--> Skip to main content

Budidaya Ikan Hias Paradise (Paradisefish)

Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish) Infoikan.com Ikan paradise merupakan salah satu jenis cupang paradise yang mudah di budidayakan. Ikan paradise ini tergolong yang masih langka serta harga jual ikan paradise sendiri masih tak menentu.

Namun kesempatan bagi kamu yang hobi memelihara ikan hias untuk memulai budidaya ikan paradise ini. Ternyata tak sesulit budidaya ikan cupang dan jenis jenis ikan hias lainnya. Hanya saja untuk menemukan ikan paradis ini, kamu perlu bertanya pada para penjual ikan hias di kota terdekat. Berikut beberapa paduan lengkap budidaya ikan paradise.

harga cupang paradise
aquaticmag.com
 

Panduan Lengkap Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish)

Klasifikasi dan Sistematika Ikan Paradise (Paradisefish)
Ordo             : Percomorphoidei
Sub-Ordo       : Anabantoidea
Famili            : Anabantidae
Genus            : Macropodus
Spesies          : Macropodus Opercularis (Linnaeus)
Asal              : Cina, Taiwan, Korea
Nama Asing   : Paradisefish


jual ikan paradise
fishwallpapers.com

jual betta macrostoma
en.wikipedia.org
 

Ciri-Ciri Ikan Paradise
Secara umum bentuk badan relatif panjang, dan pipih kesamping. Warna badan bervariasi, mulai dari sawo matang hingga agak hijau. Separoh kepala bagian atas dan leher serta tengkuk berwarna sawo matang, hitam, dengan loreng-loreng hijau zaitun. 

Yang membuatnya kian cantik, pada sekujur tubuhnya dipenuhi oleh garis-garis mendatar berselang-seling biru dan merah trengguli. Sementara garis berwarna sawo matang atau agak biru melintas dari mata hingga tutup insang yang bertemu bintik putih berwarna merah tua.

jual cupang paradise
commons.wikipedia.org

jual wild betta
planktedtank.net


Sifat-Sifat Ikan Paradise (Paradisefish)
Sebelum melangkah melakukan budidaya ikan paradise, alangkah baiknya mengetahui dulu sidat ikan ini. Paradis yang dluar negeri dijuluki ikan surgawi, hidup di perairan tenang. Gerakannya gesit dan cara berenangnya yang amat pasit, membuat ia tidak cocok dipelihara di akuarium sempit.

jenis jenis wild betta
commons.wikipedia.og

wild betta macrostoma
petsolution.com


Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish)
Tempat pemijahan budidaya ikan paradise atau surgawi ini cukup dengan akuarium ukuran 30 x 30 x 60 cm atau 20 x 20 x 40 cm. Air yang digunakan harus jernih dari sumur yang telah diendapkan. Suhu optimal untuk pemijahan 23 derajat C. peralatan tambahan untuk pemijahan hanyalah tanaman air terapung yakni enceng gondok.

Memilih Induk Ikan Paradis (Paradisefish) untuk Budidaya
Berhasilnya budidaya ikan paradise tergantung induk yang baik. Induk jantan dan betina paradis dapat dibedakan dari warna dan bentuk sirip-sirip badannya. 

Biasanya yang jantan memiliki warna lebih cerah dari induk betina. Sirip punggung, anus, dan ekor induk jantan lebih panjang dari betina.

Panjang total ikan paradis mencapai 7,5 cm. Tetapi pada ukuran 6 cm, ia sudah dapat dikawinkan. Ciri induk ikan paradis yang siap kawin terlihat dari warnanya yang lebih cerah dari jantan, dan bentuk perut yang membulat terlebih bila dipandang dari atas induk betina.

budidaya ikan paradise
fishwallpaper.com

Gambar Ikan Paradise
aquaticmag.com


Pemijahan Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish)
Pekerjaan pertama budidaya ikan paradise tak lain pembersiahan akuarium. Ke dalam tempat akuarium ini diisi air yang sudah diendapkan setinggi 20 - 25 cm untuk ukuran 30 x 30 x 60 cm3, dan setinggi 15 cm untuk akuarium 20 x 20 x 40 cm3.

Siapkan enceng gondok berakar rimbun, lalu masukkan k dalam akuarium. Menyusul induk usia subur. Sambil menunggu mereka bercengkeram jangan lupa memberi makanan berupa jentik nyamuk secukupnya saja agar jangan sampai tersisadi tempat pemijahan.

Bilaindukan sudah birahi, si jantan akan buru-buru membuat sarang busa untuk meengkapi bulan madu mereka. Setelah sarang busa yang ditumpuk sekitar tanaman enceng gondok dirasa cukup, si jantan menghampiri betina dan mengajak ke sarang busa untuk kawin.

Di bawah sarang busa itu si betina akan mengeluarkan telur yang segera dibuahi oleh si jantan. Telur-telur yang telah dibuahi akan mengapung di gelembung busa.

harga cupang paradise
bettafish.com

Gambar Ikan hias Paradise
aquaticmag.com


Pembesaran Budidaya Ikan Paradise (Paradisefish)

Ketika benih budidaya ikan paradis sudah mencapai 2 mingguan. Pendederan ini menggunakan kolam dari semen dengan variasi antara 2 x 3 m atau 2 x 1 m, dengan kedalaman 40 cm.

Secara umum cara merawat dan pembesaran ikan paradis sama dengan cara merawat ikan gurame labiosa. Termasuk pemberian makanan, jenis makanan dan penggantian air. Hanya disarankan, bagi yang memberikan makanan buatan dianjurkan untuk mengganti air akuarium atau kolam pembesaran lebih sering.

Maksudnya tak lain untuk mencegah timbulnya gangguan penyakit dari sisa makanan buatan yang membusuk. Untuk menghindarkan pekerjaan ini maka sebaiknya makanan yang diberikan itu jenis pakan hidup. 

Baca juga:
Demikian sobat sedikit ulasan tentang budidaya ikan paradise (Paradisefish) ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan hias berikutnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar