March 25, 2017

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Pemeliharaan

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Infoikan.com Sudah tau obat pembunuh lumut? atau ingin tau cara menghilangkan lumut di kolam terpal? Siapa sih yang tidak kenal lumut, salah satu jenis tanaman yang keberadaannya dapat mengganggu sekaligus bermanfaat untuk keadaan tertentu.

Bagi petani peternak ikan khususnya lele, mungkin akan menjadi penghambat sekaligus timbulnya jenis penyakit, akan tetapi lumut ini banyak juga dimanfaatkan oleh pemancing mania pencari ikan. Untuk kolam lele bagaimana cara agar lumut ini tidak tumbuh, karena untuk budidaya lele lumut ini akan mengganggu. Nah, berikut beberapa cara menghilangkan lumut di kolam pemeliharaan lele Anda.

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam


Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Pemeliharaan Budidaya Lele

Lumut yang dikenal dengan alga ini tak hanya akan membawa dampak yang negatif untuk air kolam, akan tetai juga sangat merugikan peternak lele. Yaitu dirasa menghalangi ikan makan yang kita berikan sekaligus tumbuhnya bakteri pada kolam pemeliharaan.

Jenis ganggang sendiri ada 2, yaitu ganggang berbentuk plankton dan filamen. Jenis alga atau ganggang plankton akan memberikan dampak berubahnya warna air menjadi hijau. Untuk filamen akan tumbuh menyerupai rambut kecil yang tumbuh dipermukaan air sekaligus merambat disekitar kolam.

Jika dibiarkan, dapat mengganggu juga aktifitas kita dan ikan. Yaitu air akan cepat keruh. Walaupun ada juga manfaatnya, akan tetapi kerugiannya lebih besar.

Beberapa hal yang menyebabkan tumbuhnya alga atau lumut di kolam pemeliharaan:

1. Pemberian pakan yang terlalu banyak, sehingga menumpuk di dasar kolam secara banyak.
2. Pupuk kandang terlalu banyak dan kurangnya pengontrolan.
3. Kolam berada di atas terik matahari dan kurangnya ozolla.
4. Bahan organik di kolam terlalu banyak.

Cara meminimalisir tumbuhnya ganggang (alga) di kolam pemeliharaan:
1. Kepadatan ikan dapat Anda kurangi
2. Melakukan sisitem ramah kolam, yaitu dengan membuang kotoran setiap saat yang ada di kolam terutama mengurangi lumpur.
3. Nitrobacter merupakan bakteri pengurai yang dapat Anda tambahkan dalam kolam pemeliharaan.
4. Lakukan pengapuran
5. Kurangnya pemberian enceng gondok dan jenis tanaman air lain.
6. Dapat dikasih juga jenis ikan pemakan alga seperti, ikan mas, nila, dan koi.
7. Atasi dengan obat pembunuh lumut saja.

Cara membuat air kolam ikan tetap jernih salah satunya adalah dengan adanya sirkulasi air, dan juga penggantian air kolam secara rutin setiap 2-3 minggu sekali dan paling lama 1 bulan sekali.

Pada umumnya tumbuhnya lumut disebabkan karena tak ada sirkulasi air serta bakteri pengurai tidak ada. Jika dibiarkan terus-menerus, lama-kelamaan kotoran ikan dan lainnay akan menumpuk di dasar kolam sehingga memicu timbulnya penyakit pada ikan budidaya.

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Pemeliharaan

Agar Lumut Tidak Tumbuh di Kolam Pemeliharaan

Salah satu efek kebanyakan lumut tumbuh akan menghambat larva ikan Anda terjerat yang dapat menimbulkan kematian. dari bentuk lumut yang halus inilah yang dirasa akan mengganggu pemeliharaan budidaya ikan kita.

Faktor yang memicu tumbuhnya lumut di kolam tak lain yaitu sinar matahari yang berlebihan. Jika kolam berada di luar rumah, usahakan untuk memberikan penutup atap kolamnya.

Demikian inilah cara menghilangkan lumut di kolam pemeliharaan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga berhasil untuk jenjang pemeliharaan budidaya ikan lele dan lainnya lain waktu.

Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Pemeliharaan


Berbagai sumber.
Baca juga:
- Larva Lele Mati Setelah Menetas? Ini Dia Penyebab dan Solusinya
- Panduan Lengkap Cara Ternak Ikan Lele
- Cara Lerlengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok