October 22, 2016

Jenis Jensi Ikan Rainbow Fish Terbaru dan Terlengkap

Jenis Jenis Ikan Rainbow Fish Terbaru infoikan.com – Ikan Rainbow merupakan jenis ikan hias air tawar yag berasal dari papua, maka tak heran jika banyak yang mencari Ikan Rainbow Papua, yang karena seluruh para penghobi ikan hias sudah mengakuinya. Ikan yang mempunyai warna seperti pelangi ini semakin hari semakin populer saja. 


Tak hanya itu, dari kecantikan dan keindahan warna yang ada banyak sekali pecinta ikan hias yang berlomba-lomba menjadikan ajang Bisnis Ikan Hias untuk mencari tambahan keuntungan dari para kosumen. Tak hanya itu saja, banyak juga yang melakukan perkawinan silang kemumudian ingin memunculkan jenis iakn rainbow yang terbaru. 

Maka kenyataan ini dapat berhasil dengan sempurna, yaitu beberapa jenis ikan hias air tawar rainbow yang terbaru telah membuka sebuah usaha ajang bisnis ikan hias khususnya jenis ikan rainbow ini. 

Dari sebelumnya telah dibahas macam macam ikan rainbow yang sangat populer dipelihara, kali ini kita akan membahas jenis ikan rainbow terbaru, aslinya sama saja dari macam macam ikan rainbow ini, hanya saja mungkin dari hobis semua pengen mengetahui sesuatu yang terbaru juga. Dengan warnanya yang sangat cantik dan indah, mungkin bisa dijadikan sebagai hiasan aquarium khususnya ruang tamu sobat.

Harga ikan rainbow sendiri untuk saat ini masih bisa dijangkau oleh semua kalangan, dari kalangan bawah sampai kalangan teratas. Yang menjadikan tidak stabilnya harga ikan rainbow ini tak lain yaitu karena bentuk tubuhnya serta warnanya yang berubah setiap anakan ikan rainbow muncul yang terbaru.

Berikut merupakan beberapa ikan pelangi yang bisa sobat jadikan bahan tambahan untuk koleksi aquascape maupun aquarium, serta bisa juga memakai kolam hias yang lebar. Beberapa jenis jenis ikan rainbow fish terbaru antara lain:

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Rainbow Tebaik dan Termahal

YouTube
   

Jenis Jensi Ikan Rainbow Fish Terbaru

Dari yang populer dipelihara yaitu jenis ikan rainbow Boesemani, jual ikan rainbow ballon, ikan rainbow peacock, ikan rainbow irian, ikan rainbow trout, yang kesemuanya merupakan berasal dari papua Indonesia ini.

Ikan Rainbow Papua Terlengkap
 
Jenis-jenis ikan rainbow yang banyak di Pasaran
Untuk jenis ikan rainbow dipasaran biasanya mengacu pada jenis ikan rainbow yang mudah untuk mendapatkannya, serta mudah juga untuk syistem pemeliharaannya, dan juga harganya yang mudah untuk dijangkau semua kalangan. Serta yang memiliki daya tarik untuk bisa di budidayakan di semua tempat.


Baca juga: Mengenal Ikan Rainbow Boesemani yang Menggemparkan Dunia


Sistematika
Ikan rainbow sendiri tergolong famili Melanotaeniidae yang terdiri dari enam genus, yaitu Chilatherina, Glossolepis, Iriantherina, Melanotaenia, Cairnsichthys, dan Rhadinocentrus yang meruakan endemik di Papua, Australia, dan Sulawesi.


Berikut Jenis Ikan Rainbow Fish Populer Dipasaran
 

Ikan Rainbow boesemani (Boesemans rainbow fish)
Ikan Rainbow boesemani (Boesemans rainbow fish) bernama ilmiah Melanotaenia boesemani. Yang bisa sobat ketahui dengan memiliki tanda atau ciri-ciri mempunyai bentuk tubuh yang pipih, terdapat juga sirip yang ganda pada bagian punggungnya. 

Jenis ikan rainbow

Baca juga: Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbow serta Harganya pada Pasaran

Ikan Rainbow Boesemani ini dapat tumbuh besar hingga 9 cm untuk ukuran jantan, sedangkan untuk ukuran betina bisa tumbuh besar maksimal 7 cm saja. Harga Ikan Rainbow Boesemani ini kisaran antara ribuan sampai puluhan ribu saja yang tentunya masih bisa di jangakau oleh semua kalangan. 

Harga ikan rainbow boesemani untuk saat ini kisaran antara ribuan sampai puluhan ribu, tergantung jenis warna dan bentuk tubuhnya.

Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro)
Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro) juga dikenal dengan nama Lake Kutubu Rainbow fish. Tanda atau ciri-ciri yang bisa sobat ketahui yaitu mempunyai bentuk tubuh yang pipih, juga memiliki sirip ganda pada bagian punggungnya, Untuk warnanya terbagi menjadi dua yaitu kehijauan dan keputihan pada bagian bawah.


Rainbow Lacustris (Melanotaenia Lacustris munro)
www.aquamir63.ru
Panjang ikan rainbow Lacutris ini untuk jantan dan betina bisa mencapai 10 cm, ikan ini juga disebut dengan "Rainbow Biru" yanitu berdasarkan warna yang sangat yang melekat pada tubunya dan juga seperti warna pelangi.
 

Ikan Rainbow Makuloci (Melanoteania Macculochi Ogilby)  
Rainbow Makuloci (Melanoteania Macculochi Ogilby) di pasar internasional dikenal dengan sebutan nama Maccolloch’s rainbow fish. Ikan ini dapat sobat ketahui dengan meiliki tanda atau ciri-ciri mempunyai bentuk tubuh yang pipih yang agak memanjang, memiliki sirip ganda pada bagian punggungnya, yang mana bentuk sirip pertama lebih besar.

