October 11, 2016

Ikan Platy dan Cara Merawatnya

Ikan Platy dan Cara Merawatnya, infoikan.com | Ikan platy dengan nama lainnya (Xiphophorus maculatus) atau juga terkenal akrab dengan sebutan moonfish merupakan masih dari spesies jenis ikan hias air tawar keluarga Poecilidae dari urutan Cyprinodontiformes. Yang sekarang ini banyak sekali yang memburu, akan tetapi sulit sekali untuk ditemukan. Mungkin karena pemelihara atau pembudidayanya sedikit sekali ditemukan.

Ikan platy coral (Xiphophorus): dari bahasa Yunani Kuno (ksíphos), yang mempunyai arti 'semacam pedang yang mempunyai dan bermata dua', dan (-phóros), yang berarti 'bantalan', dalam hal ini mengacu terhadap keberadaan gonopodium pada ikan platy jantan serta asal-usulnya.

Budidaya jenis ikan ini menemukan hasil yang memunculkan gembaran Gonopodium pada ikan platy jantan ini bermula dari bentuk Sirip anal yang telah berkembang menjadi gonopodium, (organ berbentuk stik yang digunakan untuk reproduksi)
ikan platy.

www.petfishtalk.com

Ikan Platy? Ini Dia Jenisnya

Jenis Ikan platy sendiri sangat bermacam-macam, salah satu dari beberapa merupakan ikan hias asli daerah Utara dan Amerika Tengah yang membentang dari Veracruz , Meksiko , untuk bagian utara Belize. Juga daerah Indonesia sendiri sebetulnya jika mau meneliti lebih jauh ternyata terdapat juga semua jenis ikan hias yang termasuk ikan platy ini.

Ikan ini dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian tubuhnya yang mempunyai pajang maksimal pada indukan jantan hanya 4,0 cm sedangkan platy betina 6,0 cm. Akan tetapi pada umumnya panjang ikan platy ini hanya 2,3 cm pada aquarium.

Ikan platy cendrawasih salah satu yang ditemukan dan banyak terdapat di alam bebas mendiami kanal, parit, dan mata air hangat yang bergerak lambat. Untuk biasanya jika terdapat pada alam bebas, makanan yang di dapat dapat berupa tanaman dan krustasea kecil, serangga, dan Cacing Annelida.

Berbagai jenis warna telah bermunculan setelah adanya perkembangan syistem budidaya, seperti misalnya oranye, merah, kuning, merah / hitam, dan hitam / putih. Selain itu juga terdapat banyak jenis ikan platy ini seperti misalnya: mickey mouse, wagtail, tuksedo, bulan dan lain sebagainya.

Ikan platy adalah ikan livebrearer, seperti jenis iakn hias lainnya, yang mana juga bisa dikawin silangkan dengan kerabatnya  swordtail hijau (X. helleri).

Kelebihan dan keunikan ikan platy ini biasanya jika sudah beredar di pasaran, pada umumnya malah kawin sedarah atau sejenisnya saja, yang mana menjadikan ikan platy rentan terhadap penyakit dan kematian dini. 


colors-il.net

Klasifikasi Ikan Hias Platy Cendrawasih dan Coral

klasifikasi ilmiah
Kerajaan      :     Animalia
Divisi          :     Chordata
Kelas           :     klasifikasi
Memesan     :     Cyprinodontiformes
Keluarga      :     Poeciliidae
Marga          :     Xiphophorus
Jenis           :     X. maculatus
nama binomial Xiphophorus maculatus


Ikan Platy

Cara Merawat Ikan Hias Platy

Khusus buat sobat yang ingin memelihara serta merawat ikan platy ini, cukup usahakan untuk menyediakan aquarium yang berukuran antara 60x30x30cm ini merupakan ukuran yang paling ideal. Sedangkan untuk suhu airnya, ikan play lebih cocok dengan kisaran antara 20-26 ° C dan untuk pHnya 7,0-8,2.

Perbandingan dalam satu akuarium jika ingin mencampurkan, yaitu dari jenis indukan ikan platy betina harus di kasih yang banyak, ingin untuk menyeimbangkan jika terjadi saling kejar-mengejar serta dapat mengalihankan perhatian pada yang lainnya.


Ikan platy ini termasuk ikan hias yang sifatnya damai, cocok juga dipelihara dengan ikan swordtails dan mollies. Selain itu ikan platy juga termasuk ikan hias yang mudah dipelihara.
 

Jangan lupa untuk memberikan pelengkap buat aquarium sobat, yaitu berupa tanaman aquascape yang berfungsi untuk sebagai pelindung dan juga menjadikan bernaung untuk burayak-burayak ikan platy kelak. Sediakan juga jenis kerikil khusus seperti pada alam aslinya. Pelengkap inilah yang akan membuat ruangan sobat menjadi lebih indah dan cantik.

Makanan Ikan platy sangat mudah untuk di dapatkan, karena jenis apapun yang sobat berikan akan menerima dan memakannya, baik itu berupa pakan alami maupun buatan, asalkan yang sesuai dengan bentuk mulutnya. 


www.petfishtalk.com
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Platy dan Cara Merawatnya ini, semoga bermanfaat dan mnambah wawasan untuk pemeliharaan pada jenjang berikutnya. Untuk melihat ikan hias yang cocok dipelihara di aquascape lainya silahkan baca juga: JENIS JENIS IKAN HIAS AIR TAWAR AQUASCAPE PALING LENGKAP.