November 19, 2016

Jenis-JENIS IKAN HIAS Air Tawar? Berikut Daftar Nama Ikan Hias Beserta Gambarnya

Jenis-JENIS IKAN HIAS Air Tawar InfoIkan.com ingin memelihara ikan hias di aquarium sebagai hiasan? atau membudidayakan ikan hias sebagai ajang usaha sampingan? tak disangka khusus hari ini dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa semua ikut berlomba-lomba merawat ikan hias. Bahkan di Indonesia sendiri hampir setiap rumah terdapat sebuah aquarium maupun kolam ikan hias. 

Ikan hias air tawar adalah salah satu hewan yang banyak diburu dan dibudidayakan oleh pecinta hewan. Ikan hias menjadi sangat menarik karena ikan ini pada umumnya mempunyai warna sisik yang sangat cantik.

Akan tetapi dari kacamata pemelihara, semua daftar jenis ikan hias ternyata ada yang mudah dipelihara dan sulit untuk dikembangbiakkan. Dalam kesempatan kali ini Info ikan akan membahas dari daftar ikan hias yang populer dipelihara serta mudah dalam merawatnya. Berikut jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa sobat koleksi. 

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar
 

Jenis-jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara


Ada sangat banyak jenis ikan hias air tawar. Ada ikan hias yang diletakkan di dalam akuarium dan ada juga ikan hias yang lebih terlihat bagus bila diletakkan di dalam kolam. Ada ikan hias yang harus dipisahkan dari yang lainnya (satu akuarium satu ikan) dan ada juga ikan hias yang bisa dikumpulkan dalam satu akuarium atau kolam.


1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang


Jenis Ikan Hias

Nama ikan hias air tawar ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kita sering menjumpai ikan hias ini di pasar-pasar tradisional.
Banyak para pencinta ikan hias, khususnya yang masih muda memelihara ikan ini. Jenis ikan cupang  mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri karena ikan hias ini biasanya digunakan untuk aduan sesama ikan cupang.
Jadi, bila sobat mempunyai ikan cupang lebih dari satu, jangan sekali-kali ikan tersebut di letakkan dalam satu tempat.


Bentuk badan ikan hias ini agak kecil. Siripnya yang panjang menjuntai sampai terlihat seluruh tubuhnya ditutupi oleh sirip cantik berwana-warni tersebut. Dan bila ingin membedakan antara jantan dan betina, dapat kita lihat pada bagian tubuh ikan cupang betina rata-rata lebih kecil dari pada ikan cupang jantan.

Letakkanlah ikan-ikan cupang di tempatnya sendiri-sendiri. Kamu bisa memakai toples sebagai medianya. Ikan cupang juga mempunyai banyak sekali jenis dan variasi warna yang membuat ikan hias air tawar ini terlihat sangat indah. Variasai warnanya bisa kuning, coklat, merah, hijau, biru, coklat, abu-abu dan putih.


Baca juga:
Jenis-jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal di Dunia yang Wajib Hobies Ketahui
Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi yang Bagus untuk Pertumbuhan

2. Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Guppy


Jenis Ikan Hias Air Tawar

Taukah keunikan dari ikan guppy ini? jika sobat mau memperhatikan dengan seksama, pada ekornya berbentuk seperti kebaya arau rok yang dipakai oleh perempuan. Ikan guppy ini bisa sobat budidayakan dengan sangat mudah.


Karena mempunyai ukuran tubuh yang hanya kisaran 2,5 cm dan terdapat warna yang bevariasi, menjadikan ikan guppy ini terlihat seksi. Mudah sekali untuk mendapatkan jenis ikan hias ini, karena sudah banyak orang yang membudidayakannya dan menjualnya. 


Apalagi jika ikan guppy yang berkelamin jantan, karena hanya jantan yang memiliki sirip indah. Sedangkan yang betina warnanya cenderung kusam, banyak ornag mengatakan  mirip ikan cupang.

Ikan hias air tawar ini mempunyai jenis yang sama dengan ikan molly. karena keindahan warna dan bentuk siripnya, ikan guppy ini menjadi yang paling banyak digemari sebagai ikan hias. 

Biasanya anak-anak kecil sangat senang sekali memelihara ikan hias air tawar ini. Selain harganya yang murah, ikan hias ini juga mempunyai ukuran yang mungil. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan ikan peliharaan anak-anak kecil.


Baca juga: Jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik yang Pecinta Ikan Hias Harus Tahu

3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Arwana


Jenis-Jenis Ikan Hias

Dari jenis-jenis ikan hias, Ikan arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang dapat sobat ketahui dengan mempunyai sisik unik, sehingga menjadikan siapa saja yang melihatnya dan ikan hias ini yang paling populer sampai saat ini walaupun harganya sangat mahal.


Ikan hias air tawar ini mempunyai nama latin Scleropages sp. Banyak sebutan unik untuk nama ikan arwana ini, diantaranya ikan arwana super red, ikan payang, naga, khayangan, silok, kalasa, siluk dan kalasa.

Ikan arwana banyak dijumpai di perairan air tawar kalimantan dan papua. Namun, sekarang sudah banyak sekali orang yang membudidayakan ikan hias air tawar ini. Karena ikan hias ini banyak sekali peminatnya dan memiliki harga yang lumayan tinggi.

Sampai disebut ada ikan arwana yang memiliki jenis sendiri, yaitu ikan arwana super red. Ikan hias seperti ini banyak yang mengatakan akan tidak pernah menurun para peminatnya. Selain itu, ada mitos yang beredar di masyarakat sampai sekarang yaitu bila memelihara ikan arwana pemiliknya akan diberikan kelancaran rezeki.


Ikan hias ini termasuk dalam golongan ikan purba karena telurnya hampir mirip dan besarnya seukuran telur burung puyuh. Selain itu, termasuk ikan yang mempunyai ukuran tubuh kurang lebih sekitar mencapai 1 meter.


Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Arwana Termahal dan Paling Bagus beserta Gambarnya

4. Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Louhan


Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara

Jenis ikan hias selanjutnya adalah ikan louhan. Ikan ini dari dulu sampai sekarang masih tetap sangat populer dipelihara yang khususnya di Indonesia ini. Yang sebelumnya belum pernah merawat dan memeliharanya, akhirnya mencoba mengoleksinya.


Hal yang membuat ikan hias air tawar ini terkenal yaitu warnanya yang cantik. Banyak orang secara tiba-tiba menjadi pencinta ikan hias. Hal tersebut karena ikan louhan sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu, yang menjadikan ciri khas tersendiri yaitu terdapat kombinasi warna sisik ikan louhan membentuk seperti sebuah tulisan.

Tak hanya itu, dengan adanya benjolan yang ada dikepalanya membuat daya tarik tersendiri bagi ikan louhan ini. Semakin besar benjolannya, makan semakin mahal harga ikan louhan ini. Ikan louhan masih termasuk dalam kategory type ikan karnivora yaitu sedikit agresif dan pada umumnya ingin menang sendiri layaknya raja laut.


Baca juga: Jenis Ikan Louhan Termahal dan Terbesar di Dunia

5. Jenis Ikan Hias Air Tawar Mas Koki


Jenis Ikan Hias dan Harganya

Selanjutnya jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan paling populer di Indonesia saat ini yaitu ikan mas koki. Ikan hias ini masih termasuk dalam family ikan mas.


Gerakan ikan mas koki yang lucu ini akibat bentuk badannya yang gendut, namun tetap seimbang. Deengan warna dan bentuk ekor serta kepalanya yang unik ini, hal tersebut membuat jenis ikan hias ini menjadi buruan yang paling banyak digemari oleh pecinta ikan hias.

Pada awal mulanya penyebaran ikan mas koki ini hanya di China, akan tetapi ikan ini dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dari sebelumnya.


Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Mas Koki Termahal dan Terbesar yang dapat Kamu Pelihara



6. Jenis Ikan Hias Air Tawar Discus


Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara

Sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuhnya layak sebuah disk, maka tak heran jika dijuluki ikan discus. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar terindah untuk dijadikan hiasan dalam ruangan tertentu.


Ciri khas yang menjadi aksen ini justru membuat ikan hias ini menjadi high class, dan dengan warna yang berfariasi menjadikan harga ikan discus paling mahal diantara jenis ikan yang berukuran kecil.


Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Menarik Pecinta Ikan Hias

7. Jenis Ikan Hias - Air Tawar
Terindah - Koi

Jenis Ikan Hias Air Tawar Teriindah

Jenis ikan hias yang populer dipelihara di Negara Jepang salah satunya adalah ikan Koi. dan sekarang menjadi buronan masyarakat Indonesia untuk dijadikan hiasan perumahan, pertokoan, rumah makan, maupun koleksi kolam pribadi. 


Dari fakta yag ada, ternyata Ikan hias ini termasuk hasil dari persilangan beberapa strain ikan mas yang memiliki warna merah dan putih. Dari hasil persilangan tersebut dikenal dengan nama ikan koi.


Sering kita jumpai adanya kemunculan terbaru berdasarkan warna, karena persilangan ikan terus dilakukan dengan berbagai variasi warna yang sangat menarik. Pada umumnya jika masih dalam masa pertumbuhan, warna-warna ini tidak akan terlihat sempurna, pada saat dewasa baru akan terlihat melebar dan terlihat semakin cantik dan indah. Jenis Ikan hias air tawar ini sangat cocok dipelihara di kolam yang cukup luas.


Karena daya tarik dari ikan koi ini adalah warna-warni ikan yang sangat cantik dan terlihat indah bila dilihat dari atas kolam. Selain itu, ikan hias ini juga membutuhkan banyak ruang untuk bergerak.


Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbaik

8. Jenis Ikan Hias Air Tawar Oscar



Jenis ikan hias air tawar yang yang terakhir dan mudah dipelihara serta paling populer di Indonesia yaitu ikan oscar. Ikan hias ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai para pencinta ikan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Banyak sekali jenis ikan hias yang sangat mirip dengan ikan oscar ini diantaranya ikan yang biasa kita konsumsi yaitu ikan gurame atau nila. Bentuknya yang lebar serta siripnya yang menjadikan ikan hias ini sangat mirip dengan ikan gurame.


Selain itu, kombinasi warna sisik ikan oscar ini terlihat seperti batik yang menghiasi tubuhnya. Juga ada ikan oscar albino atau putih pucat dengan garis totol-totol orange, ataupun berwarna putih polos.

Tetapi, ada hal yang membedakan dari kedua ikan ini, yaitu warna yang dimiliki ikan oscar lebih bervariasi dan kombinasi warna-warnanya jauh terlihat lebih indah dari pada ikan gurame.


Demikian sedikit ulasan mengenai jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta pengetahuan kita untuk pemleiharaan serta perawatan pada jenjang berikutnya.

Baca juga: 

-Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah dan Mudah untuk Pemula 
- Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara