January 22, 2017

Cara Budidaya Ikan Bawal Agar Cepat Besar dan Panen

Budidaya Ikan Bawal Infoikan.com Ikan bawal adalah jenis ikan air tawar yang mudah ditemukan. Beternak ikan bawal sangat mudah sekaligus sangat menguntungkan walaupun bagi pemula. Karena harga ikan bawal yang ekonomis, serta dibutuhkan oleh banyak orang menjadikan permintaan selalu datang, apalagi searang banyak tersedia resep ikan bakar bawal yang sudah merajalela.

Untuk melakukan perawatan, cukup menyediakan saja makanan ikan bawal supaya cepat besar. Banyak yang sudah menyediakan jenis pakan ikan ini, baik alami maupun sudah menjadi pelet. Berikut langkah-langkah budidaya ikan bawal:

pakan ikan bawal agar cepat besar
BenihIkan.WordPress.com

Budidaya Ikan Bawal untuk Usaha dan Bisnis Sampingan

Penyiapan Kolam 

ikan bawal adalah
benihbawal.blogspot.com

Kolam untuk budidaya ikan bawal dipersiapkan seperti halnya ikan air tawar lainnya. Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup. 

Berikut merupakan langkah-langkah dalam menyiapkan kolam untuk ikan bawal:

budidaya ikan bawal di kolam terpal
tips-ukm.com

1. Mula-mula kolam dikeringkan sehingga tanah dasarnya benar-benar kering. Tujuan pengeringan tanah antara lain:
  1. Membasmi ikan-ikan liar yang bersifat predator atau kompetitor (penyaing makanan).
  2. Mengurangi senyawa-senyawa asam sulfida (H2S) dan senyawa beracun lainnya yang terbentuk selama kolam terendam.
  3. Memungkinkan terjadinya pertukaran udara (aerasi) diperalatan kolam, dalam proses ini gas-gas oksigen (O2) mengisi celah-celah dan pori-pori tanah.
2. Sambil menunggu tanah dasar kering, pematang kolam diperbaiki dan diperkuat untuk menutup kebocoran-kebocoran yang ada.

cara pemijahan ikan bawal
www.jualbibitikan.ga


3. setelah dasar kolam benar-benar kering, lakukan pengapuran dengan kapur tohor maupun dolomit dengan dosis 25 kg per 100 m2. Hal ini untuk meningkatkan pH tanah, juga dapat membunuh hama maupun patagon yang masih tanahn terhadap proses pengeringan.

harga ikan bawal
ikanbawalberkualitas.blogspot.com


4. Kolam pembesaran budidaya ikan bawal tidak mutlak harus dipupuk. Ini dikareakan makanan ikan bawal sebagian besar diperoleh dari makanan tambahan atau buatan. Tapi bia di pupuk dapat menggunakan pupuk kandang 25 - 50 kg m2 TSP 3 kg/100 m2. Pupuk kandang yang digunakan benar-benar sudah matang, agar tidak terjadi racun bagi ikan.

harga bibit ikan bawal


5. Kolam diisi air setinggi 2 - 3 cm dan dibiarkan selama 2 - 3 hari, kemudian air kolam ditambah sedikit sampai kedalaman awal 40 - 60 cm dan terus diatur sampai ketinggian 80 - 120 cm tergantung kepadatan ikan. Jika warna air sudah hijau terang, baru benih ikan bawal ditebar (biasanya 7 - 10 hari setelah pemupukan).

budidaya bawal di kolam beton
JualBibitBawalAirTawar.blogspot.com


Pemilihan Bibit dan Pembenihan Budidaya Ikan Bawal
Pemilihan biit ikan dalam budidaya ikan bawal merupakan sebuah keharusan. Bibit yang baik akan menghasilkan ikan berkualitas. Adapun ciri-ciri bibit ikan bawal yang baik dan bagus mempunyai ciri-ciri berikut:

pakan ikan bawal agar cepat besar
ilmuikan.com

  1. Tubuh sehat dan terlihat segar
  2. Anggota tubuh lengkap dan tidak cacat.
  3. Aktif bergerak
  4. Ukuran tubuh seragam
  5. Tidak menyakitkan 
  6. Berasal dari induk unggul.

pembesaran Budidaya Ikan Bawal

Setelah budidaya ikan bawal, pertama kali larva akan ada hasilnya yaitu pemijahan yang berumur 30 hari kemudian dibesarkan di kolam penampungan. Lama pembesaran di kolam ini dapat dilakukan hingga 3 bulan. Biasanya anakan bawal ukuran 5 inc sudah dapat dijual.

Selanjutnya bibit ikan dipindahkan ke kolam pembesaran. Sebelum disebar anak ikan, kolam pembesaran harus kaya unsur hara. Kolam terlebih dahulu ditaburi pupuk kandang dan pupuk buatan. 

Usaha budidaya ikan bawal untuk pembesaran ikan bawal air tawar, merupakan usaha yag cukup menguntungkan. Kunci suksesnya adalah kesabaran dalam memlihara ikan.

pakan ikan bawal agar cepat besar
Benih-Ikan.com

Pemberian Pakan Budidaya Ikan Bawal
Berikut pakan ikan bawal agar cepat besar: 
Dalam budidaya ikan bawal, kualitas dan kuantitas pakan sangat penting dalam budidaya ikan, karena hanya dengan pakan yang baik ikan dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita inginkan. 

Kualitas pakan yang baik adalah jenis pakan yang mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral. Karena ikan bawal bersifat omnivora, maka makanan yang diberikan bisa berupa daun-daunan maupun berupa pelet.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan bawal ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjng perawatan semua jenis ikan air tawar berikutnya. 

Baca juga:
-Budidaya Ikan Gurame untuk Pemula yang Menghasilkan
-Ternak Ikan Nila ini Untung Jutaan Sekali Panen
-Kandungan Gizi pada Ikan Secara Umum