Baca juga: Rainbow Fish Aquarium yang Berasal dari Papua Indonesia

Ikan Rainbow Makuloci (Melanoteania Macculochi Ogilby)

Pada bagian tubuhnya terdapat hiasan warna dasar kehijauan, pada tepinya terdapat warna kekuningan sebagai pembatas pada tubuhnya yang mempunyai warna merah kecoklatan. Untuk Sirip ekor berwarna merah cerah, sedangkan pada bagian tubuhnya berwarna dasar silver dengan warna gelap metalik. 

Ukuran panjang ikan Rainbow Makuloci ini kisaran sekitar 6 cm, yang tubuhnya terdapat garis-garis horizontal yang memanjang dan berwarna kehitaman.  
Ikan Rainbow praecox (Melanotaenia praecox weber & de Beaufort)
Pada pasar Internasional nama dagang ikan Rainbow praecox (Melanotaenia praecox weber & de Beaufort) adalah Dwarf neon Rainbow fish. Yang mana mempunyai bentuk tubuh yang pipih, serta tedapat sirip yang ganda pada bagian punggungnya. Warna dasar pada seluruh tubuhnya yaitu berwarna biru metalik, untuk siripnya berwarna merah. 

Aquarium Hias
Jika pada waktu ikan ini dipijahkan, maka warna -warna ini akan mulai menampilkan keasliannya, alias ikan rainbow praecok akan semakin cantik dan indah. Tubuh ikan jantan tampak lebih tinggi daripada ikan betina, sehingga ikan betina tampak lebih ramping dan langsing. Ukuran maksimal ikan rainbow praecox dewasa relatif pendek, berkisar antara 4 sampai 5 cm dari ujung mulut hingga ujung ekornya.

Rainbow Merah (ikan asal Papua)
(Glossolepis incisus weber)
Di daerah asalnya (Papua, danau sentani) rainbow merah (Glossolepis incisus weber) ini sering disebut kaskado yang artinya penyakit jamur yang berwarna keputihan. Ikan yang memiliki nama beken Red Rainbow fish ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bersirip punggung ganda. 

Baca juga: Cara Praktis Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 12 cm untuk ikan jantan dewasa, sedangkan ikan betina dewasa sekitar 10 cm (diukur dari ujung mulut hingga ujung ekor). Tubuh ikan jantan berwarna terang (merah bata) sedangkan ikan betin berwarna lebih pucat. 

Terdapat warna keperakkan di kedua sisi bagian tengah tubuhnya. Penampilan ikan rainbow merah akan tampak lebih indah saat menjelang masa pemijahan.

Ikan Rainbow Ballon

Ikan Rainbow Ballon
jupiter aquarium
Yang terakhir yaitu Ikan rainbow ballon yang merupakan jenis ikan hias air tawar dapat sobat ketahui dengan memiliki bentuk tubuh terkesan membulat dan lebih pendek. Untuk jenis ikan Rainbow Boesemani sendiri terdapat beberapa kelompok lagi seperti misalnya, Red rainbow ballon, Rainbow Lacustris ballon dan Rainbow Bosmani ballon

Jenis Ikan Hias Rainbow Terbaru dan Populer

Berukut merupakan jenis ikan rainbow terbaru beserta Nama latin semua jenis ikan rainbow yang memudahakan sobat untuk menemukan klasifikasi ikan rainbow ini. 

Jenis Jensi Ikan Rainbow Fish Terbaru
1. Crossing rainbow
Nama Latin melanotaenia herber taxelrodi
 

2. Yellow rainbow
Nama Latin melanotaenia taxelrodi
 

3. Red Tail Crosing rainbow
Nama Latin melanotaenia  splendida
 

4. Boesemans rainbow
Nama Latin melanotaenia boesemani


Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Rainbow Tebaik dan Termahal


5. Balloon boesemans rainbow
Nama Latin melanotaenia boesemani
 

6. Parkinsons rainbow
Nama Latin melanotaenia  parkinsoni
 

7. blue rainbow
Nama Latin melanotaenia  lacustris  
 

8. red rainbow 
Nama Latin glossolepis inciseus 


9. Baloon red rainbow 
Nama Latin glossolepis incisus

10. Thread fin rainbow
Nama Latin iriatherina werneri
 

11. forktail rainbow
Nama Latin popondichthys furcata
 

12. Madagascar rainbow
Nama Latin bedotia geayi



13. Neon dwarf rainbow
Nama Latin melanotaenia praecox
 

14. spotted blue eye
Nama Latin pseudomugil gertrudae



15. Pacific Blue eye
Nama Latin pseudomugil signifer
 

16. Giant celebes rainbow
Nama Latin telmatherina sp
 

17. celebe rainbow
Nama Latin telmatherina ladigesi  



Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Jenis Jensi Ikan Rainbow Fish Terbaru ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan untuk pemeliharaan serta budidaya ikan rainbow pada jenjang berukutnya. Itulah beberapa jenis ikan rainbow yang ada dipasaran khususnya di Indonesia. Masih banyak jenis-jenis ikan rainbow yang mungkin jauh lebih cantik dan indah warnanya, sayangnya tidak semua jenis ikan rainbow di perjual belikan di Indonesia. Bagi anda yang ingin memelihara ikan hias air tawar dengan berbagai macam warna, jenis ikan ini sepertinya bisa menjadi pilihan anda.

Baca juga:  
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Air Laut yang Mudah Untuk Dipelihara
-Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara