October 13, 2016

Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya

Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya, infoikan.com | Nama ikan hias air tawar beserta gambarnya yang sekarang ini memang sangat mudah untuk dipelihara sekalipun untuk pemula. Jenis ikan hias air tawar dan jenis ikan hias air laut sendiri sangat beragam macamnya, mulai dri yang mudah dipelihara di aquarium maupun ikan hias untuk aquascape. Yang kesemuanya ini sangat populer serta jenis ikan hias air tawar terindah. 

Ikan hias air tawar ini bisa menjadi alternatif untuk sobat yang sedng mencari ketenangan dan tidak menjadikan kotornya rumah serta macam ikan hias kecil yang cantik untuk menghiasi aquarium ruangan. Kesemuanya nama nama jenis ikan hias air tawar terindah ini merupakan ikan hias aquarium yang bentuknya lucu serta cantik untuk menghilangkan penetnya pikir.

Manfaat ikan hias juga sangat banyak, diantaranya yang beredar dari pemelihara yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita, sering kali kita sehabis beraktifitas sehari-hari, akan terasa berbeda jika setelah melihat hiasan aquarium ini, terutama menenangkan pikiran dan menjadi obat setress. Dan yang lebih hebat lagi
kalau memelihara ikan hias dirumah mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menjernihkan pikiran, menetralkan perasaan, memberi inspirasi dan ide, juga baik untuk penderita Alzheimer.

Jika sobat ingin memeliharanya sendiri dirumah, jangan khawatir dan bingung akan nama nama jenis ikan hias air tawar beserta gambarnya, karena berikut memang akan dijelaskan secara detail untuk memperjelas apa yang sobat burtuhkan nanti.

Ada banyak jenis ikan hias air tawar di dunia. Mulai dari bentuknya yang unik sampai warnanya yang mempesona. Artikel berikut ini info ikan akan membahas beberapa nama nama jenis ikan hias air tawar dan gambarnya yang popular dan banyak diminati orang, baik warnanya yang cantik maupun bentuknya yang indah.

Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya

Ikan Corydoras
Ikan ini sering disebut juga dengan ikan tikus, cara berenang ikan ini yang memang seperti tikus sedang berlari, kemudian populer dengan sebutan nama akor bentuk panjang. Usahakan sobat mampu menyediakan wadah aquarium maupun aquascape yang bersuhu antara 24-28’c ini merupakan yang paling ideal, jangan lupa pula kasih jenis tanaman hias untuk membentuk sebuah alam yang seperti di sungai bebas. 


Oleh karena itu sobat dapat mendesain akurium untuk menjaga mereka senang berada di habitat barunya. Corydoras sering berada di dasar akuarium terlebih jika akuarium kalian berpasir, mereka dapat memakan kotoran dan sisa makanan yang berada di dasar akuarium.

Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya
Wikipedia Ikan Corydoras
Ikan Oscar
Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang tidak bisa di campur dengan ikan lainnya dalam satu aquarium. Karena mempunyai sifat yang agresif seperti jenis ikan cupang, yang mana sangat mempertahankan daerah teritorialnya. Nama ilmiah ikan oscar adalah Astronontus ocellatus. Umur ikan oscar di alam bebeas bisa mencapai umur 10-12 tahun, ini tergantung kekuatan mereka masing-masing. 

Jika sobat pelihara serta merawatnya dalam aquarium, mungkin bisa lebih dari itu. Ikan Oscar juga memiliki gigi yang runcing, butuh kolam atau akuarium yang cukup besar untuk memelihara mereka karena ikan oscar termasuk ikan yang besar ketika dewasa nanti.

Ikan Oscar

Ikan Arwana Atau Ikan Naga

Di Indonesia sendiri ikan Arwana populer dengan sebutan ikan Naga. Di juluki ikan naga karena punya 2 sungut di bawah bibirnya yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mangsanya, itu sebabnya ikan ini bersifat predator. Ikan Arwana banyak terdapat dan ditemukan serta berhabitat di perairan Kalimantan dan papua Indonesia ini


Dunia telah mencatat dan mengakui untuk selalu melindungi jenis ikan Arwana ini, karena memiliki bentuk tubuh dan warnanya yang indah dan cantik, banyak sekali yang bisnis ikan hias ini.  Banyak orang membudiyakan ikan arwana karena harga jual ikan ini yang sangat tinggi, ikan ini bisa dijadikan pilihan kalian jika kalian ingin berbisnis ikan hias.

