October 11, 2016

Red Eye Tetra dan Cara Merawatnya

Ikan Red Eye Tetra dan Cara Merawatnya, infoikan.com | Red Eye Tetra ( Moenkhausia sanctaefilomenae ) merupakan jenis ikan hias kecil dari keluarga tetra yang ternyata cukup populer, khususnya di Asia saat ini terbanyak pembudidaya sekaligus pemelihara yang dunia mengakuinya. 

Baca juga: Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan

Red Eye Tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak berasal dan ditemukan pada daerah yang masih terdapat berbagai macam tanaman langka seperti Amerika Selatan , di Paraguay , timur Bolivia , timur Peru , dan barat Brasil.
 

Ikan Red Eye Tetra dapat ditandai dengan memiliki ciri-ciri pada bagian atas matanya mempunyai warna merah, pada bagian tubuhnya memiliki warna yang sangat cantik, yaitu keperakan yang berkemilau, pada bagian pangkal ekornya terdapat warna hitam.

Yang paling mengherankan dari Ikan Hias Red Eye Tetra ini adalah jika dalam pemeliharaannya sangat bagus dan super hati-hati, maka bisa bertahan hidup hingga 5 tahun ke depan, dengan hanya memiliki panjang tubuh kisaran 7 cm atau 2,8 in, yang semakin cantik jika pemeliharaannya dengan cara berkelompok dengan satu jenis ikan ini saja.

Sebelum kita lihat bagaimana cara merawat ikan hias Red Eye Tetra ini, ada baiknya kita lihat dulu klasifikasinya.


Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

Klasifikasi Ikan Red Eye Tetra

klasifikasi ilmiah
Kerajaan         :     Animalia
Divisi             :     Chordata
Kelas             :     klasifikasi
Memesan        :     Characiformes
Keluarga         :     Characidae
Marga             :     Moenkhausia
Jenis              :     M. sanctaefilomenae
nama binomial : Moenkhausia sanctaefilomenae

Cara Merawat Ikan Hias Red Eye Tetra

Jika sobat memang pemula dalam pemeliharaan semua jenis iakn hias, maka Red Eye Tetra merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Maka dari itu ikan hias ini sangat cocok untuk pemula.

Untuk merawat ikan hias Red Eye Tetra, sobat hanya perlu menyediakan sebuah wadah akuarium yang paling ideal adalah mampu menampung air sebanyak 106 liter atau berukuran kisaran antara 90cm x 37.7cm x 30cm. Suhu air yang cocok untuk jenis tetra ini yaitu kisaran antara 72-79 ° F (22-26 ° C), sedangkan pH nya 6,0-8,0.


Baca juga: Ciri Morfologi, Karakteristik dan Jenis Ikan Corydoras yang Terkenal Dan Terlengkap

www.aquaforum.ua
Jangan lupa untuk menyediakan lagi pelengkap perabotan aquarium seperti penambahan subtrat pasir sungai, kayu apung, jenis tanaman air atau tanaman aquascape. subtrat pasir sungai sebagai dasar akuarium yang akan terlihat alami, serta kayu apung dan berbagai jenis tanaman aquascape yang bisa dijadikan persembunyian, juga akan menjadikan ikan ini lebih nyaman.
 

Jenis-jenis ikan kecil ini mempunyai sifat yang agak agresif, jadi dalam pemeliharaan usahakan mencampunya dengan satu jenis khusus ikan ini saja, jangan sampai mencampurkan dengan ikan lain dalam satu wadah aquarium, yang mana pada akhirnya akan terjadi perkelahian atau saling gigit menggigit.

Untuk memelihara, sobat cukup menyediakan minimalnya 5 sampai 6 ekor ikan
Red Eye Tetra, itu menurut kadar yang pas dalam wadah satu aquarium dengan ukuran di atas tadi. Sedangkan jika sobat ingin mencampurkan dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu wadah aquarium, seperti misalnya ikan hias rainbowfish, rasboras dan juga Corydoras.

Ikan Red Eye Tetra termasuk dalam jenis ikan omnivora, jadi di alam liar biasanaya memakan cacing, serangga, krustasea dan materi tanaman.

Sedangkan untuk pemeliharaan di dalam akuarium sobat bisa memberinya cacing darah, kutu air, udang dan juga pakan buatan seperti pelet.


Baca juga: Ikan Platy dan Cara Merawatnya
Seriously Fish
Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Hias Red Eye Tetra yang Cantik dan Cara Merawatnya ini, semoga bermanfaat dan enambah wawasan kita untuk bisa mengetahui lebih banyak jenis ikan hias lainnya.

Baca juga: Ini Dia Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Mudah untuk Dipelihara