January 25, 2017

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis untuk Pemula

Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis Infoikan.com Membuat kolam ikan minimalis maupun kolam ikan untuk budidaya semua jenis ikan khususnya ikan konsumsi sangatlah mudah, Sebenarnya dalam membuat kolam yang pertama diketahui yaitu prinsip-prinsip dan persyaratan. 

Persyaratan teknis yang harus dipenuhi disini antara lain, kolam yang sudah jadi nantinya harus mudah diisi air dan dikeringkan setiap saat jika dikehendaki, tidak kekeringan bila musim kemarau tiba, dan jika musim hujan tidak pernah kebanjiran. 

Namun memang diakui tidak jarang kolam yangg dibuat dapat dialiri hanya mengandalkan air hujan yag turun. Itupun resiko kekeringan jika musim kemarau kepanjangan. Maka cara membuat kolam ikan minimalis yang demikian tidak dapt dikatakan kolam yang memenuhi syart teknisi jika dipandang dari budidaya ikan. 
Baca juga: 71 Desain Kolam Ikan Minimalis
cara membuat kolam ikan hias minimalis



Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis untuk Pemula

Dua hal pokok yang harus diperhatikan betul dalam membuat kolam ikan yaitu, tanah dan air. Sebab kedua pokok tersebut akan menentukan bentuk, luas, dan banyaknya kemiringan tanahnya (topografi). 

Sedangkan air yang harus diperhatikan selain banyaknya air yang dikenal dengan debit air, juga sifat-sifat fisika, kimia dan biota yang terdapat dalam air tersebut, dan tergolong dalam kualitas air. selain itu harus kontinutas penyedia air yang cukup selama musim pemeliharaan.

cara membuat kolam ikan koi yang benar

cara membuat kolam ikan dari beton


Jenis Tanah dalam Membuat Kolam Ikan Minimalis
Tanah yang baik untuk membuat kolam ikan minimalis adalah yang berjenis tanah liat atau lempung yang sedikit kandungan pasir. Tanah ini dengan mudah dapat dikenali dengan cara menggenggam tanah tersebut. Jika mudah terbentuk, tidak pecah dan tidak melekat pada tangan berarti jenis tanah lempung yang sedikit berpasir.

Jenis tanah kedua dalam membuat kolam ikan minimalis adalah jenis tanah beranjangan atau terapan dengan kandungan tanah liat sekitar 30%. Kedua jenis tanah liat ini terbukti mampu menahan masa air yang besar dan tidak bocor. Sehingga dapat dibuat pematang yang kuat dan kokoh.

Pembuatan Pematang dari tanah ini tidak sulit dan penambahan biaya yang tidak perlu dapat dihindari, misalnya saja untuk membuat pagar bambu pada tepi pematag. 

Selain kedua jenis tanah bagus itu, jenis tanah yang baik untuk membuat kolam ikan minimalis adalah jenis tanah berfraksi kasar. Hanya saja tanah ini pada mulanya akan megalami sedikit kesulitan untuk menahan air. 

Sedadangkan jenis tanah yang mengandung banyak pasir maupun kerikil, apalagi yang berbatu, tidak cocok sama sekali untuk membuat kolam ikan minimalis biasa. Salah satunya membangun kolam yang kondisi demikian adalah dengan menmbok dengan semen atau membangun pasangan batu kali pada seluruh pematang, termasuk juga dasarnya.

Selain tekstur tanah, dalam membuat kolam ikan yang harus diperhatikan adalah kemiringan tanah yang akan dibuat lokasi perkoaman tersebut. Tanah yang terlalu miring akan menyulitkan membuat kolam. 

kemiringan tanah yang dianggap baik untuk lokasi perkolaman atau kolam adalah bekisar antara 3 - 5%, artinya dalam 100 m panjang pekarangan perbedaan tingginya sekitar 3 - 5 m. Namun pada kenyataannya sulit di dapat.

Jenis Tanah untuk Budidaya Ikan
ilmuikan.com

Jenis Tanah untuk Budidaya Ikan
agrinak.com


Cara Memilih Air untuk Membuat Kolam Ikan Minimalis
sebagai sumber air dapat digunakan air sungai atau saluran pengairan lainnya. Idealnya air ini harus sepanjang tahun, dalam arti tidak berlimpah sampai meluap ke dalam kolam jika musim hujan tiba. Sedapat mungkin air ini bisa didapat dengan mudah tanpa harus menggunakan alat bantu.

Untuk memperoleh air membuat kolam ikan minimalis dengan mudah dan cukup, sumber air harus berada di atas atau paling tidak sama dengan dasar tanah sebelum kolam dibuat. Dengan demikian sungai atau saluran pengairan tersebut harus mempunyai pematang yang kokoh untuk menjaga jangan sampai airnya meluap ke dalam kolam.

Satu hal lagi yang harus diingat jika Anda membuat bendungan sederhana ialah permukaan air tertinggi pada sungai atau pengairan tersebut. Dengan adanya bendungan omotamis aliran ai akan terhambat, oleh karena itu perbedaan tiggi pematang saluran atau permukaan tanah dengan permukaan air trtinggi minimal 25 cm.

Selain letaknya yang harus tinggi atau minimal sama dengan tinggi tanah pekarangan, air yang akan dipergunakan diharapkan dapat mencukupi. Oleh kerenanya sebelum segala sesuatu dikerjakan harus kita ketahui juga banyaknya air yang mengalir pada sungai tersebut.

Jangan sampai memilih air yang sebelumnya terdapat sebuah pabrik, secara otomati lama-kelamaan air dalam kolam ikan akan mempengaruhi juga terhadap pertumbuhan perkembangan budidaya ikan kita.

hal inilah yang harus kita ketahui dan pahami secara pasti. Sebab bisa air sungai tersebut keadaan jernih, namun setelah diamati lebih jauh ternyata mengandung gas beracun atau kandungan oksigennya rendah, atau juga suhunya terlalu tinggi.

jenis air yang baik untuk budidaya ikan

cara membuat kolam ikan sederhana


Jumlah Gas yang Terlarut dalam Air Kolam Ikan
hal pertama yang harus mendapatkan perhatian saat membuat kolam ikan adalah kandungan oksigen terlarut dalam air. seperti diketahui, oksigen memang peranan penting di dalam kehidupan seluruh makhluk. Hanya saja ada perbedaan antara oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk darat dengan makhluk air seperti ikan.

Ikan akan mengisap oksigen jika dalam air banyak oksigen terlarut. Memang ada beberapa jenis ikan yang mengisap oksigen bebas di udara seperti lele, gurame, tambakan, dan lainnya. Namun, pada umumnya ikan-ikan itu juga membutuhkan oksigen terlarut meskipun tidak sebanyak ikan-ikan lainnya.

cara membuat kolam ikan nila
budidayaleleku.com


Dalam membuat kolam ikan minimalis, oksigen yang terlarut dalam air sebanyak 5 - 6 dalam air dianggap paling ideal untuk tumbuh berkembang ikan dalam kolam. Jika keadaan kurang mengizinkan sehingga kandungan oksigen terlarut dalam air hanya 2 ppm, maka masih memungkinkan air tersebut masih dapat dijadikan sumber air kolam.

Gas yang kedua yang harus diperhatikan, yaitu karbondioksida atau yang lebih dikenal dengan nama zat asam arang. Meskipun secara langsung tidak dibutuhkan oleh ikan, namun diperlukan pada proses fotosintesa media hidup di kolam. 

Karbondioksida ini digunakan sebagai bahan bakar untuk membuat zat pati dalam butir hijau daun tumbuhan air. Pada kenyataannya karbondioksida ini nantinya merupakan hasil buangan dari ikan dan makhluk air lainnya.

Gas yang dianggap beracun bagi ikan antara lain amoniak dalam bentuk senyawa NH3. Biasanya hasil pembongkaran protein misalnya sampah-sampah organis seperti daun-daunan dan lainnya. 

Kandungan amoniak dapata ditemukan pada sampah yang mengendapa di dasar kolam, selama kandungan amoniak ini tidak lebih 3 ppm, masih aman bagi kehidupan ikan.

cara membuat kolam ikan hias agar tidak bocor
indonesiasubur.blogspot.com


Menentukan pH Air dalam Membuat Kolam Ikan
Keasaman air atau yang populer dengan istilah pH air untuk membuat kolam ikan sangat berperan dalam kehidupan ikan. Pada umumnya pH yang cocok dan baik untuk semua jenis ikan berkisar antara 6,7 - 8,6. 

Namun begitu ada jenis ikan yang karena ligkungan hidupnya di rawa-rawa, mempunayi ketahanan untuk tetap hidup pada kisaran pH yang sangat rendah ataupun tinggi, yaitu antara 4 - 9, misalnya ikan sepat siam.

cara membuat kolam ikan hias agar tidak bocor
CaraBudidayaTernak.net
cara membuat kolam ikan hias agar tidak bocor
EdgeOfHeaven.net


Mengatur Suhu Air Membuat Kolam Ikan 
Suhu air dalam membuat kolam ikan minimalis adalah salah satu sifat yang dapat mempengaruhi nafsu amakan dan pertumbuhan badan ikan. Suhu air yang optimal di daerah tropis biasanya berkisar antara 25 - 30 derajat C.sedangkan perbedaan suhu antara siang dan malam boleh melebihi 5 derajat C apalagi jika sampai mendadak drastis.

Suhu air juga mempengaruhi terhadap pertukaran zat-zat atau metabolisme dari makhluk hidup. Keadaan ini jelas terlihat dari jumlah plankton dari daerah yang beriklim sedang relatif lebih banyak dibandingkan pada perairan di daearah tropis.

