October 15, 2016

Ikan Palmas (Ikan Naga) Dan Cara Merawatnya

Ikan Palmas (Ikan Naga) Dan Cara Merawatnya, infoikan.com - Ikan palmas merupakan jenis ikan predator yang mudah dipelihara serta banyak ditemukan pada daerah atau negara Afrika bagian barat. adalah ikan hias air tawar yang habitat asalnya adalah negara Afrika Barat. Bentuknya yang unik serta lenggak lenggok di Indonesia sendiri pada umumnya dikenal dengan nama ikan naga serta seperti ikan arwana yang juga disebut ikan naga.

  
Berdasarkan mitos Mitodologi Tionghoa, ikan arwana mendapat julukan ikan naga. Sedangkan untuk ikan Palmas ini bentuk fisiknya seperti layaknya naga yang besar. akan tetapi pada umumnya ikan palmas ini mendapat sebutan lain yaitu ikan ular atau nake like fish ( ikan yang serupa dengan ular ).
Jenis ikan preadator lainnya bisa berupa Belut Dinasaurus yang Asal - usul Polypteriforms dari Cretaceous dan masa dinosaurus, lebih dari 60 juta tahun yang lalu. Klasifikasi ikan palmas sendiri masih tergolong ikan naga dari family Family Polypteridae (Bichir) yang berarti jenis ikan hias yang bersirip banyak. berikut klasifikasi Ikan Palmas (Ikan Naga) Dan Cara Merawatnya 


Klasifikasi Ilmiah Ikan Hias Palmas (Ikan Naga)

Kingdom       :    Animalia
Phylum         :   Chordata
Subphylum    :   Vertebrata
Class           :   Actinopterygii
Subclass       :   Chondrostei
Order           :   Polypteriformes
Family          :  Polypteridae
Genus          :  Polypterus
Species        :  P. palmas
Keunikan Ikan Hias Palmas 


Ikan Palmas (Ikan Naga)
  
Ikan palmas merupakan jenis karnivora, yang memiliki keunikan gerakan yang anggun serta lincah dalam berenag. Bersifat amfibi yang suka merayap sampai dasar air, juga bersifat agresif karena jenis ikan karnivora yang sangat hati-hati dalam mencari mangsa.

Harga ikan palmas sendiri membuat pecinta ikan hias ini serasa ingin memilikinya untuk dipelihara. Khususnya penghobi jenis ikan predator yang berlomba-lomba mendapatkan jenis jenis ikan unik ini. kelihatannya bentuk ukuran tubuhnya sangat besar dan sulit untuk dijangkau kalangan menengah kebawah, aka tetapi justru sebaliknya, dengan harga Rp.10.000 saj sudah dapat membawa pulang ikan ini.

Harga ikan palmas termahal kisaran 1 jutaan, itu juga tidak menjadi beban peminatnya. Soabt dapat mengetahuinya ikan ini dengan memiliki tanda pada bagian tubuhnya berwarna yang menrik. Terlebih ikan palmas albino, yang mempunyai warna indah,cantik, dan lembut, akan semakin cantik jika warna tersebut terkena sorot lampu.

Pada umumnya ukuran terbesar ikan palmas hanya mencapai 30 cm ran, dari ukuran ini banyak para penghoby yang menjadikan ikan palmas ini sebagai ajang bisnis ikan hias dengan cara membudidayakan ikan palmas dengan sangat banyak.

Nah bagi yang ingin mencoba memelihara ikan predator air tawar dari Afrika Barat ini, haruslah tahu dasar dasar perawatanya. Karena ikan palmas memiliki kemampuan yang luar biasa, yang jika anda tidak mengetahui dasar cara merawat ikan hias ini, dikawatirkan di pagi hari anda sudah tidak mendapati ikan palmas masih di akuarium anda.

Tips Dasar Cara Merawat Ikan Hias Palmas

1. Menyiapkan Wadah Akuarium Untuk Merawat Ikan Hias Palmas
Wadah yang tepat untuk jenis ikan palmas ini tidak lain adalah aquarium, yang akan mewujudkan sifat keindahan dan kecantikannya serta mampu menampung semua jenis perlengkapannya. Berbeda dengan ikan koi yang keindahanya bisa kita nikmati dari atas yang mana cocok untuk dipelihara dan dirawat di kolam.

baca juga: Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara


Untuk ukuran jenis aquarium sobat harus bisa membedakan antara yang besar dan ukuran kecil, yaitu Untuk ikan palmas yang berukuran kecil bisa dengan akuarium yang ukuranya 120 x 38 cm, sedangkan ikan palmas yang ukuran besar akuarium yang ideal ukuranya 180 x 60 cm.

Usahakan untuk memberikan penutup di atas aquarium tersebut, yang mana agar ikan ini tidak mudah keluar jika sudah tumbuh besar. Hal ini disebabkan pada bagian dada ikan palmas terdapat sirip yang kuat, yang mana biasanya digunakan untuk merayap. Kemampuannya ini membuat ikan ini mudah kabur jika akuarium dibiarkan terbuka.

2. Air Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas
Air yang ideal untuk jenis ikan palmas ini biasanya kisaran antara  pH 6,5 - 7 dan temperatur 16 - 27 derajad celcius. Selain itu pemasangan fitrasi di perlukan untuk menjaga air agar tetap dalam kondisi bagus. Filtrasi / fiter yang paling ideal adalah yang menjamin banyak kapasitas bio-filtrasi, terlebih yang tabung eksternal.

3. Substrat Yang Ideal Untuk Merawat Ikan Hias Palmas 

Sediakan juga pelengkap aquarium lainnya yang berada di dasaran seperti pasir, keril hias yang lembut, dan juga jenis tanaman aquascape lainnya. 
 
4. Makanan Ikan palmas dan Pemberian Pakan Yang Tepat Pada Ikan Hias Palmas
Usahakan untuk menyediakan jenis pakan yang berbau, karena ikan palmas sendiri dari segi penglihatannya kurang begitu bagus. Jadi pemberian pakan ikan palmas yang paling tepat adalah pakan hidup yang berukuran kecil. Seperti misalnya ikan kecil dan udang air tawar.



5. Mencampur Ikan Hias Palmas Dengan Ikan Hias Lain
Seperti jenis ikan
Knifefish atau ikan belida, Siam Tigerfish, Tinfoils merupakan ikan yang bisa sobat campur dengan ikan palmas ini, karena ikan palmas adalah ikan predator. Baca..Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Palmas (Ikan Naga) Dan Cara Merawatnya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita untuk pemeliharaan pada jenjang berikutnya.

Baca juga : Jensi Ikan Predator Air Tawar Yang Unik Dan Populer Dipelihara Di Aquarium