February 21, 2017

Cara Pembenihan Ikan Mas (Cyprius carpio) Lengkap dan Mudah

Cara Pembenihan Ikan Mas Lengkap dan Mudah Infoikan.com Pernah melakukan pemijahan ikan mas di kolam terpal secara buatan? atau budidaya ikan mas untuk usaha dan bisnis sampingan? Siapa sih yang tidak kenal dengan mas, salah satu jenis ikan konsumsi maupun ikan hias yang laris di pasaran.

Hampir semua orang mengenal ikan mas. Ikan yang konon katanya berasal dari Cina ini telah ada di Indonesia sejak ratusan tahun silam dan menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Bahkan, hewan ini dipercaya oleh masyarakat tertentu sebagai hewan yang paling dekat dengan manusia. Cara pembenihan ikan mas sangat mudah, tak heran jika saat ini telah berkembang berbagai macam strain ikan mas terutama pembenihannya.
Baca juga: Budidaya Ikan Lele Sangkuriang | Cara Ternak Lele 45 Hari Panen 
pembesaran ikan mas



Perkembangan Ikan Mas di Indonesia
Kali ini info ikan akan membuat sebuah makalah cara pembenihan ikan mas lengkap dan mudah dikerjakan. 

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan mas Indonesia sangat besar. Namun, hal itu belum mampu dipenuhi sepenuhnya. Tentu saja hal itu karena faktor benih yang masih kurang. Oleh karena itu, prospek pembenihan masih sangat besar peluang pasarnya.

Selain itu, pembenihan ikan mas tergolong mudah karena ikan yang bernama latin Cyprius carpio ini dapat memijah secara alami. Hal penting yang harus diperhatikan bagi calon breeder adalah faktor kematangan gonad induknya, baik jantan maupun betina.

Di samping itu, lingkungan pemijahan harus disesuaikan dengan kebutuhan iakn mas itu sendiri. Pada pembenihan ikan mas, dapat ditempuh dalam 5 tahap, yaitu pemeliharaan induk, seleksi induk, pemijahan induk, penetasan dan pendederan ikan mas.
Baca juga: Cara Budidaya Ikan Gabus Agar Cepat Besar Hasil Melimpah 
pemijahan ikan mas di kolam terpal

pemijahan ikan mas secara buatan


Perbedaan Induk Jantan dan Betina Ikan Mas
Cara pembenihan ikan mas. Perbedaan kelamin sebenarnya hal yang sederhana dan mendasar dari pembenihan. Namun, hal ini kerap kali disepelakan oleh para breeder. Hal pertama pembenihan ikan mas ialah membedakan antara induk jantan dan betina.

Walaupun berbeda kelamin dapat dilihat dengan mudah, tetapi ikan mas tidak bisa dilihat dari alat kelaminnya. Karena bentuk alat kelamin keduanya hampir sama. Untuk membedakannya juga tidak dapat dengan melihat warna dan bentuk tubuh, karena baik jantan maupun betina relatif hampir sama.

A. Bobotnya sudah mencapai 500 g/ekor biasanya induk jantan sudah mengandung sperma, tetapi induk betina belum mengandung telur.

B. Tanda lain dapat dilihat dari warna, gerakan dan ukuran tubuh.

C. Cara termudah membedakan jantan dan betina ikan mas yaitu dengan memijat alat kelaminnya. Bila keluar cairan berwarna putih susu, maka indukan jantan karena cairan tersebut adalah sperma. 

D. Sementara itu, bila tidak keluar cairan warna purih susu, itu manandakan bahwa ikan tersebut berkelamin betina. Bila dipaksakan akan keluar kotoran (feses). 

Pada umur yang sama, biasanya indukan betina ikan mas akan mempunyai tubuh yang lebih besar. Dengan kata lain, pertumbuhan ikan mas betina lebih cepat daripada jantan.

