December 21, 2016

Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya

Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya Infoikan.com Hoby memelihara ikan hias? atau budidaya ikan hias untuk usaha sampingan? Ikan hias merupakan salah satu komoditas dengan nilai jual lebih mahal dibandingkan ikan konsumsi. Dalam perawatan dan pemeliharaan tak jarang timbul penyakit pada ikan.

Pada umumnya penyakit jenis virus dan bakteri yang suka muncul dan mengganggu ikan ini. Jika tidak segera diatasi biasanya akan berakhir kematian pada ikan peliharaan sobat. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, mencegah dan mengatasi jenis penyakit ikan baik untuk ikan hias maupun ikan konsumsi adalah sebuah keharusan.

Biasanya dialami oleh pemula yang kurang tau dengan cara memberikan obat vitamin maupun makanan yang berlebihan pada ikan hias ini, sehingga air menjadi keruh dan timbulnya bakteri pada wadah sobat. Berikut beberapa macam jenis penyakit yang bisa menyerang ikan hias sekaligus cara mencegah dan mengatasinya:

Gambar Jenis Penyakit Ikan Hias


Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasinya


1. Jenis Penyakit Ikan - Luka pada Tubuh

Gambar Jenis Penyakit Ikan Lele

Penyakit ini pada umumnya disebabkan karena jumlah ikan dalam wadah terlalu padat, akibat kutu ikan yang menyebabkan tubuh menjadi gatal sehingga sering menggososkkan tubuhnya yang menjadikan luka. 

Cara mencegah dan mengatasi penyakit ini diantaranya, mengatur suhu udara air. Jangan memberikan pagar pembatas atau tanggul yang terlalu tajam, biasanya luka ikan diakibatkan oleh tabrakan dengan ini.

Cara mengobati Luka Ikan pada Tubuh
Sediakan wadah dengan air, kemudian campur atau beri larutan Gesund BL 250, masukkan ikan tadi kedalam wadah dan tunggu sampai 50 menitan. Lakukan secara teratur selama 2 - 3 hari sampai penyakit pada ikan hilang dengan tanda dapat mengeluarkan nanah.

Mengatasi Luka Ringan pada Ikan
Berbeda lagi jika lukanya agak ringan, atasi dengan larutan Gesund Blue Magic saja. Hindari bahan kimia saat masa pengobatan, seperti carbon, ceramic ring dan batu zeloid.

Gambar Jenis Penyakit Ikan Luka Tubuh


2. Jenis Penyakit Ikan - Sisik Menggembung

Gambar Jenis Penyakit Ikan sisik Menggembung

Pada umumnya penyakit sisik menggembung ini ditimbulkan oleh bakteri, mungkin karena lingkungan sekitar kurang sehat, yang lebih parahnya lagi terdapat sisa makanan yang menumpuk atau sisa metabolisme.

Cara mencegah Penyakit
Jika terlihat ikan terkena penyakit, segera ambil dan taruh ditempat yang berbeda, melengkapi perlengkapan kolam atau aquarium dengan filter yang cocok, serta lakukan perawatan secara rutin dan berkala. 

Penyakit sisik menggelembung ini pada umumnya sisik akan akan membalik keatas yang akhirnya dapat mengelupas, dan bentuknya seperti duri yang tersusun rapi seperti piramid, jika tidak segera di atasi akan menyebar pada yang lain.

Cara Mengobati Penyakit Ikan Sisik Menggembung
Seperti diatas, sobat dapat menyediakan Gunakan Gesund Blue Magic, dengan dosis 1 g untuk 300 - 400 air, jika penyakit sudah parah gunakan dosis 1 g untuk 200 liter air, lakukan cara ini secara rutin 2 - 3 hari sampai penyakit sembuh.  

sediakan juga larutan atau obat Gesund Safe jika dirasa penyakit semakin menyebar dan parah, serta sobat dapat mencuci ikan agar bersih dengan larutan Gesund Biotika. Usahakan untuk menghindari bahan kimia seperti keterangan diatas.

3. Jenis Penyakit Ikan - Penyakit Fin Rot


Gambar Jenis Penyakit Ikan Fin Root
 
Jenis penyakit ikan yang banyak terjadi biasanya air kolam sobat keadaan kotor, menularnya penyakit. Gejala yang terlihat meuncul warna gelap kemerahan layaknya pendarahan pada sirip ikan, kemudian akan merambat pada sisik sebelahnya sampai habis dan warna berubah menjadi pucat. Jika penyakit ini tidak segera diatasi akan merambat pada tubuh ikan.

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Ikan Fin Rot
Lakukan penyuluha, isolasi, dan karantina pada kolam ikan.
Ganti air sesering mungkin, lakukan pemupukan pada kolam sampai bersih.
Lalu taburkan garam pada kolam ikan.

Untuk wadah aquarium, cara mengatasi penyakit ini bisa sediakan antibiotik seperti Super tetra, Ampicillin, dan lain yang sejenis dengan dosis cukup 1 tetes setiap aquarium, atau bisa juga menggunakan General Tonic (bisa merk Rid All, Tetra).

Stelah itu, setelah 2 - 3 hari pengobatan sobat dapat mengganti air aquarium atau kolam. Lakukan cara mencegan dan mengatasi penyakit pada ikan ini secara teratur sampai terlihat ikan kembali sehat dan segar.

Demikian sedikit ulasan tentang jenis penyakit ikan dan cara mengatasinya ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenajng perawatan berikutnya.

Baca juga:
-Macam-Macam Penyakit Pada Ikan
-Penyakit Jamur pada Ikan Saprolegnia Sp
-Ikan Louhan Stress dan Terserang Penyakit ? Penyebab dan Solusinya