March 26, 2017

Cara Agar Lumut tidak Tumbuh di Kolam

Agar Lumut tidak Tumbuh di Kolam Infoikan.com Sudah tau obat pembasmi lumut pada kolam ikan? atau ingin tau obat anti lumut yang bagus untuk kolam lele? Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina. Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati Wikipedia.org/tumbuhan-lumut

Jika yang ditumbuhi itu berupa kolam pemeliharaan, sangat akan mengganggu aktifitas ikan. Tak hanya itu, jika dibiarkan akn berubah menjadi pimicu utama timbulnya penyakit. Oleh itu, sebelum melakukan pengisian air alangkah baiknya jika Anda memberi dulu obat alami anti lumut agar lumut tidak tumbuh di kolam dikemudian hari.

Cara Agar Lumut tidak Tumbuh di Kolam
lelejowo.blogspot.com


Agar Lumut Tidak Tumbuh di Kolam

Jika banyak lumut yang tumbuh, saat masa panen datang akan menyulitkan petani memilih dan mengambil ikan pemeliharaan tersebut. 

Salah satu penyebab lumut bersemi di kolam adalah pancaran sinar matahari yang terlalu menyengat air, sehingga kandungan nutrin dalam air tersebut akan berubah menjadi beberapa tumbuhan kecil dan semakin besar menjadi lumut ini.

Pertama kali memasukkan air usahakan untuk mencampuri dengan pupuk higeinis dan membiarkannya selama lima sampai 7 hari. Yang tujuannya agar warna air berubah menjadi hijau. Jika sudah hijau kemungkinan besar lumut tak akan tumbuh.

Beberapa Cara Agar Lumut tidak Tumbuh di Kolam Pemeliharaan Ikan Lele

Salah satu alternatif yang sudah banyak dilakukan petani budidaya ikan lele adalah dengan memberi kerangka bambu di atas kolam yang disebut paranet.

Yang terpenting sebisa mungkin sinar matahari tidak dapat masuk dan menembus air dalam kolam lele ini. Lumut akan tumbuh berkurang, jika paranet ini di pasang secara merata di atas kolam Anda.

Agar Lumut tidak Tumbuh di Kolam
umpanikan123.blogspot.com


Memakai Plastik Hitam
Agar lumut tidak tumbuh di kolam salah satunya dengan memberikan plastik hitam dan juga menjaga keseimbangan kadar bahan kimia yang ada dalam kola. 

Hal yang terpenting supaya lumut tidak tumbuh adalah dengan memasang aerator, jika air selalu berputar dalam kolam secara terus-menerus, bisa dipastikan lumut tidak akan tumbuh dan penyakit tidak akan timbul.

Obat alami kimia yang dapat Anda sediakan berupa potassium tetraborate. Zata kimia ini sudah dicoba di taburkan dalam kola, dan hasilnya berhasil semua lumut (alga) dan ganggang tidak bermunculan lagi sekaligus mencegah timbulnya mikroorganisme.

Demikian inilah sedikit ulasan tentang agar lumut tidak tumbuh di kolam budidaya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dengan hasil yang memuaskan. 

Agar Lumut tidak Tumbuh di Kolam
gomancing.com

Baca juga:
-Teknik Pembenihan Ikan Patin yang Benar
- Tips Memilih Induk Ikan Lele yang Baik dan Berkualitas Bagus
- Larva Lele Mati Setelah Menetas? Ini Dia Penyebab dan Solusinya