panggil dengan sebutan ikan mas koki dan memiliki nama latin Carrassius auratus. Jika sobat melihat pada gambar ikan koki tersebut, pasti akan tertarik dengan kecantikan pada warna yang dimilikinya. Ikan ini masih dalam satu family ikan mas yang bisa dijadikan jenis ikan konsumsi.

Sebetulnya di Indonesia sendiri banyak terdapat jenis ikan koki ini, akan tetapi dari beberapa orang suka menyebutkan kalau ikan ini berasal dari daerah Cina lalu menyebar dengan pendatang yang datang ke Indonesia.

Beragam cara yang bisa sobat lakukan untuk memelihara jenis ikan koki ini. Bisa di aquarium, kolam mapun pada wadah yang lain yang karena jenis ikan ini memiliki corak warna yang mampu memperlihatkan pada semua jenis wadahnya khususnya di kolam hias.

Dari harga Rp.5000 - Rp.10.000 saja, banyak anak-anak sampai orang dewasa yang membeli serta mencari ikan koki ini. Yang lebih mengasyikkan lagi yaitu sudah mampu untuk membudidayakan sendiri. Seperti di Jawa Timur sendiri yang saat ini menjadi sorotan banyak kalangan akan terkenanya sumber jenis ikan hias baik itu jenis ikan hias air tawar maupun aquarium dan kolam. Tepatnya di Tulung Agung yang mampu memproduksi jenis ikan koki ini hingga hitungan jutaan ekor dan sudah siap untuk di pasarkan.
 

6. Ikan Hias Discus
Ikan ini berasl dari sungai amazon ( Brazil ).


Jenis ikan hias termahal dan terbesar serta terpopuler

Jenis ikan hias discus ini mempunyai nama latin Symphysodon discus. Jenis ikan diskus juga banyak ragamnya yang populer seperti Angel Blue Diamond, Gold Yellow Diamond, Marlboro Red, Pearl Pigeon, Red Ribbon dan Checker Board Pigeon. Ikan discus dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian mata yang mempunyai warna merah, pada bagian tubuhnya terdapat sebuah garis-garis dengan hiasan warna yang cantik, dan hidupnya lebih suka bekelompok satu sama lainnya. .

Makanan ikan discus ini biasanya lebih suka dengan jenis pakan alami, karena bisa melatih insting cara mendapatkan mangsa tersebut untuk menjadikan anakannya lebih mandiri dan lincah. Ikan discus ini lebih cocok dengan iklim tropis yang memiliki suhu 25 - 30 derajat selsius, untuk jenis indukan yang baik biasanya yang sudah berumur kisaran antara 12 - 18 bulan dan pada umumnya masih dalam satu kelompok.
 

7. Ikan Hias Arwana

jenis ikan hias murah

Di Luar Negeri jenis ikan hias arwana ini sangat populer sekali bahkan sudah menjadi favorit tersendiri. Akan tetapi asalnya sendiri dari Indonesia kita ini. Ikan arwana mempunyai nama latin Sleropages formousus sedangkan nama julukan populernya adalah Siluk Merah.

Arwana adalah salah satu spesies  ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, sirip dubur terletak jauh dibelakang badan. Arwana asia disebut juga Ikan Naga, karena sering dihubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

Ada empat varietas warna ikan arwana:

1. Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Thailan, dan Malaysia
2. Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
3. Emas, ditemukan di Malaysia
4. Merah, ditemukan di Indonesia

Cara merawat ikan arwana yang terpenting adalah pakan. Makanan arwana yang baik banyak jenisnya, tapi tidak semua makanan arwana baik untuk kesehatanya. Makanan arwana seperti udang air tawar, ikan seribu, anak ikan mas, anak ikan gabus, katak, kelabang, jangkrik dan belalang pada umumnya sangat disukai ikan arwana.


Sekian dulu seboat sedikit berbagi tentang Ikan Hias Terbesar dan Terpopuler ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita untuk mengetahui lebih banyak jenis ikan hias ini.


Baca juga : Makanan Terbaik Semua Jenis Ikan Hias

Referensi :
http://www.arwanawiki.com/2014/02/jenis-makanan-arwana-yang-baik-untuk-kesehatan-arwana.html.