October 19, 2016

Ikan Mas Koki dan Cara Merawatnya dengan Mudah

Ikan Mas koki dan Cara Merawatnya  infoikan.com | Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, yang mana masih juga termasuk ikan koki yang berasal dari Indonesia, dan sejenis dalam kategori ikan mas koki termahal. 

Jenis ikan mas koki sangat beragam warnanya, ikan ini dapat sobat ketahui dengan memiliki bentuk tubuh yang bulat, pendek, serta berekor panjang. Terdapat kurang lebih 130 yang sudah diketahui dan tersebar ke belahan dunia ini.

Pada artikel yang membahas ikan Koki Terbesar kelihatannya sudah ada, sobat tinggal baca saja untuk menambahkan pengetahuan tentang semua ikan mas koki ini. yaitu jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta Termahal. jangan sampai dibiarin ya..harus dibaca juga.

Yang namanya jenis pastinya mempunyai kesamaan tersendiri, begitu juga dengan cara merawat ikan mas koki ini, walaupun terdapat bermacam-macam akan tetapi cara memelihara ikan mas koki atau ikan koki ini tak jauh beda mudahnya dengan yang lainnya. 

Ikan Mas Koki

Cara Merawat Berbagai Jenis Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias aquarium yang sangat mudah sekali perawatannya, apalagi yang sekarang ini semua jenis makanan ikan mas koki sudah tersedia pada toko ikan hias. Ikam koki atao mas koki ini adalah salah satu dari beberapa jenis ikan yang unik, lucu, dan ngangenin. karena dilihat dari bentuk fitur tubuhnya yang membulat, pendek, yang kelihatan lucu saat berenang dengan kepanjangan ekor.
 

Dari harga ikan mas koki termahal, ada juga yang menjadi favorit semua kalangan yaitu dengan mudahnya untuk budidaya ikan mas koki ini. semakin banyaknya para pemelihara dan jenis ikan mas koki, maka terdapat pula jenis ikan mas koki terbesar. Bentuknya sangat cantik dan menarik ketika terdapat di aquarium. Silahkan baca Jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta Termahal.

Ikan mas koki adalah ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Sebelum sobat benar-benar mau memelihara dan merawat ikan mas koki ini dengan mudah, maka hal dasar yang bisa lakukan yaitu dengan mencari wawasan untuk merawatnya dalam aquarium, agar nantinya berkembang dengan baik juga dilihat akan semakin cantik nan indah. 


Mas Waris


Tips Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Sehat
 

Cara Memelihara ikan mas koki sebenarnya cukup mudah saja, sobat hanya perlu memerhatikanm masalah airnya saja. Termasuk ikan mas sendiri yang masih dalam kelompok ikan ini. Berikut merupakan lanngkah-langkah cara merawat ikan mas koki yang bisa sobat ketahui.
Cara Merawat Ikan Mas Koki dengan Mudah

1. Membuat Ikan Mas Koki Beradaptasi

Ikan mas koki termahal maupun yang termurah jika sobat ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka hal dasar yang perlu sobat ketahui yaitu dengan kenyamanan ikan mas koki sendiri terhadap tempat barunya.

Kenapa harus demikin? Agar supaya ikan mas koki ini tidak mudah stress dalam menghadapi situasi baru. Untuk hal ini jika si ikan kurang cocok maka akan berakibat kematian pada jenis ikan mas koki ini.
 

Seperti ikan mas hias ras yang harus memelukan perawatan yang lebih ketika baru pertama kali di taruh dalam aquarium. Tips lain jika ingin membuat ikan mas koki ini betah yaitu dengan cara memasukka ikan mas koki beserta kantong plastiknya, biakan mengapung selama kurang lebih 1 jaman.

Cara Merawat ikan mas koki
2. Memilih Tempat Yang Tepat Untuk Ikan Mas Koki
Sobat harus bisa membedakan antara jenis ikan hias air tawar lainnya dengan yang satu ini. Karena ikan mas koki ini dalam pemeliharaannya membutuhkan oksigen yang cukup, buka seperti ikan cupang yang bisa bertahan hidup walaupun minim akan oksigen. Jangan sampai menaruh ikan koki ini kedalam wadah seperti toples yang berukuran kecil karena kurang cocok.
 

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi jikalo cuma wadah kecil yang tak mampu bisa menampung banyak volume air, dan juga oksigen yang dibutuhkan akan sedikit alias kurang banyak.

Cara memelihara ikan mas koki
Satu Jam

Untuk itu akuarium adalah tempat yang cocok dalam memelihara ikan mas koki.

Ikan mas koki sendiri merupakan jenis ikan hias air tawar yang lebih cocok dipelihara dalam kolam hias. Yang memang akan terasa memiliki tempat yang luas serta kaya akan oksigen. 

Silahkan baca juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara.
 

3. Memasang Aerator Di Akuarium Hias Supaya Ikan Mas Koki Berkecukupan Oksigen
Baik tempat terbuka maupun yang tertutup, usahakan sobat bisa menyediakan jenis perlengkapan aerator untuk wadah ikan hias, baik itu pada aquarium maupun di kolam hias. Aerator ini sendiri berfungsi untuk menambahkan oksigen yang bersal dari aliran air tadi.