Ikan Arwana

Ikan Manfish (
Angel fish)
Manfish atau yang dikenal juga dengan istilah ‘Angel fish’ yang banyak ditemukan dan berasal dari perairan Amazon. Manfish (Pterophyllum scalare) masih tergolong ke dalam famili Cichlid, ikan ini dapat ditandai dengan memiliki ciri-ciri mempunyai bentuk tubuh yang pipih, memiliki warna yang bervariasi, pada bagian sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor sehingga tampak seperti busur panah, dan pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor. Suhu air yang ideal untuk ikan ini berkisar 24 – 30 oC. Ukuran ikan Manfish bisa mencapai panjang 7,5 cm.

Web Pratama

Ikan Rainbow fish
Ikan Rainbow Fish
merupakan ikan endemik, yang mana banyak di dapatkan serta terdapat 53 spesies ikan rainbow yang tersebar di kawasan Papua, Australia, dan Sulawesi Indonesia ini.  Ikan ini merupakan masih dalam keluarga Melanotaeniidae.  

Ikan Rainbow yang tergolong famili Melanotaeniidae ini biasanya dapat diketahui dengan memiliki tanda yang berbentuk pipih dan memiliki sirip yang mengkilap, tapi beberapa jenisnya lebih pendek dan membulat/ membesar di bagian perutnya saja, yang seperti Rainbow Ballon yang populer di pasaran. Ikan ini mempunyai panjang pada bagian seluruh tubuhnya kisaran antara 7- 9 cm.

aquariumfish.net
Ikan Dwarf neon Rainbow
Ikan Black Ghost / Black Phantom

Ikan Black Ghost ini memiliki nama Latin Apterontus albifrons, yang banyak ditemuka sekaigus berasal dari sepenanjung Sungai Amazon dan Surinam. Dengan memiliki tanda pada warnanya yang hitam, jenis ikan Black Ghost ini dikenal dengan sebutan "hantu hitam, terlebih lagi bentuk mereka yang bergelamir membuat nama itu cocok untuk ikan ini. 


Ada juga sebutan “Ikan Penari Balet” yang mana memiliki gerakan yang lentur ketika sedang berenang seperti menari maju mundur. Ini dimungkinkan oleh bentuk tubuh ikan ini yang lentur dan menggelambir, sehingga memungkinnya melakukan manuver yang tidak dapat di lakukan ikan lain.

Makanan ikan Black Ghost sendiri bisa sobat sediakan seperti pelet (buatan), jentik nyamuk, dan cacing kering, yang kesemuanya dapat sobat berikan 2 kali sehari. Juga makanan tersebut merupakan pakan alternatif ikan black ghost serta yang menjadi favoritnya. Untuk Aksesoris akuariumnya carilah warna yang gelap seperti warna hitam, contohnya akar bakau, atau batu-batuan yang berwarna hitam.


Pinterest

Ikan Guppy

Harga ikan guppy yang lumayan ekonomis lumayan murah, serta masih termasuk jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara serta di budidayakan, membuat ikan ini semakin menjuarai harga jual ikan hias. Ikan ini bisa ditemui di daerah Trinidad, Barnados, Guyana, Brasil, dan beberapa daerah di Asia Tenggara terutama di Indonesia ini. Bentuknya yang mungil dan terdapat sirip-sirip yang cantik dengan berbagai warna yang sangat menarik untuk di dirawat


Ikan guppy ini dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian seluruh tubuhnya yang mempunyai warna-warni seperti hijau, kuning, merah, biru, serta beberapa kombinasi warna lain yang tampak begitu indah melapisi sirip ikan Guppy. Ukurannya kurang lebih 2,5 – 5 cm, harga ikan guppy sangat murah sekali. Ikan guppy jantan siripnya lebih lebar dengan warna – warna kontras yang lebih indah dibandingkan dengan ikan betinanya yang warnanya cenderung kusam.

Gambar Ikan Guppy dan Nama nama ikan hias
Distributor Ikan Hias

Ikan Hias Aquarium dan Untuk Aquascape? Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya 

Ikan mickey mouse
Jenis ikan hias air tawar kecil, itulah sebutan para pembudidaya serta pemelihara untuk ikan Mickey mouse ini. Ikan yang merupakan varietas ikan platty, dari sekian banyak ikan platty ikan mickey mouse termasuk ikan yang paling populer serta sangat mudah untuk dipelihara, tidak tau kenapa ikan ini disebut ikan mickey mouse tetapi kemiripan bentuk tubuh dengan mickey mouse oleh beberapa orang. Karena bentuknya yang kecil,ikan ini termasuk ikan yang tidak agresif, bisa campurkan dengan jenis ikan hias dalam satu wadah aquarium, asal jangan satukan mereka dengan ikan predator jika kalian tidak mau ikan ini disantap.

Budidaya Ikan Hias Air Tawar
Ikan Botia
Ikan Botia merupakan jenis ikan hias yang mudah di dapatkan serta mudah untuk dipelihara dalam semua wadah. Jika sobat ingin memelihara dalam aquarium, usahakan untuk memberi jumlah yang lumayan banyak yaitu setidakanya sekitar 4 - 6 ekor, karena jenis ikan hias Botia merupakan ikan yang suka berkelompok dalam habitatnya. Suhu yang bisa sobat sediakan antara 24 - 26' C. Karena ikan ini mampu tumbuh besar hingga panjangnya antara 30 - 40 cm, aquarium atau wadah sobat bisa perbesar lagi. 

Ikan ini tidak hanya terkenal di Indonesia kita, akan tetapi sudah terkenal sampai manca Negara. Maka tak heran jika sobat sendiri ingin mencari informasi serta klasifikasi Ikan Botia ini. 

akuariumhiasku
Ikan Niasa
Ikan Niassa ini merupakan jenis ikan hias air tawar terindah, yang masih termasuk dalam jenis ikan karnivora yaitu ikan pemakan daging. banyak sekali ikan ini di dapatkan pada daerah sungai atau danau di Negara Afrika. Jika sobat dapat menemukan ikan ini dan ingin memeliharanya, usahakan untuk menyediakan suhu air yang ideal yaitu antara 25 - 30 'C. 

Makanan ikan ini sangat mudah untuk sobat sediakan seperti, cacing tanah, kutu air, dan cacing rambut. Selama kalian dapat menjaga suhu air tetap ideal dan perawatan yang intensif maka ikan ini dapat hidup cukup lama.

Akuarium Ikan Hias
Gambar Ikan Hias Air Tawar yang Cantik dan Terindah

Ikan Cupang
Ikan cupang atau sering disebut Betta, ikan ini dapat diketahui dengan memiliki tanda pada bagian tubuh menarik, pada bagian siripnya terlihar sangat indah, serta mempunyai gerakan yang tenang dan berwibawa. Perbedaan jantan dan betina sendiri terlihat sangat jauh, yaitu indukan betina berukuran kecil, sedangkan jantan lebih besar.  


Pada pasar tradisional, jenis iakn cupang ini merupakan yang banyak serta terpopuler. Yang karena sangat mudahnya untuk dipelihara serta dapat bertahan pada kondisi air yang minim akan oksigen. Disebut juga ikan laga, ikan aduan atau ikan petarung karena sering dibuat aduan. Ikan ini memiliki sifat agresif dan suka menyerang.



Ikan Koi
Ikan Koi ini sangat populer di jepang, padahal aslinya berasal dan diternakkan di cina. Nama karper merupakan alias ikan Koi di jepang, yang mempunyai bentuk layaknya terpedo, serta memiliki warna yang khas yaitu terdapat warna merah, putih, hitam, kuning, serta berfariasi antara emas dan perak yang berada pada ekor atau belakang tubuh. 

 
Dengan harga ikan koi yang lumayan murah dan tidak teralu mahal, banyak sekali peminat ikan ini. Keindahan ikan koi ini terletak pada punggungnya yang ketika dipelihara pada aquarium maupun aquascapae yang bentuknya besar. Maka warna sempurnanya adalah jika dilihat dari atas, garis batas warna yang ada di punggung akan terlihat lebih jelas, butuh tempat yang luas untuk memeliharanya.


aquanesian.wordpress.com

Ikan Mas Koki / Goldfish
Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara, ikan yang asal mulanya dari cina dan populer di jepang ini, mudah sekali perawatannya, di budidayakan dan murah. Khusus di Indonesia sendiri hingga sampai saat ini ikan mas koki dijadikan ikan has di indonesia. Ikan mas koki ini masih satu kerabat atau jenis ikan mas, maka tidak heran jika bentuk dan warna yang ada pada tubuhnya hampir mirip.  


Bedanya ikan mas koki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya, Ikan mas koki adalah ikan exclusive, maksudnya ikan ini jangan dipelihara dengan ikan lain karena ikan mas koki membutuhkan banyak oksigen untuk hidup.

archive.kaskus.co.id

Ikan Louhan
Ikan louhan ini merupakan
jenis Hybrid atau ikan hasil persilangan dari jenis cichlid buatan manusia. Bentuk ikan ini dapat diketahui dari jenong yang ada di bagian  kepalanya, maka ikan ini juga di kenal sebagai “jenong kelam”. Banyak orang mengatakan semakin besar jenongnya, semakin unik warna tubuh mereka maka semakin mahal harga ikan ini.  

Selain itu, warna sisisknya yang cantik juga terlihat hidup. Sebagai ikan penguasa perairan mereka memang lebih agresif daripada ikan lain, mereka biasa memakan ikan lain. Beberapa jenis ikan louhan asli biasanya hidup di wiliayah Asia Tenggara terutama di Negara Malaysia dan Taiwan.

Agribisnis Pertanian

Ikan Bala Shark, Ikan Bala bala ( Hiu bala )
Ikan bala bala atau sering disebut ikan hiu bala. Kenapa begitu ? Karena memang ikan ini terlihat seperti bentuk hiu kecil, bala bala merupakan masih spesies ikan dari keluarga Cyprinidae yang terdapat salah satu dari spesies genus Balantiocheilos. 


Jika sobat mau mencari menemukan ikan ini, maka bisa datang langsung ke pasar atau toko ikan hias terdekat. Akan tetapi dari Banyak orang mengatakan ikan ini telah banyak dijadikan ikan jual beli sehingga populasi mereka terancam menurun. Mungkin karena harganya yang mahal serta peminatnya yang sedikit. Di indonesia ikan bala habitat ikan ini banyak ditemukan di Semenanjung Malaya, Sumatra, dan Kalimantan, mereka juga memiliki panjang maksimum sekitar 35 cm. 

Ikan Bala Shark
www.toateanimalele.ro

Ikan Gurame Padang
Jenis ikan gurami
sendiri ada beberapa bentuk yang memang di khususkan buat sobat yang ingin memelihara sekaligus menjadi jenis ikan konsumsi setiap hari. Ciri khas yang membedakan antara yang lain yaitu terdapat atau mempunyai warna putih. Pada bagian kepala berbentuk lancip seperti ikan sepat dan ekornya berbentuk lebar. Semua ciri khas ini akan berubah ketika ikan Gurami Padang ini tumbuh besar.


Ikan Gurame Padang
Ikan Discus
Ikan discus merupakan jenis iakn hias yang banyak sekali ditemukan dan berhabitat asli di kawasan sungai Amazon. Ikan discus ini dapat sobat ketahui dengan memiliki tanda pada bagian tubuhnya yang pipih dan mempunyai bentuk sirip panjang serta besar. Bagian mulut dan mata ikan ini kecil, warna matanya merah jadi penampilannya kelihatan sangar. 


Panjang ikan ini bisa menjapai 15 hingga 25 cm.  Ditubuhnya terdapat garis-garis vertikal yang biasa digunakan untuk mengelabui ikan lain / kamuflase. Disebut ikan High Class karena ikan ini bisa mencapai harga yang sangat tinggi ketika mereka mendapatkan tampilan yang sempurna.


Ikan Silver dollar
Ikan yang terlihat sedikit mirip ikan piranha kecil, ikan
Silver dollar ini merupakan jenis ikan hias yang memiliki nilai harga jual yang cukup baik sehingga ikan ini banyak dipelihara untuk komuditi bisnis. Seperti namanya ikan ini memang terlihat seperti uang koin berwarna silver, ukuran ikan Silver dollar ini bisa mencapai 15cm, serta banyak ditemukan pada sepenanjung sungai amazon. 

Pakan untuk ikan ini tergolong mudah karena mereka termasuk ikan herbivora sehingga sobat hanya perlu menyiapkan dedaunan seperti selada, jangan lupa untuk menyetel suhu air menjadi 26-30’C dimana ini adalah suhu ideal mereka untuk tetap bisa hidup.

nama ikan hias air tawar
Fish, Tanks and Ponds
 Oke kawan.. sekian informasi mengenai Nama Nama Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Populer Dipelihara Beserta Gambarnya. Semoga informasi ini membantu menambah pengetahuan serta wawsan sobat pembaca untuk pemeliharaan serta pembudidayan pada jenjang berikutnya..jangan lupa untuk terus tetap berbagi pada yang lainnnya juga.
Berbagai sumber..

baca juga:  
Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya