November 30, 2016

Tips dan Cara Merawat Ikan Louhan yang Baik dan Benar

Cara Merawat Ikan Louhan Infoikan.com Hoby memelihara ikan louhan di aquarium? atau ingin budidaya ikan louhan untuk usaha ikan hias? Ikan louhan merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Merawat louhan bukanlah pekerjaan sulit, yang penting adalah menjaga kualitas air, mongontrol kualitas pakan, serta melakukan sterilisasi perawatan.

Salah satu ikan hias yang banyak digemari serta terdapat kelebihan tersendiri yaitu, memiliki bentuk jenong bagian dahi dan warnanya yang indah. Untuk cara merawat ikan louhan harus benar-benar dengan baik dan benar, agar kelebihan tadi dapat muncul. Dari itu kita harus bisa mengetahui bagaimana cara merawat ikan louhan yang baik dan benar. Berikut tips dan cara merawat ikan louhan yang baik:

Cara Merawat Ikan Louhan


Aquarium

Aquarium untuk merawat ikan louhan harus di sesuaikan dengan ukuran tubuhnya, lebih baik agak besar. Pada umumnya ukuran yang paling ideal yaitu 3/4 dari bentuk tubuh ikan louhan. Misalnya ikan louhan kita memiliki panjang antara 40-50 cm, sebaiknya ukuran akuarium yang digunakan untuk ikan louhan kita memiliki dimensi sekitar 200X70X80cm. 

Cara Merawat Ikan Louhan


Cara Merawat Ikan Louhan-Perlengkapan Aquarium

Untuk mempermudah dalam perawatan serta memberikan kenyamanan memelihara ikan louhan, ada beberapa jenis perlengkapan aquarium yang berfungsi mempercantik dalam merawat ikan louhan. Beberapa perlengkapan aquarium antara lain sebagai berikut:

Aerator
 
Merawat dan memelihara ikan di akuarium sangat berbeda dengan ikan yang hidup di alam bebas. Ikan yang ada di alam bebas mendapatkan udara atau oksigen lebih banyak dibandingkn dengan ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Oleh karena itu, ikan yang dipelihara di dalam akuarium memerlukan bantuan alat untuk menyuplay oksigen.

Alat yang dapat digunakan untuk menyuplay oksigen ke dalam akuarium salah satunya berupa Aerator atau pompa udara. Fungsi Aerator sendiri untuk menghasilkan udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan udara dari sisa-sisa pernafasan ikan. Cara memilih aerator yang bagus, pilihlah aerator yang mampu membuang banyak udara, tetapi memerlukan sedikit aliran listrik.


Cara Merawat Ikan Louhan


Cara Merawat Ikan Louhan Agar tidak Stress-Heater&Thermometer

Agar pertumbuhan ikan louhan baik dan maksimal, suhu air di dalam akuarium perlu untuk diatur. Karena sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan louhan jika suhu air di dalam akuarium dingin. Cara untuk mengetahui suhu air di dalam akuarium adalah dengan menggunakan thermometer.

Suhu udara yang ideal untuk ikan louhan sekitar 28-30 derajat celcius. Jika thermometer menunjukan suhu air akuarium dalam keadaan dingin, kita bisa menaikkan suhu udara dengan menggunakan alat Heater atau alat pemanas.


Perlengkapan Aquarium-Filter

Dari pembahasan diatas sudah di singgung, bahwa cara merawat ikan louhan yang paling utama tak lain adalah menjaga kualitas airnya. Harus diperhatikan masalah kebersihan air di dalam akuarium. Jika air akuarium kotor, maka kemungkinan besar ikan louhan kita akan mati. Jadi, kita harus selalu membersihkan air akuarium. Hal ini biasanya pemberian pakan yang terlalu banyak, dan menimbulkan sisa-sisa pakan tersebut berjatuhan di dasar air.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sobat bisa menggunakan alat filter atau penyaring air. Filter memiliki fungsi untuk menyaring air akuarium setiap saat agar tetap selalu bersih. Keadaan air senantiasa berputar mengambil kotoran sekaligus membuat gelembung udara segar. Namun, kita masih perlu untuk mengganti air akuarium setiap saat jika keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk kesehatan ikan louhan.

Cara Merawat Ikan Louhan


Penerang

Agar ikan louhan yang ada di aquarium tidak menjadi penakut, alat penerang ini berfungsi untuk melatih ikan louhan menjadi lebih enjoy. Untuk menerangi akuarium, kita bisa menggunakan lampu TL. Selain untuk menerangi akuarium kita, lampu TL juga berfungsi untuk menambah keindahan akuarium sobat. Namun, lampu TL ini dapat menghasilkan suhu panas, sehingga dapat mempengaruhi suhu pada air akuarium. Jadi, kita perlu memperhatikan ukuran lampu TL dengan ukuran akuarium. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium 80X40 cm adalah 20 watt.

Cara Merawat Ikan Louhan


Cara Merawat Ikan Louhan-Pelengkap Aquarium Tanaman Air

Tanaman aquarium ini bermanfaat agar wadah yang sobat sediakan mirip pada habitat asli ikan louhan tinggal. Serta dapat mempercantik dan memperindah dalaman aquarium sobat. yang lebih berkesan menjadikan ruangan kelihatan asri dan sejuk dan segar.

Cara Merawat Ikan Louhan


Pasir&Bebatuan

Sebelum memasukkan batuan dan kerikil, terlebih dahulu sobat bisa kasih pasir sebagai landasan. Jenis pasir terbaik pada umumnya berasal dari sungai dan masih tercampur dengan humus. Sedangkan untuk kerikilnya, bisa sediakan yang berukuran 3 mm untuk ditambahkan di dalam akuarium kita. 

Cara Merawat Ikan Louhan


Cara Merawat Ikan Louhan-Makanan yang Baik

Agar ikan louhan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, perlu pakan louhan berkualitas, dan makanannya harus diperhatikan. Makanan yang bagus untuk ikan louhan terdapat dua macam, yaitu makanan alami dan makanan buatan. Makanan alami dapat berupa cacing rambut, cacing sutra, cacing tanah, cacing darah, kutu air, artemia, jentik nyamuk, dan udang.

Sedangkan makanan buatan sobat bisa menyediakan berupa pakan pelet yang khusus untuk ikan louhan. Pemberian pakan dengan menggunakan pelet sebaiknya dibiasakan sejak ikan louhan masih kecil. Kita bisa mengkombinasikan kedua macam makanan tersebut. Biasanya pakan pelet ini hanya digunakn alternatif ketika pakan alaminya habis.


Cara Merawat Ikan Louhan


Pengontrolan Aquarium

Cara Merawat Ikan Louhan


Akuarium untuk cara merawat ikan louhan setiap hari harus dilihat atau dikontrol suhu airnya, ph airnya, dan kebersihan airnya. Selain itu, kita juga perlu membuat jadwal untuk mengganti air akuarium kita. Jadwal yang ideal untuk mengganti air di dalam akuarium sekitar satu atau dua minggu sekali. Untuk mengetahui kondisi suhu air, kita bisa memanfaatkan thermometer yang sudah kita sediakan. Sedangkan, ph air dapat diketahui dengan alat pengukur ph. Ph air normal untuk akuarium antara 6-8,5. Karena kita sudah menggunakan filter, penggantian air akuarium tidak perlu terlalu sering.

Sekian dulu sobat sedikit berbgi tentang cara merawat ikan louhan ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan berikutnya. 

Baca juga:
- Ini Dia Makanan Terbaik Ikan Louhan biar Merah, Jenong, dan Cepat Besar
- Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya
- Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia
 - Jenis Dan Harga Ikan Louhan Saat Ini