Salah satu penyebabnya adalah kandungan sperma yang selalu ada di dalam gonad jantan. Jadi, zat zat makanan yang masuk ke dalam tubuh ikan mas jantan lebih banyak digunakan untuk memproduksi sperma, sedangkan pada betina telur yang sudah dipijahkan baru akan ada lagi setelah 3 bulan.
Baca juga: Usaha Budidaya Ikan untuk Pemula Hasil Melimpah
ciri ciri ikan mas jantan dan betina

pendederan ikan mas


Pemeliharaan Induk Pembenihan Ikan Mas
Pemeliharaan induk adalah kegiatan memelihara calon induk atau induk yang sudah dipijahkan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan induk-induk ynag matang gonad atau siap untuk dipijahkan.

Pemeliharaan induk ikan mas dilakukan dalam kolam tanah dengan luas antara 50-100 m2 menyesuaiakn dengan lokasi yang Anda miliki. Tempat lain sebagai wadah pemeliharaan induk adalah kolam air deras dengan luas antara 24-40 m2.

Dalam kegiatan pemeliharaan induk, induk jantan dan betina dipelihara secara terpisah. Ikan mas termasuk jenis ikan konsumsi yang mudah memijah jika jantan dan betina sudah disatukan sehingga dikhawatirkan terjadi pemijahan liar.

Pemijahan liar ini akan sangat merugikan karena tidak ada jaminan telur-telur terbuahi dengan sempurna. Selain itu, telur-telur akan terganggu oleh indukan yang tidak memijah sehingga hasilnya pasti sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.
Baca juga: Jenis Penyakit Budidaya Ikan Lele dan Cara Mengobatinya 
jumlah telur ikan mas

makalah pembenihan ikan mas


Cara Cepat Membuat Induk Ikan Mas Matang Gonad
Kegiatan pemeliharaan induk bisa juga disebut pematangan gonad induk. Kegiatan ini terdiri atas persiapan kolam, peebaran induk dan pemberian pakan. Persiapan kolam dimulai dari penjemuran dasar tanah selama 4-7 hari, perbaikan pematang, pembuatan kemalir, dan pengairan kolam.

Hal utama adalah adanya aliran air selama ikan dipelihara di kolam ini. Aliran air akan membuat induk cepat matang gonad. 

pengertian pembenihan ikan

pembesaran ikan mas


Waktu yang Tepat Menebar Induk Pembenihan Ikan Mas
Penebaran induk cara pembenihan ikan mas sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Pada saat itu, suhu air masih rendah sehingga tidak mengganggu organ tubuh induk dan induk tidak stress.

Penebaran pada siang hari kurang baik karena suhu air kolam lebih panas akibat sinar matahari. Keadaan ini bisa mengganggu organ tubuh dan bisa menyebabkan induk stress.

Pada segmen pemeliharaan induk, padat tebar induk tergantungdari jenis kolamnya. Jika induk dipelihara di kolam tanah, kepadatannya tidak boleh terlalu tinggi karena biasanya debit air rendah. Padat tebar cukup 1 kg/m2. 

Jika pemeliharaan induk dilakukan di kolam deras (KAD), padat tebarnya dapat dilakukan lebih tinggi, yaitu 5 kg/m2. Kolam air deras memang diatur memiliki debit air yang cukup tinggi sehingga kandungan oksigennya juga cukup tinggi.

Jadi, untuk KAD seluas 300 m2 dapat ditebar induk dengan biomassa 150 kg. Jika dikalkulasi dengan jumlah, dapat ditebar induk betina sebanyak 75 ekor yang masing-masing bobotnya 2 kg atau 210 ekor induk jantan yang masing-masing bobotnya 700 kg.

pemijahan ikan mas di kolam terpal

pemijahan ikan mas secara buatan


Jenis Makanan Induk Ikan Mas
Induk ikan mas yang dipelihara harus diberi pakan agar gonadnya cepat matang. Yaitu 3 kali sehari pagi, siang dan sore hari. Jenis pakan berupa pakan buatan atau pelet dengan kandungan protein 25%. 

Pemberian pakan dilakukan dengan cara ditabur disatu tempat dengan jumlah pemberian 2-3% dari bobot induk. 

ciri ciri ikan mas jantan dan betina

pendederan ikan mas


Seleksi Induk Ikan Mas yang Baik dan Berkualitas
Cara pembenihan ikan mas. Seleksi adalah kegiatan mendapatkan induk yang benar-benar siap untuk dipijah. Caranya adalah dengan menangkapnya, memilih, dan memisahkan antara induk jantan dan betina yang sudah matang gonad. 

Induk yang sudah didapat dipisahkan di bak penampungan sementara atau bak karantina. 

Sebelum seleksi induk, air kolam harus disurutkan secara perlahan. Setelah tinggi air tinggal 20 cm atau sampai ketinggian air dimana induk bisa dilihat, segera ditangkap, lalu lubang pengeluaran ditutup.

1. Ciri-Ciri Induk Betina Ikan Mas Matang Gonad
Induk betina ikan mas yang sudah matang gonad ditandai dengan perutnya yang gendut atau buncit. Gendut atau buncit disini jauh melebihi proporsional tubuhnya. 

Selain gendut, perut betina ikan mas lembek atau tidak keras. Alat kelaminnya berwarna kemerahan. Mempunyai gerakan yang lambat karena terdapat telur diperutnya.

2. Ciri-Ciri Induk Jantan Ikan Mas Matang Gonad
Untuk melihat tanda-tanda induk jantan yang sudah matang gonad sangat mudah. 

Setelah ditangkap, induk jantan dipegang dengan tangan, lalu tubuhnya dibalikkan hingga terlihat alat kelaminnya. Setelah itu, alat kelaminnya dipijat dengan hati-hati, biasanya akan keluar cairan putih. 

Cara pemenihan ikan mas - Pemberokan Indukan Ikan Mas
Pemberokan bisa diartikan sebagai kegiatan penyimpanan sementara ikan-ikan yang akan ditangani lebih lanjut. 

Tujuan utama pemberokan adalah untuk membuang atau membersihkan kotoran dari perut ikan. Kotoran yang berada dalam perut dapat mengganggu kegiatan pemijahan.

Jika kandungan lemak pada gonad yang terlalu tinggi dapat menghambat keluarnya telur saat pemijahan. Pemberokan pada ikan betina tidak boleh terlalu lama, karena perlakukan itu dapat mengurangi kualitas telur. 

Bila terlalu lama,, telur bisa diserap kembali oleh tubuhnya. Pemberokan cukup satu malam saja. Dalam satu malam, kotoran sudah keluar dan kandungan lemak sudah berkurang sehingga kematangan induk lebih menyakinkan lagi.

Pemberokan bertujuan untuk menghilangkan kotoran dalam perut sehingga induk tidak diberi pakan selama masa pemberokan atau puasakan dulu selama 1 hari satu malam. 

Selain tidak diberi pakan atau dipuasakan, air di tempat pemberokan harus bersih. Wadah untuk melakukan pemberokan ini cukup bak berukuran 3 m x 2 m x 1 m. Jenis bak yang disarankan adalah bak atau kolam beton. Yang mana kuat, tidak mudah terkikis.

jumlah telur ikan mas

makalah pembenihan ikan mas


Persiapan Kolam Pemijahan Pembenihan Ikan Mas
Pemijahan pembenihan ikan mas merupakan kegiatan utama dari segmen pembenihan. Dengan menyatukan induk jantan dan betina, diharapkan akan terjadi perkawinan dan dihasilkan telur yang nantinya akan menjadi benih sipa jual.

Pemijahan berawal akan adanya rangsangan induk jantan mendekati induk betina ikan mas. Selanjutnya, betina akan terangsang untuk memijah. Dari induk betina akan keluar telur dan dalam waktu yang hampir bersamaan induk jantan akan megeluarkan sperma. 

Dalam pemijahan ikan mas ada 3 hal utama kunci kesuksesan:
Cara pembenihan ikan mas. Pertama, induk betina harus benar-benar matang gonad, sehingga kedua induk akan benar-benar terangsang untuk memijah. Selain itu, kualitas telur harus berkualitas baik sehingga dapat dibuahi dengan sempurna.

Kedua, induk jantan tidak hanya matang kelamin, tetapi juga matang gonad. Artinya, sperma siap membuahi telur-telur dengan sempurna. Jadi, ketika induk jantan dan betina disatukan, dalam waktu singkat jantan akan terangsang untuk mengawini induk betina.

Ketiga, tempat pemijahan juga harus dapat memberikan rangsangan kepada kedua induk untuk memijah. Oleh karena itu, harus disediakan sedemikian rupa seperti situasi alam aslinya.
  • Persiapan Pemijahan 
  • perispan kolam
  • persiapan hapa dan kakaban
  • Hapa yang digunakan untuk pemijahan ikan mas biasanya berupa bahan dari
  • kain terilin berwarna putih. Mata jaring hapa harus lebih kecil dari diameter telur agar tidak lolos.

Kakaban merupakan alat penempel telur yang biasanya terbuat dari ijuk yang sudah disisir atau dibersihkan.

pengertian pembenihan ikan

pengertian pembenihan ikan

Pembenihan Ikan Mas

Pembenihan Ikan Mas


Pengisian Air
Pada tahap pemijahan, pengisian air biasanya dilakukan pada pagi hari. 

Pemasangan kakaban
Pemasangan kakaban dilakukan setelah pemasangan hapa dan pengisian air. 

Cara pembenihan ikan mas - Penebaran Induk
Setelah kakaban dipasang, selanjutnya adalah menebar induk. Induk jantan dan betina ikan mas ditebar secara bersamaan. Penebaran dilakukan pada siang hari jam 2.

Untuk hapa dengan panjang 4 m, lebar 3 m, dan tinggi 1 m dapat ditebar induk sebanyak 4 ekor. Yang terdiri atas 3 ekor betina dan 1 indukan jantan. Dalam pemijahan ikan mas, para bredeer andal biasanya menggunakan induk betina berbobot 3 kg dan induk jantan 750 kg.

Proses Pemijahan Ikan Mas

Proses pemijahan ikan mas diawali dengan proses adaptasi induk setelah penebaran. Jadi, induk-induk tersebut tidak langsung memijah. Secara alami ikan mas akan memilih waktu tersendiri dalam pemijahan.

Setelah 5-6 jam sekitar pukul 20.00 biasanya jantan akan mulai mendekati betina. Menjelang tengah malam, betina mulai bereaksi membiarkan indukan jantan mendekatinya hingga akhirnya terjadi perkawinan.

Pembalikan Kakaban Pembenihan Pemijahan Ikan Mas
Cara pembenihan ikan mas. Proses pemijahan ikan mas akan terus berlangsung tanpa bisa dicegah hingga pada salah satu permukaan kakaban, terutama bagian bawah penuh dengan telur, sedangkan bagian lain kosong. Agar semua permukaan kakaban terisi penuh telur ikan mas, kakaban harus dibalik.

Penangkapan Induk Ika Mas Setelah Pemijahan
Selesai memijah, induk-induk ikan mas harus segera ditangkap. Bila tidak, telur-telur yang sudah ada dapat terganggu, bahkan dapat dimakan kembali oleh induk.

Penetasan Telur Pembenihan Ikan Mas
Setelah induk memijah, telur akan menempel pada kakaban. Selanjutnya adalah menanti telur menetas dan menjadi larva. Pada ikan mas, biasanya telur akan menetas selama 2-3 hari, tergantung kondisi suhu air.

Pendederan Budidaya Pembenihan Ikan Mas
Pendederan adalah kegiatan memelihara larva yang berasal dari kolam penetasan hingga mencapai benih yang siap dijual. 

Proses pendederan ikan mas dilakukan dalam 3 tahap.
Pendederan pertama larva ikan mas 14 hari
Pendederan kedua larva ikan mas 30 hari dan 
Pendederan larva ikan mas 30 hari.

Disetiap tahapnya, kegiatan pendederan terdiri atas persiapan kolam, penebaran larva/benih, pemberian pakan ikan mas yang baik, dan cara panen ikan mas. 

1. Persiapan Kolam
2. Penebaran benih atau larva
3. Pemberian pakan
4. Pengontrolan
5. Pemanenan Budidaya Ikan Mas

Baca juga:
Demikian sobat sedikit penjelasan tetang cara pembenihan ikan mas lengkap dan mudah ini, semoga bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan semua jenis ikan konsumsi air tawar berikutnya. Selamat mencoba