Hal seperti ini dilakukan agar supaya bisa terlihat pada alam aslinya yaitu terdapat air yang mengalir serta mendapat kebebasan akan hirupan udara tadi.


harga ikan mas koki
www.youtube.com
4. Menambahkan Filter Akurium Supaya Ikan Mas Koki Sehat
Kualitas merupakan hal pokok dalam merawat semua jenis ikan hias, terutama ikan mas koki ini. Pada coretan sebelumnya sudah di singgung akan kelebihan jika keadaan airnya bersih dari semua macam bakteri maupun kotoran lainnya.

paling nggak ikan akan keadaan sehat dan nyaman setiap hari, serta dapat menanggulangi terjadi penyakit yang akan menyerang, dan juga memberi kebebasan untuk ikan mas koki ini untuk berenang kesana kemari.


Sobat bisa melakukan pemasangan filter ini pada jenis wadah yang digunakan tadi, utamakan menggunakan aquarium saja ya..agar mudah dalam perawatannya serta banyak sekali jenis filter yang cocok untuk semua jenis aquarium tadi.

Ikan koki oranda yang lebih menyukai filter ini, baik itu jenis filter yang mekanik, kimiawi, maupun biologi, serta untuk masing-masing filter tersebut sudah ada harganya sendiri-sendiri dan semua tergantung menyesuaikan dengan wadah yang sobat pakai.

Untuk harga filter akuarium bervariasi tergantung jenisnya, mulai dari yang 75 ribu hingga yang satu jutaan.

ikan mas koki
chovatelske-potreby.zooburza.eu
5. Makanan Ikan Mas Koki
Langkah selanjutnya untuk cara perawatan ikan mas koki ini yaitu memperhatikan masalah makanannya, dalam urusan pakan ikan mas koki ini sobat harus benar-benar bisa menjaga serta memperhatikan dengan serius.
 

Dalam pemberian makanan ikan mas koki yang baik adalah yang sedang-sedang saja, karena ketika pemberian pakan terlalu kebanyakan, maka akan menimbulkan air menjadi cepat keruh. Begitu juga sebaliknya, jika dalam pemberian pakan kurang banyak, maka jenis ikan mas koki sobat akan kurus.

Cukup 1 kali sehari saja merupakan takaran yang pas dalam pemberian pakan ikan mas koki ini. Serta jangan sampai kekurangan, karena bisa menimbulkan akan penyakit yang seperti kita alami sekrang ini.

Sobat bisa menyediakan berbagai makanan ikan mas koki ini seperti, cacing Sutra, cacing darah, kutu air, dan lainnya seperti juga pakan pelet hasil pabrik.
 

6. Memilih Lampu Akurium Yang Tepat Agar Akurium Hias Semakin Cantik
Usahakan juga untuk mempercantik serta memperindah warna aquarium sobat, bisa sediakan perlengkapan aquarium yaitu seperti lampu hias khusus.


cara merawat ikan mas koki

Untuk kesehatan ikan mas koki ini tak akan berpengaruh dengan adanya lampu hias, akan tetapi hanya saja akan terlihat sangat indah dan cantik untuk ruangan yang sobat kasih aquarium ini.

Jika sobat menyediakan lampu hias ini, usahakan pilih yang agak redup saja yang natinya akan mampu menghemat ketimbang yang jenis lampu terang. Juga efek samping lampu yang redup ini tak akan memperngaruhi terhadap ikan mas koki, berbeda dengan lampu yang terang, yang dapat menimbukan energi panas.

7. Pemberian Media Kerikil Agar Keasaman Air Akurium Terjaga 

Terumbu kerang dan kerikil merupakan perlengkapan terbaik berikutnya yang berfungsi untuk meminimalisir keasaman air aquarium terrsebut untuk tetap terjaga. Terutama akan berdampak baik terhadap kesehatan ikan mas koki ini dalam selama perawatannya.

jenis ikan mas koki
Efek negatif terumbu karang sendiri sangat kurang baik untuk perubahan air aquarium sobat, memang sangat indah dan cantik ketika sudah tertata rapi, akan tetapi air aquarium tersebut akan mudah asam, jika sudah terjadi demikian, maka kemungkinan besar akan juga dapat mempengaruhi kesehatan ikan mas koki ini. 

Maka dari itu usahakan untuk menghindari penggunaan terumbu karang ini dan sobat bisa menggantinya dengan kerikil hias yang lebih cantik dan indah. 
 
8. Jenis Tanaman Hias Aquascape

Ini juga sangat dibutuhkan untuk lebih memukau memprindah serta mempercantik ruangan sobat. Jika dengan masalah ini, sobat bisa langsung membacanya sendiri Jenis Jenis Tanaman Aquascape yang Cantik dan Mudah Tumbuh.
ikan mas koki
Alibaba.com
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Mas Koki dan Cara Merawatnya dengan Mudah ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang memelihara jenis ikan hias air tawar lainnya.

Baca juga:  
-Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara
-Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan