January 20, 2017

Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish) dan Cara Budidayanya

Budidaya Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish) Infoikan.com Ikan ekor sikat atau nama latin ekor sisir merupakan jenis ikan hias langka. Akan tetapi masih termasuk kategori nama-nama ikan air tawar yang mudah dipelihara. ikan hias ini boleh dicampur jadi satu dengan ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Berikut cara budidaya ikan ekor sikat:

ikan hias air tawar langka


Klasifikasi dan Sistematika Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)
Ordo              : Percomorphoidei
Sub-ordo       : Anabantoidei
Famili             : Anabantidae
Gebus            : Belontia
Spesies          : Belontia signata (Gunther)
Asal                 : Ceylon
Nama Asing  : Combtail Paradisefish
Nama Latin    : Ekor Sisir 


Ekor Sisir
wikiwand.com

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)

Ciri-Ciri Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)
Bentuk badan ekor ikan sikat memanjang dengan potongan pipih. Mulutnya besar dengan moncong menghadap ke atas. Warna dasar banyak macamnya. Sedangkan warna punggung terkadang hijau zaitun atau hijau pelangi dengan band berwarna sawo matang. 

Yang membuat ikan ini sangat cantik dipandang adalah bentuk siripnya. Sirip punggung dan anusnya misalnya, menjuntai cukup panjang melebihi separuh tubuh dan meruncing. Sedangkan sirip ekornya menyeruapai kipas dan beberapa diantaranya muncul keluar dari sirip sebenarnya.

warna sirip ini secara umum agak kuning, hijau dan terkadang agak biru dengan jari-jari sirip berwarna sawo matang. Sedangakn tepi sirip punggung dan anus berwarna krem dan kalau sudah tua akan terlihat bercak gelap pada belakang sirip punggung. 

ikan hias air tawar termahal


Sifat-Sifat Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)
Di alam aslinya, ekor sikat ini ditemukan hidup pada perairan yang banyak ditumbuhi tanaman rimbun. Bertemperamen agak keras. Oleh karena itu, jika ia ditempatkan di akuarium bersama jenis ikan lain, pilihlah yang seukuran dengannya.

Meski agak bersifat keras dan kasar, ia mudah dipelihara.  Asal habitatnya di alam itu bisa ditiru maka akan betah dan bertahan lama. Dari itu sobat dapat membuat wadah akuarium maupun bak dengan perbanyak jenis tanaman air. 

nama ikan hias air tawar
Wikipedia


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)
Untuk tempat pemijahan sama halnya dengan cara budidaya jenis ikan lainnya, cukup sediakan akuarium berukuran 60 x 30 x 30 cm saja. Dasar akuarium diberi pasir bersih, sedangkan pada permukaan jangan lupa untuk memberi tanaman air yang mengapung.

Air yang diperlukan harus bersih dan jernih dengan suhu air berkisar 28 derajat C. Kesadahan air ini normal (pH 7) dan sebelumnya endapkan dulu paling tidak selama 24 jam.  Untuk tinggi air tidak boleh lebih dari 25 cm dan paling rendah 20 cm.

ikan hias air tawar tercantik


Memilih Induk Budidaya Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)
Dalam melakukan budidaya ikan ekor sikat combtail paradisefish, idealnya cara memilih ikan yaitu panjang maksimal si ekor sikat ini cuma 12,5 cm. Tapi jangan heran, ukuran 7,5 cm pun ia sudah memadai dijadikan induk. Cara mengetahui jenis kelamin terlihat dari bentuk perutnya yang membuncit atau gendut terutama jika dipandang dari atas.

Untuk cara membedakan jantan dan betina ikan ekor sikat, dapat dilihat dari bentuk sirip dan warna tubuhnya. Sang jantan memiliki sirip punggung dan anus berbentuk lancip dengan warna tubuh agak pudar. Satu wadah akuarium hanya boleh diisi dengan sepasang induk.

jenis ikan hias air tawar aquarium


Pemijahan Budidaya Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)

Setelah akuarium pemijahan disiapkan dan di sterilkan dengan menggunakan PK, jika mungkin isilah air setinggi 25 cm. Di permukaan air lengkapi dengan tanaman air yang terapung, sedangakn dasar diberi pasir.

Pertama kali si jantan akan membuat gelembung busa yang kemudian disusun menjadi sarang. Sarang siap, serta-merta pula ia merayu si betina. Kemudian akan masuk ke dalam sarang dan melakukan pemijahan. Telur yang dikeluarkan si betina akan dibuahi si jantan dengan spermanya.

Untuk induk jantan, ia masih diperkenankan tinggal bersama telur yang menetas selama 48 jam. Tetapi begitu telur-telur tersebut berubah menjadi burayak, si jantan pun siap untuk diasingkan juga dimana berina dirawat. Perawatan burayak sama dengan merawat benih gurame labiosa.

ikan hias cantik tapi murah


Pembesaran Budidaya Ikan Ekor Sikat (Combtail Paradisefish)
Untuk mempercepat pertumbuhan benih-benih itu, ada baiknya setelah berumur 2 minggu ia dipelihara di bak atau tempat lain bisa akuarium yang lebih luas. Dengan ukuran ideal 2 x 3 atau 2 x 1 m dengan kedalaman 40 cm, sedangkan ketinggian air antara 25 - 30 cm.

Bak pembesaran ini pun sebetulnya dibersihkan lebih dulu. Setelah bersih, air jernih boleh masuk. Tekhnik pemindahan benih harus hati-hati seperti halnya penanganan pada ikan labiosa. Bedanya, kalau bisa ikan ini dipindahkan saat suhu air rendah (pagi atau sore).

Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan ekor sikat (combtail paradisefish) ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan jensi ikan hias berikutnya.

Baca juga:
-Manfaat Ikan Konsumsi untuk Kesehatan Tubuh Kita
-kan Tawar Untuk Obat Kanker
-Manfaat Memelihara Ikan Hias Aquarium Dirumah