December 17, 2016

Ini Dia Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar InfoIkan.com Hoby merawat ikan cupang? atau memelihara cupang untuk aduan? Siapa sih yang tak kenak dengan cupang, salah satu ikan yang mudah dalam perawatannya, serta merupakan salah satu jenis ikan kecil yang tahan lama dan tidak mudah mati.

Banyak sekali yang sudah membudidayakan ikan ini, baik untuk untuk dipelihara sendiri maupun dijadikan sebagai bisnis ikan hias. Mungkin karena sekarang ini penggemar cupang semakin banyak, serta mudahnya dalam mencari pakan untuk perawatan. 

Bagi sobat yang pemula yang ingin mengetahui makanan ikan cupang agar cepat besar, cocok sekali dengan artikel kali ini. Info ikan akan memeberikan beberapa contoh makanan yang terbaik bagi pertumbuhan cupang dari mulai burayak sampai yang sudah dewasa. berikut beberapa makanan ikan cupang cepat besar:

Jenis Pakan Ikan Cupang Yang bAik Buat Pertumbuhannya


Makanan Ikan Cupang Agar cepat Besar


Usahakan untuk memberi pakan yang sesuai dengan ukuran mulut cupang, hal karena dapat membahayakan pertumbuhan ikan.
 
1. Jentik Nyamuk
   
 Cara merawat ikan yang baik harus memberi pakan yang baik pula, yaitu jenis pakan yang terdapat banyak protein dan nutrisi, salah satunya adalah jentik nyamuk ini, agar pertumbuhan cupang cepat besar sekaligus terjaga kesehatannya.

Untuk mendapatkan jentik nyamuk ini, sobat tak harus susah-susah mencarinya. Biasanya genangan air seperti selokan, bak mandi, sawah, parit dan lainnya. Usahan untuk mencuci dulu sampai bersih.

Cara pemberian jentik nyamuk untuk pakan burayak maupun cupang harus menyesuaikan. Pilih yang masih larva untuk burayak atau anakan cupang. Ciri-ciri larva biasanya ketika dipermukaan air berbadan kebalik dan jangan sampai memberi kepompong nyamuk, yang akan menyebabkan perut ikan cupang sakit.

Jentik Nyamuk Jenis Makana Ikan Cupang


2. Kutu Air

Makanan ikan agar cepat besar yang kedua adalah kutu air.Cara memberikan pakan ketika burayak umur 3 hari, yang mana kutu air ini akan bergerak-gerak dipermukann air. Walaupun kandungan lemaknya sedikit, sangat baik juga jenis pakan untuk cupang.

Khasiat dan manfaat kutu air untuk ikan cupang ini terletak untuk memperkuat tulang dan cara alami menambah warna cupang. Kuti air merupakan salah satu makanan favorit jenis cupang dewasa.

Mudah sekali untuk mendapatkan kutu air ini, seperti ulasan diatas tadi bisa disungai, genangan air, atau parit. Jika sobat ingin membuat kutu air sendiri, baca lebih lanjut: Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit  

Kutu Air Jenis Makanan Ikan Cupang Cepat Besar
 

3. Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar - Cacing Sutra


Cacing sutra merupakan jenis pakan cupang yang cocok juga untuk menambah pertumbuhan ikan. Cara memperolehnya cukup mudah, biasanya ditepi sungai atau parit dan selokan akan ada warna merah lembut, itu merupakan cacing sutra.

Cacing Sutra Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Besar


Cara alternatif mendapatkan cacing sutra untuk pakan cupang, sobat bisa membelinya ditoko terdekat kota sobat. Harga cacing sutra juga sangat murah untuk dibawa pulang. Manfaat cacing sutra untuk ikan cupang akan mempercepat pertumbuhan serta menambah gizi dan protein cupang.

Yang perlu dijaga adalah masalah kebersihannya, biasanya cacing sutra akan membawa lumpur bekas dia tinggal, maka cucilah sampai bersih agar cupang keadaan sehat serta memberi efek yang baik untuk air aquarium.

Cacing Sutra jenis Pakan Ikan Cupang yang Baik


4. Microworms

Microworms merupakan salah satu jenis makanan ikan cupang agar cepat besar. Walaupun bentuknya sangat kecil, dengan memiliki gerakan yang lincah yang dapat menark perhatian cupang, akan tetapi kaya akan kandungan nilai gizi dan zat protein yang ada dalamnya. 

Cara memperoleh Microworms untuk pakan cupang sangat mudah, ditoko terdekat sobat sudah banyak yang menyediakan. Untuk mempermudah, budidaya aja Microwormsnya. dengan cara masukkan saja kedalam toples dan kasih makan berupa roti tawar.

Microworms Jenis Makanan Ikan Cupang


5. Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar - Kuning Telur
 
Kuning telur hanya dijadikan pakan ikan cupang secara alternatif saja. Pasalnya jika kebanyakan memberikan, air aquarium akan cepat keruh dan kotor. Cara pemberian kuning telur untuk makan ikan cupang mudah sekali, berikan telur ni pada cupnag dalam keadaan matang, idealnya kukusan. 

Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar


Demikian sobat sedikit ulasan tentang makanan ikan cupang agar cepat besar untuk pertumbuhannya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua dalam hal perawatan jenis ikan hias lainnya.