October 11, 2016

Zebra Danio dan Cara Merawatnya

Ikan Zebra Danio dan Cara Merawatnya, infoikan.com | Zebra danio (Danio rerio) adalah jenis ikan hias air tawar dari keluaraga ( Cyprinidae ) dari urutan Cypriniformes yang  berasal dari wilayah Himalaya. Ikan zebra adalah ikan yang memiliki cora tubuh belang seperti hewan zebra. Warna belang ini biasanya diselingi oleh warna silver metalik dengan warna bervariasi.

Harga ikan Zebra Danio sendiri sangat murah. Di India timur tepatnya di kawasan sungai gangga ikan ini di temukan, yang terdiri dari beberapa habitat, juga banyak sekali pada semua sungai, baik itu yang mempunyai arus kuat cepat, persawahan, parit, kanal, maupun sungai besar. 


AquariumFish.net
Jenis Zebra daino dalam kalangan pecinta ikan hias lebih di kenal dengan zebra saja. Yang pasalnya dengan tanda warna yang melekat pada tubuhnya menjadikan jenis ikan ini sangat banyak peminatnya di pasaran ikan hias dan juga harganya yang lumayan murah serta dapat dijangkau semua kalangan.

Ikan Zebra Danio ini dapat ditandai dengan memiliki warna pada bagian seluruh tubuhnya yang sangat cantik dan indah yaitu mempunyai warna peraduan antara warna dasar emas atau perak, pada bagian insang sampai ujung ekor terdapat garis horizontal yang membentang dengan variasi antara warna biru dan ungu.

Perbedaan antara indukan jantan dengan betina terletak pada ukuran postur tubuhnya, jika jantan memiliki postur tubuh lebih terpedo, sedangkan si betina ikan Zebra Dania ini perutnya lebih besar. Dengan ukurang seluruh tubuhnya kira-kira 5 cm.

Diperkirakan untuk umur ikan ini hanya sampai 2 tahun saja, akan tetapi ada juga yang mencapai 5 tahunan. Sangat sederhana bukan ikan Zebra Danio dan Cara Merawatnya ini, mari lihat klasifikasinya berikut ini : 


baca juga: Golden Base (Flowerhorn Fish) , Jenis Louhan Terpopuler


Klasifikasi Ikan Hias Danio Zebra Cara Merawatnya


klasifikasi ilmiah
Kerajaan    :     Animalia
Divisi         :     Chordata
Kelas         :     klasifikasi
Memesan   :     Cypriniformes
Keluarga    :     Cyprinidae
Marga        :     Danio
Jenis         :     D. rerio
nama binomial
Danio rerio

Cara merawat ikan hias danio zebra

Budidaya ikan Zebra Danio bisa cari referensi yang lainnya. Jika sobat memang pemula memulai merawat serta memelihara semua jenis ikan hias, sangat cocok dengan Ikan danio zebra yang termasuk ikan yang mudah dipelihara, karena ikan ini toleran dengan berbagai parameter air. Selain itu ikan ini juga tahan banting dengan keadaan sekitar.

Baca juga: Ikan Platy dan Cara Merawatnya
isabellany.deviantart.com
Akan tetapi, dalam perawatan Ikan danio zebra akan lebih baik jika dirawat dengan berkelompok, itu karena ikan ini memiliki sifat yang suka menggigit ikan lainya jika dipelihara dengan kelompok yang lebih sedikit. Mungkin sidikit agak berbeda dan tidak terbiasa pada alam bebasnya.
 Sedangkan jika ikan danio zebra ingin dicampur dengan jenis ikan hias lain, sebaiknya yang juga dari jenis danio, ikan corydoras dan dari jenis ikan tetra. Kelompok yang dianjurkan untuk merawat ikan danio zebra ini minimal enam ekor dalam satu wadah, karena untuk mempermudahkan beradaptasi dengan lingkunagn barunya.

akuarium yang dibutuhkan untuk merawat ikan danio ini sebaiknya yang memiliki dimensi dasar 30 cm. Suhu yang dibutuhkan untuk memelihara ikan danio ini berkisar antara 65 ° F - 75 ° F (18 ° C - 24 ° C) sedangkan pH nya 6,5-8.

Makanan ikan Zebra Danio ini sangatlah mudah untuk di dapatkan, karena masih dalam kelompok atau jenis ikan omnivora, yaitu bisa sediakan pakan seperti pakan serpihan, pakan beku, pakan alami seperti cacing darah, kutu air, dan udang laut. Semua itu bisa sobat dapatkan secara gratis maupun berbayar, tergantung usaha sobat semua.

Ikan danio zeba ternyata lebih suka dengan jenis tanaman aquascape yang kelihatan hijau dan indah, untuk itu sobat bisa memilih yang rimpang atau tidak terlalu rimbun. agar supaya bisa bebas berenang kesana kemari layaknya pada alam bebas. 


Baca juga: Jenis Ikan Predator Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Swimming Fish
Sekian dulu sobat sedikit ulasan tentang Zebra Danio dan Cara Merawatnya ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita untuk pemeliharaan berikutnya dalam perawatan semua jenis ikan hias yang mudah dipelihara.