December 6, 2016

Ikan Mas? Ini Dia Kandungan Gizi dan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Ikan Mas (Cyprinus carpio) Infoikan.com Suka mengoleksi ikan mas untuk konsumsi? atau membuat ramuan herbal ikan mas untuk kesehatan? Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar, dalam dagingnya tersimpan kandungan gizi yang bisa mencegah serta mengobati beberapa penyakit dalam tubuh kita dan juga memiliki rasa gurih sebagai pelengkap makan.

Dari kacamata ilmu kedokteran telah menemukan ringkasan kalau manfaat ikan mas berbeda dari ikan lainnya, yang pasalnya hampir semua daftar penyakit berat bisa di minimalisir dengan mengkonsumsi ikan mas ini, walaupun kekurangan ikan mas sendiri tetap ada. Nah..Lanjut baca Kandungan gizi dan manfaat ikan mas untuk kesehatan tubuh kita dibawah ini:

Manfaat Ikan Mas
 

Kandungan Gizi dan Manfaat dalam Ikan Mas

Dalam daging ikan mas terkandung protein, lemak, mineral, dan vitamin dengan komposisi yang pas. Itu merupakan kandungan gizi utama ikan mas. Berikut beberapa rincian jumlah gizinya: 

  • Kalori   (130)
  • Protein (16 - 18.3 g)
  • Energi (86 kkal)
  • Lemak (2 - 5,8 g)
  • Kalsium (20 mg)
  • Fosfor (120 mg)
  • Zat besi (2 mg)
  • Vitamin B1 (0,05 mg)
  • Kolestrol ( 67 mg)
Hasil teropong bedah daging ikan mas menemukan jenis protein DHA dan EPA dalam ikan atau suplemen minyak ikan memiliki beberapa manfaat, yaitu:
  •     Menurunkan kadar trigliserida
  •     Memperlambat pembentukan plak pada pembuluh darah
  •     Menurunkan tekanan darah
  •     Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke pada orang yang diketahui menderita penyakit jantung
  •     Menjaga kulit
  •     Meningkatkan fungsi otak
  •     Mencegah dan menunda demensia.
  •     Anti peradangan
  •     Melebarkan pembuluh arteri dan vena
Baca juga: 
- Ciri-Ciri Morfologi Ikan Mas Terlengkap
- Jenis-Jenis Ikan Mas Hias dan Konsumsi Terlengkap Beserta Gambarnya
- Jenis Ikan Mas Terlengkap Beserta Gambarnya

Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan Tubuh Kita

Ciri-ciri ikan mas secara umum memiliki sisik yang tebal serta membentuk lingkaran (sikloid), sekaligus terlihat berbentuk membulat yang menutupi seluruh tubuhnya, dan sidikit sekali yang mempunyai sisik sedikit. Selain memiliki khasiat yang bagus buat dikonsumsi, juga menambah keindahan halaman rumah dengan meletakkannya sebagai ikan hias. Berikut beberapa manfaat ikan mas: 

Manfaat Ikan MAs


1. Membantu Pertumbuhan tinggi badan

Ternyata dalam daging ikan mas terdapat kandungan omega 3, yang mana dapat membantu pertumbuhan tulang kita. Sangat baik untuk dikonsumsi anak yang menginjak usia puberitas, karena omega 3 ini memberikan rangsangan serta menstimulasi sel-sel untuk berkembang lebih cepat.

2. Mencegah Kanker

Salah satu penyakit dalam tubuh yang ditakuti kaum hawa adalah kanker payudara. Dari ilmu penelitian kedokteran, kandungan gizi ikan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara. Serta beberapa jenis kanker lainya seperti kanker usus kolon dan kanker prostat,

3. Manfaat Ikan Mas Mengurangi resiko radang sendi

Penyakit yang sekarang ini banyak di alami kaum laki-laki dan juga kaum perempuan. Manfaat ikan mas lainnya adalah mampu mengurangi resiko radang sendi. Dengan minyak ikan yang ada pada ikan mas ini, memiliki respon pada inflamasi atau pembengkakan. Sehingga sendi yang akan membengkak, mampu dinetralisir oleh kandungan minyak ikan.

4. Menyehatkan mata

Tentunya semua orang menginginkan matanya sehat selalu. Oleh lemak tak jenuh dalam tubuh kita, ternyata dapat membentuk struktur membran belakang mata. Jenis lemak tak jenuh yang penting bernama DHA. Ternyata minyak ikan memberikan manfaat mampu melawan penurunan macula, sindrom mata kering serta glaucoma.

5. Awet muda

Nah..bagi sobat pasti menginginkan agar tetap awet muda walaupun usia tua. Bisa mengkonsumsi ikan mas, karena manfaat ikan mas yang terdapat pada minyaknya, ternayat mampu menunda proses penuaan dini (keriput) serta mencegahnya. Hal ini khusus usia lanjut, bukan berarti secara maksimal ya..pemikiran sobat juga sangat mempengaruhi.

6. Menyehatkan mental

Percaya atau tidak, jika sobat sering mengkonsumsi ikan mas secara berkala bisa dipastikan mampu mengurangi stress dan depresi. Kandungan gizinya dapat mengontrol kenaikan darah sehingga mampu menyeimbangkan emosional kita agar selalu positif. Dengan begitu berimplikasi pada kesehatan mental anda.

7. Mengontrol Kadar Kolesterol

Hal ini yang bekerja adalah lemak ikan mas, yang mana dapat pengontrol kolestrol dalam tubuh kita. Karena kemampuanya yang mampu memacu keluarnya HDL dari jaringan tubuh dan membawa lagi ke hati, yakni kolestrol yang sifatnya baik untuk tubuh.

Manfaat Ikan Mas


8. Manfaat Ikan Mas - Mengurangi Resiko penyempitan Pembuluh Darah di Otak

Minyak ikan omega 3 Selain untuk mencerdaskan,juga terdapat fungsi DHA mampu digunakan untuk mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah di otak. DHA merupakan salah satu asam lemah tak jenuh yang cukup bekerja aktif dibagian otak. Penyebabnya adalah asam lemak di otak sebanyak 60% adalah DHA

9. Mengurangi resiko Aterosklerosis

Misalnya seperti kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein. Adanya asam lemak tak jenuh tersebut berimplikasi untuk menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis. Hal ini dalam suatu penelitian disebutkan bahwa kandungan dalam manfaat ikan mas terdapat EPA atau Eikosa Pentaenoat. Nutrisi tersebut jika digabungkan dengan DHA akan menjadi omega 3 kompleks yang mampu menurunkan kadar zat tubuh.

10. Meminimalisir penyakit jantung

Hal ini juga akan melebarkan pembuluh arteri yang menyempit akibat kelebihan lemak. Bahkan mengonsumsi 2 porsi seminggu mengurangi resiko kematian gagal jantung. Salah satu kandungan yang dimiliki oleh ikan mas adalah manfaat omega 3, yang baik untuk jantung arteri vena, yang membentuk sistem kardiovaskular. Fungsi lainya yakni mampu mengontrol detak jantung agar normal.

11. Manfaat Ikan Mas - Merendahkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan dalam ikan mas hanya terdapat lemak sebesar 2 gram saja. Sehingga mengkonsumsi ikan mas bukan suatu hal yang mengkhawatirkan. Pemicu utama tekanan darah tinggi (Hipertensi) adalah lemak jahat yang nantinya akan menimbulkan kolestrol.

Komponen utama minyak ikan ini adalah omega 3 yang memiliki fungsi mencegah datangnya lemak ke dalam tubuh. Kandungan lain yang cukup berperan dalam mengontrol kolesterol adalah manfaat minyak ikan.

12. Mengontrol berat badan

Manfaat ikan mas yang terdapat pada dagingnya juga hanya memiliki kalori rendah, sehingga cocok dimasukkan sebagai salah satu menu program diet. Keungggulan lainya yang dimiliki oleh ikan mas adalah mampu mengontrol berat badan. Dengan adanya kandungan penting dalam minyak ikan memiliki fungsi untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh.

13. Manfaat Ikan Mas - Mencerdaskan otak

Minyak ikan! Nutrisi DHA atau Docosa Hexaenoic Acid yang memiliki rantai panjang omega 3 dalam minyak ikan sangat merangsang perkembangan otak pada anak-anak. Banyak sekali iklan supplement yang menawarkan produk kecerdasan untuk sang buah hati. Apakah anda tahu, kandungan zat apa yang terdapat dalam supplement tersebut?

Rangsangan DHA mampu menguatkan memori pada otak, serta meningkatkan kemauan belajar pada anak. Di beberapa Negara maju seperti Amerika sudah menganjurkan pengonsumsian nutrisi tersebut. Akibatnya otak akan lebih berkembang dan membuatnya lebih pintar.

Sebaiknya hindari memasak ikan dengan minyak goreng. Untuk menjaganya agar tetap baik, maka cara memasaknya dengan disup, dikukus ataupun dipepes. Ikan mas memang baik dikonsumsi karena kaya akan manfaatnya. Namun bisa saja manfaat tersebut tidak beraati apa-apa jik salah mengolahnya. Kandungan lemak tak jenuh pada ikan mas mudah sekali rusak. 

Demikian sobat sedikit berbagi tentang manfaat ikan mas untuk kesehatan kita ini, semoga bermanfaat dan dapat memberi wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang meminimalisir berikutnya.