November 28, 2016

Ikan Gabus? Ini Dia Klasifikasi dan Morfologinya yang Harus Sobat Tau

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus Infoikan.com Suka mengkonsumsi ikan gabus buat menjaga kesehatan? atau mencari ikan gabus untuk di budidayakan? Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang manfaatnya banyak dicari orang. Dengan harga ikan gabus yang tak mahal, para penjual di pasaran hampir kewalahan menyediakan stok dewasanya.

Khusus buat sobat yang kurang mengetahui akan klasifikasi dan morfologi ikan gabus bisa membaca rangkuman berikut. Dengan khasiat ikan gabus yang multyfungsi dan sudah diakui oleh seluruh rumasakit manapun, menjadikan daya unik tersendiri. Yaitu dijadikan ajang usaha ikan dengan hasil memuaskan. Nah berikut klasifikasi dan morfologi ikan gabus yang bisa sobat ketahui.
Baca juga: Cara Terbaru Budidaya Ikan Gabus (Kutuk) Di Kolam Tanah, Terpal, & Beton dengan Hasil Melimpah

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus


Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus 

Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang, dan pada bagian belakang berbentuk pipih ( compressed ). Sedangkan pada bagian depan berbentuk cembung, untuk perut rata dan bagian kepala pipih atau hampir menyerupai kepala ular ( head snake ). Warna punggung ikan ini hijau kehitaman dan bagian perut berwarna putih atau krim.

Berdasarkan hasil penelitian dari Anonim, 2012 ikan gabus ini dapat diklasifikasi dan morfologi berdasarkan taksonomi diantarnya yaitu.

Klasifikasi Ikan Gabus sebagai berikut: 


Kingdom      : Animalia
Filum           :  Chordata
Kelas           : Actionopterygii
Ordo            : Percformes
Famili          : Channidae
Genus          : Ophiocephalus
Spesies        : Ophiocephalus striatus ( Channa striata )


Ada dua spesies ikan gabus yang dapat di temukan yaitu :
•Channa micropeltes
•Channa pleuropthalmus


Morfologi Ikan Gabus
Pada umumnya bentuk tubuh ikan gabus bulat dan panjang, kira-kira panjangnya bisa mencapai 1 meteran. Berat ikan gabus sendiri kisaran antara 2-5 kg, pada bagian kepala, Perut, Punggung, dan ekor terdapat sisik yang sangat tebal dan kasar.
Baca juga: Manfaat Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Pasca Operasi dan Kesehatan Lain

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus


Klasifikasi dan morfologi ikan gabus yang lainnya:
Bagian sirip punggung memanjang
Pada bagian ujung sirip ekor juga berbentuk bulat dan memanjang.
Bagian sisi atas tubuh hingga bagian ekor memiliki warna kegal, kehitaman dan kehijauan, sedangkan pada bagian perut terdapat warna putih atau krim.
Bagian sisi samping terdapat garis maupun coret tebar ( striata ), warna ini biasanya tergantung dengan habitat dan lingkungannya.


Mempunyai gigi yang keras dan tajam untuk mengunyah dan mencabik pakannya. Dari protein yang bervariasi yang ada di dalam tubuh ikan ini, menjadikan ikan gabus berbau amis dari hasil penguraian (dekomposisi) makanan tadi. Dan zat amonia dari senyawa belerang dan bahan kimia amina yang berasal dari penguraian asam amino.

Baca juga: Cara Memasak Ikan Gabus (Kutuk) Untuk Obat Kanker, Stroke, Ginjal, & Tuberkolusis

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Gabus-Kandungan Gizi dalam Tubuh

Ternyata dalam tubuh ikan gabus terdapat beberapa gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan gizi ikan gabus:

No    Unsur Gizi    Jumlah    Satuan
1       Energi          116          Kal
2        Air              69,6         G
3        Protein        25,2         G
4         Lemak         1,7         G
5        arbohidrat      0           G
6       Lemak jenuh   3.6        G
7         Kalisium     62          Mg
8        Fosfor         176         Mg
9       Besi              0,9         Mg
10      Vitamin A    45          Mcg
11      Vitamin B     0,04       Mg
12      Vitamin C     0            Mg


Dari beberapa daftar gizi tersebut, ternyata ikan gabus mempunyai manfaat yang sangat luar biasa, bahkan bisa juga sobat gunakan sebagai obat aternatif untuk menyembuhkan penyakit.

Demikian sedikit ulasan tentang klasifikasi dan morfologi ikan gabus ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita pada jenjang berikutnya dengan masalah mengambil khasiat dan manfaat ikan gabus ini.