March 31, 2017

Cara Pemberian Pakan Lele yang Benar sesuai Standar

Cara Pemberian Pakan Lele Infoikan.com Sudah tau cara pemberian pakan lele berdasarkan umur? atau ingin tau cara memberi pakan lele agar cepat besar? Sebelum melakukan ternak dan budidaya ikan lele, alangkah baiknya jika Anda mengetahui dulu cara merawat lele yang baik berdasarkan jumlah tebar di kolam.

Beberapa rumus pemberian pakan lele telah disinggung pada artikel sebelumnya, baik untuk lele kecil maupun besar. Jika takaran pemberian pakan saja sudah salah, hasil perjalanan ternak lele selanjutnya akan gagal total. Untuk itu cara pemberian pakan lele ini harus diketahui secara nyata. Berikut penjelasan takaran pakan lele mulai tebar 1000 ekor.

Cara Pemberian Pakan Lele


Cara Pemberian Pakan Lele yang Baik dan Benar

Salah satu kesuksesan dalam memproduksi usaha pemeliharaan lele ialah tepat dalam pemberian pakan. Karena kesalahan yang paling banyak petani ternak semua jenis lele adalah faktor pemberian pakan yang kurang tepat, sehingga menyebabkan cepat keruhnya air.

Berikut ini beberapa cara pemberian pakan lele yang dapat Anda baca sekaligus tiru untuk memelihara ikan lele yang sukses hingga masa panen tiba. Bagian cara pemberian lele dibagi mejadi 3 bagian:
  1. Pemberian pakan yang tepat waktu
  2. Persiapan jenis pakan yang berkualitas
  3. dan cara memberikan pakan sesuai standar pemeliharaan.
Pemberian pakan biasanya pada segmen pembenihan dan pembesaran yang keduanya hanya berbeda sedikit saja. Hanya saja terletak pada jenis pakan, baik pakan alami maupun buatan.

Pakan alami pada segmen pembenihan biasanya berupa cacing sutera yang diberikan pada saat larva lele berumur 5 hari. Lebih detailnya lanjut berikut cara pemeberian pakan lele.

nyareseh.blogspot.com


1. Pemberian Pakan yang Tepat waktu
Satu hal yang sangat penting dalam tata cara pemberian pakan lele adalah dapat memberikan pakan sesuai waktu yang telah ditentukan. Baik 2 kali, maupun 3 kali, dan bisa juga 5 kali sehari semuanya harus dijadwal sesuai aktifitas ikan lele.

Dalam pemberian pakan lele jangan terlalu pagi, usahakan mengaturnya setelah jam 9 pagi. Dari pengalaman petani ternak lele, pada pagi hari air masih tercemar oleh zat yang mengandung racun yang dibawa bersama udara atau embun pagi. 

Jika masih melakukannya, dikhawatrkan akan menyebabkan bibit penyakit yaitu ikan keracunan yang disebabkan oleh zat tersebut.

Anda dapat menunggu hingga sinar matahari menyinari air kolam tersebut yang membuang bekas penguapan air oleh udara. Radang insang merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh zat ini yaitu dibawa oleh parasit yang sebelumnya ikan memakan pakan yang tercampur zat yang merugikan.

Cara Pemberian Pakan Lele
anugrahpokdakan.wordpress.com


2. Persiapan jenis Pakan yang Berkualitas
Jika jenis pakan yang Anda gunakan berupa pelet yang masih berupa tepung, alangkah baiknya untuk memberikan dulu sedikit air hangat, ini khusus jenis pakan terapung agar pelet yang masih kering tadi dapat mengembang.

Persiapan pakan lele ini termasuk usaha yang sangat penting sebelum tau cara pemberian pakan lele sekaligus menjadi salah satu faktor suksesnya rernak lele. 

Salah satu sifat lele adalah sangat rakus terhadap jenis pakan apapun, jadi usahakan semaksimal mungkin untuk tetap membasahi pakan apung tadi agar dapat merata dalam kolam dan dimakan semua lele.

Cara pemberian pakan lele yang masih berupa mentahan atau baru saja berasal dari toko dan pengepul, baiknya dibersihkan dulu dengan cara mencucinya dengan air bersih, seperti cacing sebelum disebar di kolam Anda dapat membersihkan dulu.

Pada segemn pembesaran biasanya banyak yang menggunakan jenis pakan bakaran ayam tiren, maka sebelum dibakar Anda harus merebusnya terlebih dulu, agar dalaman ayam tadi dapat matang semua dan aman dikonsumsi untuk pakan ikan lele.

3. CaraPemberian Pakan Harus Susuai Standar

Cara pemberian pakan lele yang baik selanjutnya harus dapat diketahui oleh petani budidaya ikan lele baik jenis lele sangkuria maupun peternak lele organik dan lele dumbo agar usaha yang dijalankan sukses. Berikut langkah cara pemberian pakan lele yang baik serta tepat guna.

- Jika jenis pakan lele yang diberikan berupa pelet apung, cara pemberian pakan lele yang baik harus dapat merata dipermukaan kolam yaitu terbagi menjadi 3 bagian. Bagin tersebut berawal dari ujung kiri, tengah, dan ujung kanan.

pemberian awal dapat Anda kasih pada ujung kiri maupun ujung kanan, setelah habis, baru sebelah tengah kolam, dan sebelah kanan maupun kiri kolam. Hal ini untuk melatih ikan lele tetap aktif berenang agar pertumbuhannya dapat maksimal.

Metode seperti ini sudah dilakukan oleh petani budidaya ikan lele sejak dulu hingga sekarang ini. Dan hasilnya tak diragukan lagi. Karena cara pemberian pakan lele seperti ini akan memudahkan ikan dapat bagian makan semua.

- Sedangkan cara pemberian pakan ikan lele berupa pelet tenggelam akan berbeda lagi. Pemberian pakan pelet tenggelam ini hanya fokus pada satu tempat saja. lemparkan pelet secara pelan-pelan dan sedikit-sedikit agar ikan lele dapat merasakan makan semua, dan juga pakan tidak mubazir di dasar kolam.

Trik pemberian pakan seperti akan menjadikan lele tatap aktif mengejar pakan yang kita berikan. Jika lele terlihat dari atas kolam, sangat bagus karena pakan akan dapat diserap semua lele.

- Cara pemberian pakan ikan lele pada tahap pembenihan tak jauh beda dengan pembesaran, yaitu berupa cacing sutera yang diberikan berawal dari sisi sudut kolam, dan kolam bagian tengah.

Ambil cacing sutera yang sudah bersih, kemudian dengan tangan letakkan pada sudut kolam satu titik saja, lalu lakukan lagi pada titik yang berbeda. Berapapun jumlah larva pasti akan kebagian makan. Salah satu tekhnik pemberian pakan lele yang baik untuk tahap pembenihan.

Untuk tahap pembesaran cara pemberian pakan lele yang berupa ayam bakar tadi dapat Anda gantung di tengah kolam. Cara pemberian pakan ini untuk menjaga kolam tetap bersih dari sisa tulang ayam tersebut.

Tulang tidak akan hancur walaupun di dalam air yang cukupp lama, yang ada kaki kita akan hancur dengan menginjak saat panen tiba. cara pemberian pakan lele ini sangat baik sekaligus memberikan wawasan untuk pemula yang krang tau merawata ikan lele. Sekian semoga bermanfaat.