November 29, 2016

Usaha Ikan Hias yang Menguntungkan dengan Omzet Jutaan

Usaha Ikan Hias InfoIkan.com Pernah budidaya jenis ikan hias dengan jumlah banyak? Atau sudah bosan memelihara ikan hias di aquarium? membahas ikan hias memang tidak ada habisnya, apalagi sekarang ini muncul jenis ikan hias yang lebih cantik dan menarik lagi, menjadikan para pemula semangat merawat ikan hias baik itu di wadah kolam, aquarium, maupun aquascape lainnya.

Tak hanya itu, semakin bertambahnya kebutuhan ekonomi, semakin sulit pula mencari tambahan kebutuhan hidup. Maka banyak sekali para penghoby yang memanfaatkan momen ini untuk dijadikan usaha ikan hias dengan cara memperbanyak budidaya ikan hias. Jika seorang pemula tentunya masih terasa agak bingung, bagaimana memulainya, dan jenis ikan apa yang banyak di cari, namun mampu bertahan hidup lama. Nah..berikut beberapa jenis ikan hias yang bisa sobat jadikan sebagai ajang usaha ikan hias:
Baca juga: Bisnis Ikan Hias Hari Ini Untung Jutaan


Usaha Ikan Hias

 
Ikan Cupang
Ikan cupang (Betta sp.) merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Pada daerah tropis banyak ditemukan ikan ini. Terutama di bagian Asia Tenggara dan termasuk Indonesia ini. Pada umumnya jika di alam bebas suka mengelompok satu jenis. Untuk habitat aslinya, sobat bisa menemukan ikan cupang ini di danau, rawa-rawa, sungai, dan aliran air yang arusnya tenang

Usaha Ikan Hias


Usaha Ikan Hias-Budidaya Ikan Cupang

Kenapa budidaya ikan cupang? Tak lain karena sobat tidak membutuhkan modal besar, dan tempat yang lebar. Hal ini mengacu pada ikan cupang yang mampu bertahan hidup pada air yang sedikit dan minim akan oksigen, dan bisa dilakukan di dalam rumah, sekitar rumah, dan dimanapun tempatnya asalkan airnya tidak kotor saja.

Peminat Ikan Cupang yang Lumayan Banyak 

Salah satu kunci usaha ikan hias yang perlu dilihat kedepannya adalah peminat. Dan rata-rata dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua, semuanya menjadi penggemar ikan cupang ini. Maka kesempatan besar bagi sobat untuk ikut budidaya ikan cupang dengan modal yang minim.

Usaha ikan hias dengan ikan cupang ini tak akan ada matinya, karena ikan cupan sendiri terbagi menjadi dua yaitu, cupang hias dan cupang adu. Dengan ciri jika hias mempunyai warna sirip yang cantik dan indah, sedangkan untuk cupang adu, banyak dipelihara hanya untuk di adu dengan yang lain.

Jika sobat mau menekuni usaha ikan hias dengan budidaya ikan cupang, omzet yang bisa sobat dapatkan akan mencapai jutaan rupiah per bulannya. Ini berdasarkan fakta yang ada, dan sudah pernah mengalaminya. Sebelum mengambil langkah yang benar-benar positif, alangkah baiknya jika mau lanjut baca tipsnya berikut ini:

Usaha Ikan Hias-Pemilihan Jenis Ikan

Seperti ulasan di atas jenis ikan cupang sendiri ada dua macam, untuk hiasan dan cupan aduan. Cupang hias biasanya hanya digunakan untuk hiburan saja, dinikmati keindahan warna, tubuhnya, serta gerak dan bentuk. Sedangkan cupang aduan dipersiapkan hanya untuk aduan dalam laga saja.

Sisi positifnya ikan hias ini memang memiliki harga yang lebih mahal. Sementara itu, ikan cupang adu, tidak perlu memerhatikan keindahan, tetapi kemampuannya bertarung menjadi daya tarik utamanya. Harga cupang adu relatif lebih murah daripada cupang hias. Solusi penjual akan memberikan dorongan untuk maju, jadi manfaatkan betul.

Usaha Ikan Hias menguntungkan

Usaha Ikan Hias


Memilih Jenis Ikan yang Berkualitas 

Hal utama yang dapat memengaruhi proses jalannya usaha adalah pemilihan ikan. Sobat dapat memilih ikan yang berkualitas, karena dapat menghasilkan yang baik dan bagus berkualitas pula. Berikut beberapa tips memilih jenis ikan yang berkualitas baik untuk usaha ikan hias.

  • Memilih jenis ikan yang memiliki ekor dan sirip yang tebal, pada umumnya jika bentuknya tipis bisa dipastikan mudah diserang penyakit.
  • Ekor ikan akan terus memanjang dan akan timbul celah ekor dan sirip, itu pertanda kurang bagus. Untuk itu pilihlah jenis ekor yang berbentuk 180°.
  • Utamakan memilih bentuk sirip dan ekor yang rapi.
  • Pilih ikan yang memiliki badan yang besar, jangan yang hanya memanjang.
  • Pilih ikan yang memiliki pangkal ekor yang lebih besar.
Pemberian Pakan Ikan Cupang

Di dalam sekali masa perkawinan, ikan cupang biasanya akan menghasilkan 500—1.000 butir telur. Setelah 3 hari telur-telur menetas, disarankan untuk memberikan pakan kutu air. Ketika sudah besar, jangan sekali-kali memberikan pakan yang lebih banyak dari populasi ikan yang berada di dalam wadah. Hal ini dapat membuat wadah ikan Anda menjadi kotor, serta air menjadi cepat keruh.

Usaha Ikan Hias

Usaha Ikan Hias

Usaha Ikan Hias


Demikian sidikit ulasan tentang usaha ikan hias yang bisa info ikan bahas, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk membuka peluang bisnis yang lain pada masa datang.

Baca juga:
- Manfaat Memelihara Ikan Hias Aquarium Dirumah 
-Cara Budidaya dan Pemijahan Ikan Mas Koki Secara Alami  
- Daftar Harga Ikan Hias air Tawar Terlengkap Semua Kategory Sekarang Ini