Suhu juga mempengaruhi kadar oksigen yang terlarut dalam air. Semakin tinggi suhu perairan semakin sedikit oksigen yang dapat terlarut di dalamnya. Hal ini dapat diibaratkan dengan panasnya air di kompor, yang terlihat adanya gelembung udara yang naik ke permukaan dan terlepas.

rahasia membuat kolam ikan hias

rahasia membuat kolam ikan hias


Menghindari Kekeruhan Air dalam Membuat Kolam Ikan
Kekeruhan air ini berbeda dengan yang lain, karena langsung dapat dilihat dan dirasan oleh panca indra kita. Dalam membuat kolam ikan minimalis jika airnya terlalu keruh, maka kurang baik untuk pertumbuhan ikan. Jika keruhnya oleh plankton hal ini memang menjadi harapan kita. 

Namun, jika keruhnya oleh nedapan lumpur yang terlalu tebal atau pekat, itulah yang meminta perhatian kita. Kandungan lumpur yang terlalu pekat dalam air akan mengganggu penglihatan ikan dalam air, sehingga menjadi salah satu sebab kurangnya nafsu makan ikan.

Jika air dalam membuat kolam ikan minimalis dari sumber mata air, situ, atau waduk, biasanya kejernihannya tidak perlu diragukan lagi. Tetapi air seperti ini dapat menimbulkan permasalhan baru meskipun tidak terlalu berat, karena air tersebut miskin akan bahan organis, sehingga membutuhkan pupk yang relatif banyak. 

Jenis pupuk yang biasa dipakai yaitu, kotoran kambing, ayam, itik, sapi, kerbau, dan segala macam pupuk kandang lainnya. Pemberiannya disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan, jangan sampai berlebih sebab akan menimbulkan pembusukan.

Kualitas air dalam membuat kolam ikan penting diketahui, terutama jika lokasi kolam atau unit perkoaman berada di dekat, atau di pinggir kota. Karena jensi air pada umumnya sudah tercemar limbah pabrik, sampah, kotoran, bekas oli, dan minyak bengkel.

Berbeda dengan lokasi kolam yang berada di pedesaan biasanya kondisi air masih belum banyak tercemar. Sungai yang demikian masih memberikan jaminan kualitasnya. 

cara membuat kolam ikan kecil

cara membuat kolam ikan kecil



Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Membuat sebuah kolam ikan pada hakekatnya adalah membuat suatu pematang yang kokoh, yang mampu menahan masa air besar. Oleh karenanya faktor tanah yang merupakan bahan baku maupun dasar dari kontruksi kolam yang akan dibuat, haruslah mendapat perhatian dalam pembuatan kolam ini.

Untuk mendapatkan kolam yang memenuhi syarat teknis, yaitu mudah diisi air dan dikeringkan, haruslah dengan memadukan antara kegiatan penggalian tanah dan penimbunan tanah.

Kegatan ini penting sekali diketahui khususnya bagi pemula yang pertama kali akan membangun dan membuat kolam di pekarangan, karena sangat berpengaruh bukan saja dari segi teknis, yaitu sesuai tidaknya kolam tersebut. 

Gambar Desain Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis
alamtani.com

Desain Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Gambar Desain Terbaik Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis sederahan


Gambar Desain Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis

Gambar Desain Cara Membuat Kolam Ikan Minimalis


Dari pengalaman membuat kolam ikan di lapangan menunjukkan bahwa kolam-kolam yang dibuat meskipun tidak pakai ilmu dengan jalan menggali dan menimbun bersama-sama, merupakan kolam yang ideal karena mudah diisi air dan dikeringkan.

Karena massa air yang ditampungnya sangat besar, maka kuda-kuda pematang tersebut harus kokoh. Tidak heran jika pada umumnya bentuk pematang trapesium. Bagian yang lebar berada di bawah karena berfungsi menahan massa air yang besar.

Setelah pembuatan kolam ikan selesai lengkap dengan pintunya pemasuk air dan keluar air, pada dasar kolam harus dilengkapi dengan saluran tengah atau kemalir. 

Saluran tengah ini dibuat dengan jalan menarik garis luruh dari pintu pemasukan air. Ukurannya cukup lebar 40 cm dengan kedalaman 20 cm. Saluran tengah ini akan memgangi peranan yang penting pada saat panen, terutama panen benih. 

Sebenarnya dasar dari pintu pembuangan air tadi - monik dan sistem sipon - haruslah sesuai dengan dasar kemalir. Ini dimaksudkan agar air yang berada di kolam tersebut seleuruhnya dapat terkuras habis, sehingga memungkinkan benih-benih ikan tertangkap seluruhnya.

Gambar Cara Membuat Kolam

Gambar Membuat Kolam Ikan Minimalis


Setiap petani biasanya cara membuat kolam ikan minimalis ini berbeda namun intinya sama. seperti menmbahi petakan berbentuk persegi panjang yang diberi nama kookan dan berfungsi memudahakan penangkapan benih. Demikian sedikit ulasan semoga bermanfaat..

Baca juga:
-Cara Terlengkap Membuat Kolam Ikan
-Cara Membuat kolam Ikan Koi Untuk Pemula
-Cara Termudah Memelihara dan Budidaya Ikan Koi Terlengkap