February 21, 2017

Cara Lengkap Pembenihan Ikan Nila yang Benar

Pembenihan Ikan Nila Infoikan.com Budidaya ikan nila merupakan salah satu cara menghasilkan jenis ikan konsumsi yang banyak. Sebelum melakukan ternak ikan nila, alangkah baiknya Anda harus mengetahui dulu komponen pemijahan ikan nila ini. Salah satunya adalah ciri ikan nila bertelur, ciri ciri ikan nila siap pijah dan lainnya.

Dengan rasa daging nila yang enak, sering sekali dimanfaatkan membuat masakan ikan nila untuk membuka usaha warungan. Bagi Anda yang ingin melakukan pembenihan ikan nila, berikut penjelasan lengkap yang dapat Anda coba.

perbedaan ikan nila jantan dan betina


Perbedaan Induk Jantan dan Betina Ikan Nila

Untuk terjun kedalam bisnis pembenihan ikan nila, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui perbedaan antaran nila jantan dan nila betina. Perbedaan dapat dilihat secara fisik, mulai dari bentuk tubuh, warna kulit, dan alat kelaminnya.

Nila jantan bertubuh pendek atau agak membulat, warna tubuhnya agak cerah, dan memiliki sebuah alat kelamin yang memanjang yang berfungsi sebagai pengeluaran sperma dan urin.

Nila betina dengan ciri bertubuh agak panjang, berwarna agak kusam, dan memiliki alat kelamin yang membulat. Terdapat 3 lubang urogenitalnya sebagai tempat keluarnya urin, kotoran (feses), dan telur.

Berikut adalah tanda-tanda induk ikan nila yang baik:
  • Mulai bertelur pada usia 8 bulan.
  • Pada umur tersebut, ikan nila sudah mencapai bobot minimal 400 g.
  • Bentuk tubuh normal atau tidak cacat.
  • Bersisik besar dan tersusun rapi.
  • Kepala relatif kecil, lebih kecil daripada tubuhnya.
  • Berdaging tebal.
  • Berwarna hitam bagi nila hitam dan berwarna pink bagi nila merah tanpa adanya bercak hitam.
  • Gerakannya lincah.
Pematangan Gonad Ikan Nila yang Siap Pembenihan
Pematangan gonad ikan nila pada prinsipnya hampir sama dengan pematangan gonad ikan mas. Kegiatannya terdiri atas persiapan kolam pembenihan, penebaran induk yang baik, pemberian pakan tambahan agar cepat besar, dan cara pemanenan ikan nila yang baik.

ciri ikan nila bertelur, ciri ciri ikan nila siap pijah
cara pemijahan ikan nila di kolam terpal


Seleksi Induk Pembenihan Ikan Nila
Seleksi induk pembenihan ikan nila dilakukan dengan cara memisahkan antara induk yang siap memijahn dan yang belum. Tanda induk nila yang sudah siap memijah bisa diketahui dengan melihat bobot tubuh, bentuk perut, warna tubuh, dan alat kelaminnya.

Induk betina ikan nila yang siap memijah biasanya berbobot 400 g, bentuk perut agak gendut atau menonjol, warna agak cerah, dan alat kelaminnya berwarna kemerahan. 

Sementara induk jantan ikan nila yang sudah siap memijah ditandai dengan bobot minimal 450 g, bentuk perut langsing, berwarna lebih cerah dari biasanya, alat kelamin berwarna merah disertai dengan bintik-bintik merah. 

telur ikan nila menetas berapa hari

cara budidaya ikan nila agar cepat besar


Tempat Pemijahan Ikan Nila
Dalam segmen pembenihan ikan nila, pemijahan termasuk langkah awal dan utama. Untuk pemijahan ikan nila, pemijahan dilakukan dengan cara menyatukan induk jantan dan induk betina. 

Persiapan Kolam Pemijahan Ikan Nila

Baca selengkapnya: Cara Membuat Kolam Ikan Nila Dari Dasar
Penebaran Induk Ikan Nila yang Baik
Setelah kolam siap, induk ikan nila yang sudah matang goonad ditebar dengan kedalamnya secara bersamaan. Penebaran induk ikan nila sebaiknya dilakukan pada pagi hari ketika suhu air masih rendah. Yang bertujuan agar induk tidak mudah stress dan kaget.

Pakan Tambahan Pembenihan Ikan Nila Agar Cepat Besar
Pembenihan ikan nila selanjutnya, induk-induk yang sudah siap ditebar diberi pakan tambahan berupa pelet setiap harinya dengan dosis 3% dari bobot tubuhnya.

contoh cara pemijahan ikan nila

teknik pemijahan ikan nila secara alami


Pemijahan Ikan Nila - Pengontrolan
Selama pemijahan pembenihan ikan nila harus dilakukan pengontrolan, terutama melihat kondisi pematang dan debit air. Usahakan tidak ada bocoran pematang dan harus segera dilakukan antisipasi bila ada kebocoran atau debit air berkurang.

Pemijahan Ikan Nila

Proses pemijahan pembenihan ikan nila biasanya berlangsung pada hari ke-7, awalnya, semua induk di dalam kolam akan beradaptasi dengan lingkungan kolam. Setelah itu, induk jantan akan membuat sarang di dasar kolam. Selesai membuat sarang, induk jantan mencari pasangan dan membawanya ke dalam sarang.

Pemijahan Ikan Nila

Pemijahan Ikan Nila


Pembenihan Ikan Nila - Panen Larva
Jika kondisi dalam kolam sudah dibom, biasanya induk akan mulai mengeluarkan larva dari dalam mulutnya. Dengan demikian, kolam akan penuh dengan larva-larva ikan nila. Pada saat itu, panen bisa dilakukan.

Pendederan Budidaya Ikan Nila
Setelah pembenihan ikan nila berjalan sampai pemanenan larva, dapat dilakukan kegiatan pendederan yang pada prinsipnya sama saja pada pendederan ikan mas, yaitu:
  1. persiapan kolam
  2. Penebaran larva atau benih.
  3. Pemberian pakan tambahan.
  4. Pengontrolan.
  5. dan Pemanenan.
Padat tebar larva dan benih ikan nila hampir sama dengan pendederan ikan mas, yaitu mulai pendederan pertama, kedua, dan ketiga. Namun begitu, ada juga pembudidaya yang tidak melakukan pendederan secarabertahap, tetapi hanya satu kali saja hingga panen berukuran sangkal.
Baca juga:
Inilah penjelasan singkat dan mudah tentang pembenihan ikan nila lengkap, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang pemeliharaan ikan konsumsi air tawar pada jenjang berikutnya.