January 17, 2017

Ikan Betta (Fighting Fish) dan Cara Budidayanya

Budidaya Ikan Betta  (Fighting Fish) Infoikan.com Ikan betta atau ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Nama-nama ikan betta atau cupang sangat beragam, dari mulai harga yang murah sampai harga termahal. Tak hanya itu, untuk membuat makanan ikan betta ini cukup mudah, maka tak heran jika sekarang ini betta ini semakin populer saja.

nama nama ikan cupang
budidaya-ikan-mudah


Klasifikasi Morfologi dan Sistematika Ikan Betta
Ordo              : Percomorphoidei
Sub-Ordo        : Anabantoidea
Famili             : Anabantidae
Genus            : Betta
Spesies           : Betta splendent Regan
Asal                : Thailand, Malaysia, dan Asia Tenggara
Nama Inggris   : limbing Perch atau Walking Fish
Nama Lain      : Laga


 ikan cupan hias termahal
suherlin.com


Ciri-Ciri Ikan Hias Betta
Di khalayak penggemar ikan hias di Indonesia, ikan yang gemar "adu jotos" ini lebih populer dengan sebutan ikan cupang. Sebutan ini sebetulnya salah kaprah, karena ikan yang bernama cupang sama sekali tidak suka berlaga. Nama latinnya pun lain. Kalau ikan adu siam alias ikan laga Betta splendens, maka ikan cupang nama latinnya Ctenops vittatus. Bentuk dan warna tubuhnya pun lain. Kecantikan adu siam jauh lebih memukau ditimbang cupang.

Ada 3 macam ikan laga yang masuk dalam jenis splendens ini. Dan ketiganya cantik-cantik dan banyak digemari terlebih sang jantan, yang kecuali gemar berhantam kalau di pertemukan dalam satu tempat, warna tubuh dan sirip-siripnya pun cantik sekali.

betta splendens
biftah.com


Jenis Ikan Betta Antara Lain:
1. Betta atau Siamese (Fighting Fish) Ikan Adu Siam
Ciri-ciri berukuran paling panjang 5 - 6 cm, 'dengan warna suka berkembang, merah, hijau, biru, dan kombinasi dengan warna tersebut.

 makanan ikan cupan
ikanhias-id.blogspot.com

2. Split-Tailed Betta (ekor cagak), 
Yang panjangnya 7,5 cm, berwarna sama dengan betta.

betta imbelis
hobisampinganku.blogspot.com

3. Libby Betta
Panjang sampai 10 cm dengan warna sama dengan betta pula.

harga ikan cupang
cara,pro


Bentuk ikan laga ini memanjang agak pipih dan ramping. Warna ikan hias ini sebenarnya worna-warni dengan warna dasar seperti disebutkn diatas. Yang menonjol dari ikan-ikan ini adalah sirip-siripnya terlebih si jantan yang indah.

cara merawat ikan cupan
dwibeautiful.blogspot.com


Sifat-Sifat Ikan Hias Betta (Fighting Fish)

ikan cupang aduan
dwikrt.blogspot.com

Ikan adu siam memiliki temperamen yang mudah "meledak". Namun demikian, ia tergolong ikan sentimentil terlebih menghadapi keturunannya. Ini dibuktikan dengan rasa sayangnya menjaga burayak anakan yang masih kecil. Ia juga sering menyiapkan busa pada akar tanaman sebelum mengajak si betina (bertubuh lebih jelek) berbulan madu.

Satu hal yang tak boleh dilakukan, jangan mencampur dua pejantan dalam satu tempat. Akibatnya sudah bisa diduga. Mereka tanpa alasan yang diketahui langsung saja pasang jurus mengadu selama berjam-jam, sampai ada diantara mereka yang keok atau mengundurkan diri, dengan tubuh penuh memar dan sirip yang compang-camping kena sabet juruh lawannya.

nama nama ikan cupang
infofaunadunia.blogspot.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Hias Betta

Untuk budidaya ikan hias betta lain dengan ikan umumnya, dalam melakukan perawatan ikan hias lain harus memerlukan tempat lebih luas, sedangkan betta ini cukup disediakan berikut ini:

ikan cupan hias termahal
Google+

  1. Akuarum kecil, bisa ember plastik, baskom, atau toples.
  2. Kondisi air tidak pilih-pilih asal bersih dan diendapkan lebih dulu. Suhu paling ideal antara 23 - 31 derajat C. Tapi untuk kesukaan pemijahan ini sebaiknya disediakan air bersuhu 25 derajat C dan ini tidak sulit karena ia bisa kena sinar matahari langsung.
  3. Di dalam tempat pemijahan diberi tanaman air seperti eceng gondok atau bisa pula serabut rafia. Substrat ini perlu baginya karena sebelum mereka memijah si jantan akan membuat sarang busa dulu di substrat tadi sebagai tempat bercumbu.
Memilih Induk Budidaya Ikan Hias Betta
Untuk membedakan mana jantan mana betina ikan betta adu siam mudah saja. Induk yang telah matang kelamin berwarna khas. Janta lebih berwarna lebih cemerlang sedangkan betina perutnya gendut dan terlihat telur di dalamnya. Pilihlah betina yang telurnya berwarna gelap sebab sudah cukup matang, sudah dibuahi.

betta splendens
id.aliexpress.com


Pemijahan Ikan Hias Betta (Fighting Fish)
Memijahkan ikan laga terhitung pekerjaan gampang. Setelah tempat pemijahan disiapkan dan induk yang telah matang kelamin dimasukkan, sijantan akan membuat sarang busa dibawah substrat untuk tempat penempelan telur. 

Sebaiknya jantan lebih dulu, betina belakangan. Untuk memberi kelegaan sepenuhnya pada induk jantan sehingga tidak sungkan jika si betina datang. Kalau ini terlihat di dalam tempat pemijahan, tak lama lagi mereka akan memijah.

Pemijahan berlangsung pada malam hari. Untuk itu dianjurkan setiap pagi harus di cek apakah sudah memijah atau belum. Tanda kalau sudah memijah permukaan air di tepi tempat pemijahan akan tampak gelembung-gelembung busa. Kalau ada tanaman air, biasanya gelembung itu di permukaan air.

Kalau sudah terlihat segera angkat dan pindahkan si betina. Hari kedua akan tampak burayak seukuran jarum berwarna kehitaman. bagi pemula emang sulit mengenali burayak ini, masukkan saja telapak tangan nantinya akan kelihatan burayaknya.

Selain tanaman air yang mengapung boleh juga diberikan sekedar daun untuk membantu si jantan membangun istana percumbuannya.

makanan ikan cupan
YouTube


Pembesaran Cara Merawat Budidaya Ikan Hias Betta

Dalam melakukan budidaya ikan betta ketika sampai usia 2 -3 hari, benih yang baru menetas ini belum perlu diberi makan karena alat pencernaannya belum terbentuk sempurna. Lagi pula dalam tubuh masih tersedia makanan berupa kuning telur (yolk sack). Kuning telur ini habis pada hari ke-3 maka hari ke-4 sudah boleh diberi infusoria (jenis plankton hasil pemupukan). 

cara merawat ikan cupan
guppy-cupang-maniak.blogspot.com


Pemberian makanan ini cukup 3 hari saja. Selanjutnya ikan laga ini sudah bisa diberi makan berupa kutu air (moina, cyclop) yang disarng selama 10 hari. 

Usia 10 hari sudah bisa dipindahkan atau di deder ke tempat yang lebih luas. Tempat pendederan ini bisa menggunakan akuarium atau bak dengan ukuran 1 x 2 x 0,4 m dengan kedalaman air 25 cm. Atau bisa juga di bak plastik. 

Agar kehidupan lebih terjamin, sebaiknya air diganti setiap seminggu sekali. Tapi jangan total, cukup setengahnya saja. Umur ikan betta 2 bulan sudah bisa dilego atau dujual untuk usaha ikan hias.

Jangan coba-coba dicampur sesama kelamin jantan kalau tak ingin si induk jadi pejantan yang tak berguna. Kalau dipelihara dengan makanan yang bergizi seperti kutu air dan cacing tanah, sebulan kemudian pasangan indukan tadi sudah siap dipijahkan kembali.

harga ikan cupang


Pembenihan Masaal Ikan Hias Betta (Fighting Fish)
Selain pembenihan kecil-kecilan seperti di atas, ikan adu siam ini juga bisa dipijahkan secara massal. Caranya siapkan saja bak semen ukuran 1,5 x 3 m atau 2 x 3 m, tinggi 0,4 m denagn kedalaman air 25 cm. Di salah satu sisi bak ini dibuat sarang-sarang berukuran 20 x 20 cm, atau 15 x 15 cm. 

ikan cupang aduan


Untuk membuat sarang sisi bak ini cukup disekat dengan papan. Di bagian depan sarang sebagai pintunya ditutup dengan kasa nyamuk dari plastik. Dengan ukuran kolam di atas 3 m bisa dubuat 5 sarang yang berarti kolam siap menampung dan memijahkan 15 pasangan induk.

Pada masing-masing sarang diberi jenis tanaman eceng gondok tempat sang jantan membuat busa. Dalam seperti pemijahan sang induk tak perlu buru-buru dipindahkan, karena biasany begitu telur itu berubah menjadi burayak, burayak ini akan lari sendiri dari sarangnya.

Yang harus diingat, waktu pemijahan induk harus selektif, agar nanti induk bisa memijah sekaligus. Dengan begitu kita akan mendapat benih yang berukuran seragam. 

Demikian sobat ulasan tentang budidaya ikan betta fighting fish ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan kita untuk perawatan semua jenis ikan betta dan cupang pada masa berikutnya.

Baca juga:
-Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
-Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya
-Inilah Makanan Terbaik Ikan Cupang dan Bernutrisi Tinggi