March 5, 2017

Ini Dia Cara Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan untuk Pemula

Bisnis Ikan Lele Infoikan.com Sudah tahukah keuntungan bisnis ikan lele terutama untuk pemula? atau pengen tahu usaha bisnis ikan lele dengan cara membudidayakannya? Siapa sih yang tidak kenal dengan lele, salah satu jenis ikan air tawar yang mudah diternak. Cara ternak ikan lele agar cepat besar sendiri tak membutuhkan teknik khusus.

Dari dulu hingga sekarang para pembisnis ikan  lele jarang yang rugi, malah banyak meraup keuntungan yang berlipat. Bisnis ikan lele ini sangat menjanjikan untuk usaha masa depan walaupun untuk pemula. Maka tak heran jika banyak para petani yang masih terus budidaya ikan lele. Untuk itu berikut beberapa cara bisnis ikan lele yang menguntungkan untuk pemula.

 keuntungan ternak lele 1000 ekor


Langkah Tahapan Bisnis Ikan Lele yang Menguntungkan

Bagi Anda seorang pemula yang kurang tahu akan semua jenis ikan lele yang umum dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat, beriku beberapa gambar lengkap ikan lele yang mungkin bisa membantu sebelum mulai membuka usaha dan bisnis ikan lele.

Namun, pada kesempatan kali ini info ikan akan membahas salah jenis ikan lele yaitu lele dumbo untuk bisnis dan membuka usaha baru. Lele dumbo termasuk jenis ikan air tawar pendatang baru di dunis perikanan Indonesia. 

kali ini kita akan menyusun layaknya sebuah makalah ikan lele dumbo. Hal ini akan mengacu pada asal lele dumbo ini yaitu bersal dari Taiwan sebagai ikan hibrida. Yang induk jantan berasal dari Afrika dan induk betina berasal dari Taiwan (Clarias Fuscus), kemudian lahirlah lele dumbo dengan nama ilmiah Clarias Gariepinus.

Dan kenyataannya disambut oleh para pecinta perikanan, apalagi petani-petani ikan yang telah makan garam menggeluti budidaya ikan merasa sreg menerima bisnis yang berprospek baik. 

Dan sejak itulah di Indonesia terdapat sentra-sentra perikanan ikan lele dumbo, baik yang mengelola individu maupun pengelola yang bergabung dalam koperasi untuk usaha dan bisnis ikan lele pada skala semi intensif sampai intensif.

Tempat Ternak lele

Tempat Ternak lele


Bisnis Ikan Lele Ini Untung Jutaan
Maranya berita aktual tentang lele dumbo ternyata tidak hanya membuat hati gembira para pengelola ikan, tetapi juga disambut hangat oleh insan-insan kreatif para pengusaha dan bisnis ikan lele terutama pengelola restoran, pemilik usaha rumah makan, usaha warungan biru pinggir jalan dengan membuka menu spesial pecel lele, lele goreng, lele bakar.

Dari pemantauan di beberapa daerah baik di kota besar maupun di kabupaten dan bahkan sudah melebar ke desa-desa, rumah makan, restoran atau pengusaha warungan yang membuka usah dan bisnis ikan lele ternyata peminatnya sungguh luar biasa.

Memang, lele dumbo bukan sembarang lele yang tidak bisa disepelekan begitu saja oleh orang-orang yang kurang peduli kebolehannya. hanya orang-orang yang mengenal dan tahu persis kehebatannya, barulah mereka akan bilang sayang usaha dan bisnis ikan lele yang menguntungkan ini untuk dilewatkan.

Warung Pecel Lele

Warung Pecel Lele

Kelebihan Usaha dan Bisnis Ikan Lele

Bisnis Ikan Lele - Cepat Besar 
Kalau tidak cepat besar namanya bukan lele dumbo. Lele yang oleh orang barat disebut King Cat Fish (Si raja lele) ini memang pertumbuhannya sangat pesat, jauh berbeda dengan lele lokal.

Menurut hasil penelitian di Balai Penelitian Perikanan Air Tawar (BPPAT) Bogor terhadap pertumbuhan lele dumbo dengan lele lokal, dibuktikan bahwa umur larva yaitu 2 hari pertumbuhannya 1,2-3 mg, sedangkan lele lokal hanya 0,2-2 mg. Umur 5 minggu lele dumbo mempunyai berat 10-15 gram dan lele lokal pada umur yang sama beratnya 1-1,5 gram.

Jika lele dumdo dibudidayakan pada kolam yang singkat kesuburannya, baik dari benih berukuran 3-5 cm lele dumbo dapat dipanen dalam jangka waktu 2,5 bulan sejak penebaran benih.

Sedaangkan untuk lele lokal butuh waktu sekitar 6-8 bulan untuk mencapai berat 100-150 gram per ekor. 

Kecepatan tumbuh berdampak sangat positif dan sangat dibutuhkan oleh para pembudidaya, dengan begitu akan menghemat biaya segalanya, baik biaya pakan, biaya dalam pembentukan waktu serta tenaga dan ujung-ujungnya akan menambah keuntungan untuk usaha dan bisnis ikan lele ini, karena semakin cepat dapat dinikmati hasilnya.

Usaha Ikan Lele

Usaha Ikan Lele


Ikan Lele Memiliki Rasa yang Nikmat 
Bagi seorang pemula yang baru memulai membuak usaha dan bisnis ikan lele jangan pernah khawatir. 

Kenikmtana rasa lele dumbo tak dapat diragukan lagi, dagingnya relatif tebal, durinya mudah dikelupas untuk dipisahkan dengan daging, dagingnya putih bersih, rasanya gurih apalagi sang juru masak terampil mencampur bumbu, kegurihannya semakin terasa, pokoknya membuat lidah bergoyang.

Dengan tubuhnya yang tanpa sisik, menambah kemudahan untuk menyantapnya, sehingga tak merasa risih oleh sisik-sisiknya. Kelezatan rasa ini telah terbukti oleh penikmat pecel lele, lele goreng dan lele bakar di rumah makan, usaha warung-warung pinggir jalan.

Di hotel-hotel pun masakan lele dumbo telah masuk di daftar menu. Selain meiliki nilai lebih yaitu kelezatan rasa, bisnis ikan lele yang menguntungkan sekali, lel dumbo disinyalir memiiki kandungan protein antara 20-37% tiap ekornya, kandungan lemak 4,8 dan mineral 1,2%.

Masakan Ikan Lele

Masakan Ikan Lele


Bisnis Ikan Lele - Jenis Pakan Lele Dumbo Sangat Mudah
bagi petani budidaya lele dumbo sudah merasakan kemudahan dalam beternak lele ini dan meraih keuntungan yang berlipat dari usaha lele.

Lele dumbo termasuk jenis ikan air tawar yang tidak pilih-piih pakan, ibarat diberi apa saja tidak akan ditolak. Meskipun pada dasarnya ikan lele jenis hewan karnivora (pemakan hewan), tapi nyatanya daun-daunan, bangsa ganggang, sisa makan disantap juga.

Pakan yag ada di kolam dimana dia hidup dimakan seperti bangsa protozoa, udang renik, cacing, bahkan belatung, ulat daun pisang, dan bangkai-bangkai hewan.

Mudahnya menerima dari segala jenis pakan membuat nyaman bagi para pemelihara, setidak-tidaknya angka kematian karena kurang makan akan menjadi berkurang, jika menghendaki pakan yang bergizi tentu harus diberi pakan buatan yaitu pellet, yang tidak bisa ditinggalkan.

Pakan Ikan Lele Dumbo

Pakan Ikan Lele Dumbo


Mudah Dipelihara dan Budidaya (Cocok dengan Semua Tempat)
Semakin banyaknya para peternak dan budidaya ikan lele dumbo disebabkan karena permintaan pasar yang tinggi terutama pada pengusaha dan bisnis ikan lele warungan, perhotelan, dan warung makan sederhana.

Toleransi bagi lele dumbo yaitu terhadap lingkungan hidup. Lele ini mampu dan tahan hidup pada perairan yang mewah, dengan sirkulasi air yang baik dan jernih sampai pada lingkaran yang sangat kumuh, yaitu ditempat keruh, peceren (Got) dan yang paling ekstrim mampu hidup di septitang (Tempat kotoran manusia).

Perairan yang kurang baik saja mampu bertahan hidup dan bisa tumbuh semestinya, apalagi kondisi kolam yang dirancang sedemikian canggih, misalnya sumber air baik dan sehat, tidak tercemar, kolamnya luas dan subur, pakannya bergizi dan tinggi, niscaya lele dumbo yang merasa dipelihara akan hidup tenang dan bagi pengusaha akan meraih keuntungan.

ternak lele dalam drum plastik

cara ternak lele yang baik dan benar


Aspek Biaya Memulai Bisnis Ikan Lele 
Biaya dan modal kadang-kadang menjadi kendala untuk memulai suatu usaha terutama bagi calon wirausahawan atau calon pembudidaya ikan lele serta jenis perikanan lainnya.

Namun, tidak dengan lele dumbo, usaha pengolaman ini dapat dilakukan dalam kolam skala kecil, terlebih lagi yang sudah memiliki lahan kosong disekitar pekarangan rumah, sawah atau tegalan, sayang sekali kalau lahan ini dianggurkan.

Dengan demikian telah menghemat banyak biaya lahan. Untuk skala sedang memulai usaha dan bisnis ikan lele dapat menghimpun dalam bentuk koperasi sehingga segala persoalan mengenai biaya atau permodalan dapat dibicarakan secara bersama-sama.

Aspek Teknik Budidaya Ikan Lele Dumbo
Teknik budidaya ikan lele dumbo tidak membutuhkan teknik gaya moderen dengan teknik konvensional bisa dijalankan, tanpa perlu kursus, tetapi cukup belajar membaca yang banyak dari berbagai sumber saja sudah cukup untuk memulai usaha dan bisnis ikan lele ini.

Pemliharaan lele dumbo sangat sederhana dan tak beda jauh memelihara jenis ikan lain, bahkan lebih mudah. kegiatan pemeliharaan setiap hari bisa dijalankan bersama pekerjaan lain (sambilan).

keuntungan ternak lele 1000 ekor

cara ternak lele di kolam tembok

Bisnis Ikan Lele - Aspek Pasar yang Mudah

Seorang pengusaha dan pembisnis ikan lele sebelumnya tentu akan melihat dulu permintaan pasar. untuk ikan lele khususnya dumbo ini sudah tidak diragukan lagi, karena sampai sekarang ini pembudidaya masih relatif sedikit jika dibandingkan dengan sektor wirausaha yang lain.

Tak hanya itu, konsumennya tidak mengenal golongan umur, tidak mengenal orang kaya ataupun orang miskin, semua tidak pantang mengkonsumsi, bahkan sangat dianjurkan untuk makan bahan makanan yang megandung protein dari ikan.

Pasar-pasar tradisional, rumah makan, hotel, restoran, kolam wisata pemancingan, warung-warung di pinggir jalan, semua itu adalah pasar potensial untuk dijadkan usaha dan bisnis ikan lele yang menguntungkan, dan akan lebih bagus masuk menjadi anggota perkumpulan (Koperasi) ikan lele dumbo.
Berbagai Sumber..
Baca Juga: