--> Skip to main content

Tips Memilih dan Membeli Cupang Aduan yang Murah

Cupang Aduan Murah, tak heran jika sekarang ini banyak sekali yang menjual cupang aduan dengan harga termahal kepada pembeli. Akan tetapi jika sobat mau memilih dan membeli baik itu cupang aduan, cupang kontes, cupang serit, cupang hias, maupun cupang laga, harus bisa mengetahui tanda atau ciri-ciri cuapng aduan atau laga tersebut. Jangan sampai ada kekliriun dalam memilih dan membeli. Serta harus bisa memberikan pakan terbaik ikan cupan ini.

Mudahnya pemeliharaan jenis cupang ini, menjadikan banyaknya penghobi pemelihara serta membudidaya jenis ikan cupang yang tanpa keahlian yang khusus. Di bawah ini ada beberapa tips bagi sobat untuk membantu menemukan dan menghindari kerugian dengan harga cupang termahal. Tips Memilih dan Membeli Cupang Aduan yang Murah serta berkualitas dari pedagang ikan hias maupun perawat serta peternak.

Cupang Aduan Termahal

Cupang Aduan Murah? Baca Tips Memilih dan Membelinya

Berikut Tips Membeli Cupang Aduan Dari Pedagang Hias yang dapat dilakukan oleh pembeli. baca juga Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

1. Berdasarkan spesiesnya :

A) Jika cupang berdasi merah,perhatikan sirip bagian bawahnya.Mungkin saja terdapat guratan-guratan hitam vertikal pada pangkal sirip.Jika ada,cupang tersebut berasal dari spesies Betta imbellis var.domestica.Jika tidak ada,cupang tersebut berasal dari spesies Betta splendens alias cupang bangkok.


B) Jika cupang berdasi hitam,tubuhnya hijau tua,serta bagian ekor dan sirip punggung sedikit bertotol-totol hitam,cupang tersebut berasal dari spesies Betta smaragdina var.domestica.


C) Jika cupang berdasi hitam dan tubuhnya biru tua,cupang tersebut diperkirakan berasal dari induk Betta smaragdina var.malayan atau Betta smaragdina var.domestica.Jenis cupang tersebut tergantung dari nomor seri atau gelar yan disandangnya

2. Perhatikan air yang digunakan.Biasanya,pedagang profesional membedakan cuang adu dan cupang hias melalui air yang dipakainya.Air untuk cupang adu berwarna kecoklatan karena penambahan daun ketapang,sedangkan air cupang hias terlihat bening

3. Lakukan pembelian cupang adu hanya pada satu atau dua pedagang saja di setiap pasar.Biasanya,pedagang mempunyai cupang istimewa yang hanya dijual kepada pelanggan tertentu saja.Cupang tersebut tidak dipajang di etalase,tetapi hanya disimpan dirumah atau di tempat khusus.Cupang istimewa adalah cupang dengan nomor seri terkenal yang sudah jarang dijumpai di pasar atau cupang impor (cupang pot).Cupang istimewapun bisa berupa yang masih kecil ,tetapi usianya sudah 9 bulan.Bisa juga cupang seken (yang pernah diadu) dikatakan istimewa karena pernah memenangkan pertarungan atau mematikan lawan

Cupang Aduan-Pakan Terbaik Ikan Laga 

4. Jangan menanyakan nomor seri cupang yang sedang terkenal karena harganya akan tinggi dan dipalsukan.Sebagai contoh,cupang tanpa nomor seri atau seri lain ditawarkan dengan nama atau nomor seri cupang yang sedang terkenal

5. Bandingkan ciri cupang dengan nomor seri yang tertempel pada toples.Setiap stoples cupang adu biasanya ditempelkan nomor seri.Perhatikan ciri cupang adu tersebut.Jika ada bentuk tubuh dan sirip yang tidak mirip dengan nomor seri yang ditempelkan,kejujuran sang penjual patut dicurigai

6. Perhatikan guratan atau tulang sirip ekor.Jika guratannya tidak lurus atau warnanya berbeda,cupang diduga sudah pernah diadu (istilah dalam dunia cupang adalah “seken”)

7. Amati sisik disekitar pangkal ekor.Jika sisik pada pangkal sirip tidak rapat,diperkirakan sisik tersebut masih baru.Jika umurnya diduga 6 bulan,tetapi kondisi sisiknya seperti itu,ada kemungkinan cupang tersebut pernah diadu

8. Perhatikan kepalanya.Jika ada guratan-guratan sisik di kepala cupang adu,hal tersebut menandakan umurnya sudah 8 bulan

9. Pilihlah cupang dengan gigi tajam.Untuk mengetahuinya,perhatikan ring bibir dari atas stoples.Jika pada bibir bagian bawah sebelah dalam terdapat bintik –bintik kecil berwarna hitam,hal tersebut menandakan gigi cupang tajam.

10. Pilih cupang dengan sisik kuat.Sisik yang kuat ditandai dengan meratanya sisik di seluruh tubuh dan berwarna cemerlang.


Membeli Cupang Aduan yang Murah
Untuk jenis ikan laga super, sobat bisa langsung memilih dari anakan yang induknya juga dari ikan cupan aduan terganas, biar pada saat di kontes selalu menang dalam aduan dengan pukulan yang mematikan.

Jangan memilih jenis ikan cupan aduan termahal di dunia, karena jika dari harga yang lebih murah juga banyak. Semua itu tergantung sobat dengan cara melatih ikan cupan agar menang dalam kontes, jika memilih dengan harga termahal, suatu saat pasti ada perbedaan yang jauh dari harga yang lebih murah.

Sobat bisa menemukan ikan aduan ini dengan meniru gaya tarung ikan medan super yang sudah terkenal dengan kelincahannya. Akan tetapi bagi para pecinta semua jenis ikan hias yang mudah di pelihara, lebih memilih ikan cupan aduan dari blitar, indukan kontes slipi jakarta dan lainnya yang sudah terkenal dengan ikan aduan termahalnya. 

Dirasa cukup sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Tips Memilih dan Membeli Cupang Aduan yang Murah ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk jenjang berikutnya. 

Berbagai sumber,,
baca juga : Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar