October 1, 2016

Louhan Kamfa, Jenis dan Harga Serta Merawatnya

Louhan Kamfa, infoikan.com - jenis ikan louhan termahal dan terbesar sekarang ini yang lagi bomingnya pada kontes, dan juga munculnya jenis louhan cencu serta louhan golden base berdasarkan ringkasan dari artikel tentang harga jual louhan kamfa, louhan kamfa mata putih, louhan kamfa kontes, jual louhan kamfa kimhwa chinghwa, louhan kamfa dragon, louhan kemalau yang semuanya jenis ikan hias yang mudah di pelihara serta sudah terkenal di Indonesia ini.


Banyak juga yang sudah membahas dari jenis dan harga ikan louhan ini, akan tetapi dari kesekian banyaknya mungkin ada yang kurang spesies perhabitat masing-masing. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kita mengupas lebih dalam lagi terutama pada makanan terbaik ikan louhan ini.
 
Louhan Kamfa
f15louhan.blogspot.com
Louhan kamfa ini mengacu pada sebuah nama yang di kenla dengan sebutan Golden Flower, Kim Hwa, Cing Hwa dan Jin hwa yang merupakan jenis ikan yang sudah di ketahui keberadaannya sejak tahun 2000 - 2001 lalu. yang muncul dari persilanagn ikan cichlidae begitu juga kamfa.

kalau Kamfa sendiri lahir dari persilangan spesies dari genus Viej dari family cichlidae. hasil dari persilangan ini muncul jenis ikan louhan yang mulutnya agak pendek, bermata cekung serta mempunyai ukuran jenong yang lebih besar, atau bisa dibilang persilangan spesies dari genus Viej ini menghasilkan jenis ikan louhan dengan sifat baru.

Golden Flower merupakan nama populer  kamfa yang berasal dari kata:
Kim > Cing > Jin > Emas > Golden
Hwa > Hua > Fa > Bunga > Flower

Dari semua jenis louhan kamfa yang terlahir dengan cantik dan indah, tetapi ada juga yang lebih keren dengan kemunculan jenis louhan Storm, Rainbow King, dan Super Red Synspillum (SRS). Adapun Louhan Kamfa Kimhwa Chinghwa Dan Ciri Cirinya


Jika sobat sulit mengenali jenis louhan kamfa ini, haruslah begitu karena baru tenar-tenarnya sekarang ini. Akan tetapi sebenarnya malah sangatlah mudah untuk kita kenali juga sangat berbeda dengan jenis louhan cencu, golden base dan yang lainnya. Berikut terdapat beberapa tanda atau ciri-ciri dari Louhan kamfa, jenis dan harganya juga ada semua. 


Louhan Kamfa, Jenis dan Harga Serta Merawatnya

Louhan Bagus-Louhan Kamfa, Ini Dia Ciri-cirinya

> Bentuk tubuh louhan kamfa
Bentuk badan louhan kamfa
Louhan kamfa dapat sobat ketahui dengan tanda atau ciri-ciri memiliki bentuk tubuh kotak, sedangkan untuk louhan cencu bentuk lonjong atau panjang sedikit.

 
> Mata Louhan Kamfa


Louhan Kamfa, Jenis dan Harga Serta Merawatnya
olx.co.id
- Pada umumnya kamfa memiliki warna putih dan kuning, berbentuk kecil. ari beberapa jenis louhan kamfa, semuanya ada yang sama dan juga ada yang berbeda. Ada juga jenis louhan kamfa yang matanya berwarna merah, akan tetapi sangat jarang ditemukan. Akan tetapi yang banyak di temukan jenis louhan kamfa memiliki bentuk mata yang cekung agak ke dalam.

> Bibir Louhan Kamfa


Louhan Kamfa, Jenis dan Harga Serta Merawatnya
journeyofflowerhorn.blogspot.com
Untuk louhan kamfa sendiri dapat kita ketahui dengan memilki tanda yaitu mempunyai bentuk bibir yang rata, bagian bawah dan atas tertutup, sedangkan jenis louhan cencu memilki bentuk bibir yang monyong. 

> Sirip Louhan Kamfa
Yang menjadi berbeda dari yang lain yaitu bentuk sirip ikan kamfa ini kaku yang mana memang bawaan sejak masih anakan, ketika di buat berenang maka yang terihat akan nampak lebar akan tetapi terlihat selalu berdiri tegak.

Untuk Perbedaan sirip louhan cencu dan louhan kamfa terletak pada bentuk dan ukuran, untuk louhan kamfa memiliki ukuran yang lebih lebar yaitu kisaran 2 mm. sedangkan untuk louhan cencu mempunyai ukuran body 3 cm. Ini jika di ambil dari bagian yang dekat dengan kepala. 

 
Sirip ekor ekor sendiri jenis louhan kamfa ini > Berbentuk layaknya kipas

Sedangkan untuk sirip yang bagian bawah > lebar merapat ke ekor. Ketika louhan kamfa ini semakin tumbuh besar, maka sirip ekor ini akan semakin rapat yang sudah di kenal dengan nama wrap tail (sirip menutup).

> Marking Louhan Kamfa

kekurangan yang ada pada louhan kamfa ini baik pada Head Marking ataupaun Body Marking tidak memilikinya. Akan tetapi dari sebagian sduah ada yang di ketahui mempunyai head marking dan itu juga merupakan hasil perkawinan silang antara jenis louhan kamfa. 

Louhan Kamfa Kontes Dilihat Dari Kriteria Marking

Jika pada syistem grade pada sebuah kontes, antara louhan kamfa dan louhan cencu sama-sama di tempatkan pada grade A,B,C, yang menjadi negatif penilainnya yaitu dalam marking saat kontes hanya memperoleh 10% saja. Sedangkan untuk louhan cencu bisa nilainya bisa mencapai 15 - 20%. Karena louhan kamfa sendiri hanya mempunya marking hitam solid dan tidak terdapat marking yang bertingkat atau double.

Perbedaan Louhan Kamfa Jantan Dan Betina 

Kamfa jantan 
- memiliki jenong
- bentuk muka / wajah tidak selancip betina

Kamfa Betina 

- Memiliki Jenong
- Bentuk muka / wajah terlihat lebih lancip dibanding jantan.
 

Jika sobat membeli jenis louhan kamfa ini, untuk jenis kelaminnya usahakan cari tau di saat masih anakan, karena jikalo sudah dewasa akan sulit untuk mencari tau. Dan juga biasanya dalam metode seperti ini banyak juga yang menggunakan pengamatan kelamin "venting". Atau sobat bisa juga membesarkannya sampai jenis ikan ini bertelur, kan lebih mudah untuk mengetahuinya yaitu pada saat berukuran antara 15 - 20 cm.

Jika sobat ingin
Budidaya Louhan Kamfa, usahakan untuk mencampurkan antara indukan jantan dan betina, karena jika hanya betina saja telur-telur tadi tidak akan bisa menetas menjadi burayak. Dari sinilah yang menjadikan jenis louhan kamfa ini sulit untuk di kembangbiakkan atau budidayakan. Yang mana disebabkan karena dari pihak indukan jantan louhan kamfa ini ketika sudah mencapai 1,5 - 2 tahun, dari segi seksual akan semakin lemah menuju kematangan.

Dari semua jenis louhan kamfa ini, ada juga yang memilki tingkat kesuburan yang kurang, yaitu louhan kamfa mata putih, mata kuning dan juga mata merah " jantan ". Akan tetapi dari ketiga jenis kamfa tadi yang subur hanya yang bermata merah dan kuning, untuk yang lainnya belum di ketahui.

Hasil Budidaya / Pengembangan Louhan Kamfa 

1. Louhan King Kamfa
Louhan Kamfa, Jenis dan Harga Serta Merawatnya
olx.co.id
Jenis louhan king kamfa ini dapat kita ketahui dengan memilki bentuk jenong lebih besar dan mempunyai mutiara yang lebih banyak.

2. Louhan ACDC atau ZZKamfa


Jenis Louhan kamfa dan harga

Hasil persilangan antara louhan kamfa dengan jenis louhan cencu mdapat muncul Jenis louhan ACDC atau ZZ ini. 


Kisaran Harga Jual Louhan Kamfa 

Beberapa jenis ikan louhan yang khususnya kamfa pasti akan mempunyai kelebihan sendiri baik itu saat kontes maupun yang lainnya. berikut daftar harga ikan kamfa yang bisa sobat lihat :

Harga Jual Louhan King Kamfa >  Rp 1, 500, 000
Harga Jual Kamfa Mata Putih > Rp 400, 000
Harga Jual Kamfa Betina / Female > Rp 600, 000
Harga Jual ACDC > Rp 120, 000
Harga Jual Kamfa Klasik > Rp 350, 000.

Untuk lebih detailnya, Sobat bisa melihatnya dan cek di OLX.ID

Sekian dulu sedikit ulasan tentang Louhan Kamfa, Jenis Dan Kisaran Harga ini, semoga memberi manfaat untuk jenjang berikutnya dalam memelihara maupun budidaya.

berbagai sumber..
Baca juga:  
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya