November 1, 2016

Cara Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Pemadaman Listrik)

Cara Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Mati Lampu) infoikan.com Tips dan cara meminimalkan dan menghindari kematian ikan hias kita pada listrik mati ataupun mati lampu akibat pemadaman listrik , merupakan salah satu hal dasar yang harus bisa kita atasi

Cara Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Pemadaman Listrik)

Jika kita sendiri saat mati lampu akibat pemdaman listrik merasa takut akan gelap. bigetu juga dengan ikan hias peliharaan di aquarium ini, yang juga akan merasakan hal yang sama. Merupakan pemandangan tragis bagi sobat yang khususnya memelihara ikan dalam jumlah yang banyak.

Cara membuat gelembung udara di aquarium adalah salah satu yang bersumber dari energi listrik yang berfungsi menghasilkan tambahan oksigen bagi kesehatan si ikan ini, baik itu menggunakan aerator maupun filter. Kita hanya antusiasi jika ternyata mati lampunya atau listrik mati dengan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, untuk mengurangi dan menghindari kematian ikan pada saat listrik mati, maka berikut beberapa tips sederhananya.

Bagaimana Cara Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Mati Lampu)


Berikut beberapa tips untuk mengurangi dan menghindari serta meminimalisir banyaknya jumlah kematian pada pemeliharaan ikan hias kita pada saat pemadaman listrik atau listrik mati dalam jangka lebih dari 2-3 jam:  

Baca juga: Cara Membuat Kolam Ikan Kecil

Air Pump Batteray Aquarim
  
  • Dalam satu wadah jika ikan sudah berukuran 10 cm ke atas, jangan terlalu banyak. 
  • Hal dasar yang sering dipakai para pemelihara yaitu mengurangi volume air, jangan sampai ketinggian atau kepenuhan agar si ikan hias sobat dapat naik ke atas mengambil oksigen dari permukaan air. Karena cara semacam ini akan menambah umur untuk dapat bertahan hidup yang lama.
  • Jangan memberikan makanan yang terlalu banyak. Kejadian ini di khawatirkan saat listrik mati pakan tersebut masih tersisa, sedangkan oksigen yang ada dalam aquarium lama kelamaan akan habis dan ikan hias akan semakin lemah. Maka yang terjadi dapat menimbulkan kotoran dan bakteri lain.
  • Sediakan sebuah alat yang memadai seperti tank yang berguna meminimalkan kematian ikan dalam jumlah banyak. 
  • Perlengkapan bantu lainnya bisa seperti DC, UPS, dan juga generator bensin. Ini diperuntukkan jenis ikan yang mempunyai harga mahal dan jutaan sealigus merawat dalam jumlah banyak untuk para pengusaha ikan hias.

Cara Membuat Aerator Akuarium Tanpa Listrik Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Pemadaman Listrik)

Ini merupakan cara terbaik yang jarang sekali diperhatikan oleh seorang pemelihara jenis ikan hias aquarium maupun aquascape.Mungkin tips berikut bisa menghindari kematian ikan sobat pada saat listrik lampu mendadak:

Gunakan Air Pump Battery Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Pemadaman Listrik)
Baca juga: Tips Mudah Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah untuk Pemula

Air Pump Battery

Air pump batterey ini mampu bertahan selama 6-7 jam . Jadi saat cocok dan ideal untuk sobat coba gunakan. Mengapa demikian? Karena, jika lampu listrik mati mendadak secara otomatis semua jalur yang bertenaga listrik akan iku mati. Sedangkan oksigen dari aquarium perawatan kita menggunkan aerator maupun filter yang arus utamanya dari listrik ini.

Alat ini biasanya menggunkan kekuatan lewat 2 buah batterey yang bisa sobat gunakan sebagai alternatif pembuat oksigen dalam aquarium, sehingga ikan dapat selalu dalam keadaan sehat. Mungkin jika ada semacam alat Genset malah lebih bagus. 
Baca juga: Jenis dan Harga Aquarium Yang Populer Dijual Sekarang Ini


Air pump batterey menghindari Kematian Ikan Lintrik Mati

Jika sobat membeli di toko terdekat, biasanya akan di kasih pilihan 2 jenis:
1. Air pump batterey otomatis yang kerjanya model ngecas, caranya sobat tinggal colokin aja kabel yang sudah tersedia. Otomatisnya ketika listrik menyala, alat ini akan mati sendiri. Begitu juga sebaliknya, jika listrik pada atau mati, akan juga secara langsung menyala.

2. Air pump batterey biasa 
Seperti pada umumnya lampu senter yang menggunakan baterey, akan tetapi kita sendiri yang harus menekan tombol on/of nya. 

Memakai Air Pump Ac/Dc Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Pemadaman Listrik)
Air Pump Ac/Dc

      
Alat bantu macam ini bsebeda dari yang lain, yaitu sumber energinya berasal dari aki kering untuk dapat hidup. di saat memakai listrik, pompa akan mengisi daya di aki sebagai tenaga cadangan, dab disaat listrik mati, maka pompa akan bekerja secara otomatis. Biasanya kekuatan aki air pump AC/DC mampu bekerja selama 7-8 jam dalam keadaan terisi penuh.

Demikian sobat sedikit berbagi tips Cara Menghindari Kematian Ikan Pada Saat Listrik Mati (Pemadaman Listrik) ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk membantu mengatasi kesehatan ikan di luar dugaan kita pada masa selanjutnya. 
   
Baca juga: 
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara 
-Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah