December 16, 2016

Ini Dia Cara Agar Cupang Jantan Tidak Makan Telur Ketika Ternak Cupang

Cara Mengatasi Supaya Cupang Jantan Tidak Makan Telur InfoIkan.com Suka memelihara ikan cupang? atau ternak ikan untuk usaha sampingan? Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan, keberadaannya mudah didapatkan terutama jenis ikan hias yang sekarang ini lagi naik daun populer. Cupang merupakan jenis ikan air tawar kecil yang mampu hidup bertahan lama dalam kondisi minim oksigen. 

Gambar Burayak Ikan Cupang


Sudah banyak yang membudidayakan ikan cupang ini, entah berhasil ataupun tidak karena memang dijadikan sebagai hoby. Cara pemijahan sendiri cukup mudah dilakukan, asalkan mau bersabar menunggu waktu keberhasilan. Ketika berhasil banyak yang mengeluh, mengapa demikian? pasalnya anakan atau telur cupang tadi banyak yang hilang, padahal sudah ada indukan didalamnya.

Nah..untuk sobat pemula yang pengen serius beternak cupang, kesempatan kali ini ada beberapa tips cara mengatasi supaya cupang jantan tidak makan telur ketika ternak ikan cupang hias. Kan jadi makin greget, tinggal menunggu hasil tumbuh besar malah hialng dulu. Berikut bebeapa cara mengatasi  agar indukan cupang jantan tidak makan telur:

Cara Mengatasi Supaya Cupang Jantan tidak Makan Telu

Salah satu faktor ketidakbehasilan seseorang beternak dan budidaya ikan hias khususnya ikan cupang adalah telur tidak menetas dan burayak pada mati. Berikut beberapa tips mengatasi hal itu:

1. Sebelum indukan cupang dipijahkan, buka dulu sekat yang ada agar terbiasa melihat suasana luar, sekaligus sifat garangnya atau agresifnya hilang. Yang bermanfaat nantinya dapat menghindari indukan jantan tidak akan makan telur.

2. Ketika sudah berhasil mengawinkan, usahakan untuk menyediakan tempat yang lebih besar. Hal ini untuk mengantisipasi perkembangan dan pertumbuhan agar cepat besar. Dan juga mengantisipasi indukan jantan makan telur, waaupun dari awal sudah dilatih.

3. Setelah dirasa muncul telur, pindahkan indukan betina dan jantan, hal ini untuk menghindari telur tersebut dimakan indukan jantan. dan jangan khawatir dengan telur tadi, karena jika menetas masih ada makanan untuk burayak yaitu sisa kuning telur pembungkus.

Cara Lain Agar Cupang Jantan tidak Makan Telur Ternak Cupang


Jika cara diatas sudah dipraktekan namun belum ketemu juga solusi, sobat bisa mengganti indukan jantan dengan yang lainnya, yang tentunya cerdas dan tepat dalam memilih indukan yaitu yang siap untuk kawin dan berumur.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang cara mengatasi supaya cupang jantan tidak makan telur ini, semoga bermanfaat dan dapat berhasil dalam beternak jenis ikan hias lainnya yang khususnya ikan cupang ini.