March 21, 2017

Ini Dia Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele Infoikan.com Pengen tau penyakit lele dan obatnya? atau sudah tau manfaat jantung pisang untuk mengobati lele? Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang budidaya dan ternak lele para petani adalah moncong putih. 

Jika tidak segera di kendalikan dapat membahayakan semua lele peliharaan. Tak hanya itu, jenis penyakit lain adalah menggantung. Untuk cara mengobati ikan lele yang menggantung diperlukan penanganan yang khusus. Akan tetapi kali ini info ikan ingin berbagi tips cara mengatasi penyakit moncong putih pada lele. Berikut penjelasan singkatnya.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele


Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih pada Lele

Bagi Anda yang sekarang ini sedang melakukan budidaya ikan lele dan ikan peliharaan sobat terserang penyakit moncong putih, berikut beberapa cara mengobati penyakit moncong putih secara alami dengan membuat ramuan herbal.

Jenis Obat Alami Mengobati Penyakit Moncong Putih pada Lele
Jantung Pisang untuk Lele
Cara mengatasi penyakit moncong putih pada lele yang pertama Anda dapat menyediakan bahan alami seperti jantung pisang. Bahan ini mudah sekali untuk kita temukan dan manfaatnya untuk lele juga sudah teruji oleh beberapa petani.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele - Jantung Pisang


Obat Alami Moncong Putih pada Lele - Daun Pepaya
Fungsi utama daun pepaya ini untuk menstabilkan kembali Ph air kolam pemeliharaan lele. Yang mana penyebab timbulnya penyakit moncong putih oleh bakteri dapat dicegah sekalis menetralkan penyakit lele ini.

Cara membuat obat herbal alami untuk moncong putih pada lele cukup membuat adonan dari cacahan daun pepaya dengan air. kemudian masukkan ke dalam kolam. Banyak sedikitnya menyesuaikan lele peliharaan sobat.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele - Daun Pepaya


Obat Alami Moncong Putih - Bonggol Pisang
Manfaat bonggol pisang ini lebih tepatnya dapat mengatasi timbulnya penyakit jamur pada lele yang akan berubah menjadi moncong putih. Cara pemberian sederhana saja, jika PH air sudah berubah normal, maka hentikan pemberian yang berlebihan.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele - Bonggol Pisang


Garam Grosok/Krosok Obat Alami Penyakit Moncong Putih
Dari dulu hingga sekarang yang namanya garam pasti sangat mujarob dan ampuh mengatasi segala jenis penyakit. Pada umumnya fungsi garam ini dapat membunuh parasit dan bakteri yang menyerang lele. 

Cara pemberian cukup ditaburkan saja pada kolam pemeliharaan lele. Yaitu dengan perbandingan 1:2, setiap 4 liter air 2 sendok teh.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele Garam Krosak


Obat Herbal Alami Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele - Buah Mengkudu
Caranya sangat mudah, Anda tinggal tumbuk halus buah mengkudu, kemudian rebus dan ambil airnya saja, lalu campur dengan antibiotik enroflox acin. Caranya campurkan saja pada pakan ikan lele.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele  Buah Mengkudu


Jahe Obat Herbal Mengatasi Penyakit Moncong Putih pada Lele
Jahe sangat cocok digunakan pada ternak lele yang baru berusia 3 - 4 minggu dari penyakit kembung. Caranya mudah sekali, haluskan jahe dengan cara diparut, kemudian campur dengan air, lalu tebar pada kolam lele secara merata.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele


Obat Alami Sembuhkan Penyakit Moncong Putih pada Lele - Ciplukan
Utamanya buah ciplukan ini untuk mengatasi penyakit lele yang disebabkan oleh bakteri dan akan timbul radang, bengkak, dan borok. Jika terlihat ikan lele peliharaan sobat, lakukan pengobatan dengan cara di bawah ini:

Sediakan daun ciplukan 15 - 30 gram, kmudian masak dengan air 100 ml, lalu biarkan dingin dan ikan lele sipa untuk direndam.

cara mengobati ikan lele yang menggantung


Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih pada Lele - dengan Daun Kelor
Salah satu penyebab lele sakit adalah karena bakteri yaitu jenis bakteri aeromonas hydrophila yang akan timbul penyakit bercak merah dan bakteri streptococcus agalactiae menyebabkan lele mengalami stress, mata menonjol, berenang cepat kembali lagi, serta warna tubuh menjadi pucat hitam.

Cara membuat ramuan herbal alami untuk penyakit lele ini adalah sediakan daun kelor, kemudian cacah lembut, lalu campur dengan air 100 ml saring, gunakan air ini untuk merendam lele yang sakit.

penyakit lele dan obatnya


Obat herbal Alami Mengatasi Penyakit Moncong Putih pada Lele
Jambu biji merupakan tumbuhan yang dapat kita manfaatkan untuk obat penyakit lele. Funsinya dapat mengobati ikan lele dari bakteri jenis aeromona shydrophila yaitu lele akan timbul bercak merah pada tubuhnya.

Cara membuat ramuan alaminya, sediakan daun jambu biji, kemudian haluskan dengan cara dicacah (5 - 6 daun) campur dengan air 1 liter, lalu aduk dengan makanan lele hingga rata. Dan sebagian dicampur dengan air untuk merendam ikan lele yang sakit. Minimalnya kasih waktu 48 jam.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele


Daun Meniran
Cara mengatasi penyakit moncong putih pada lele yang terakhir ini penyebabnya oelh bakteri jenis aeromonas hydrophila. Yang timbul dapat berupa borok, bercak merah. Sedangkan bakteri edwarsiella tarda akan menyebabkan timbulnya penyakit luka pada kulit.

Cara membuat ramuan alami: Buatlah bubuk dari daun meniran ini, kemudian campur dengan 1 liter air, lalu ambil ikan lele yang sakit dan rendam dalam larutan ini selama sekitar 5 jam. 

Cara lain: cacah daun meniran sebanyak 20 gram, kemudian campur jadi satu dengan pakan ikan lele sebanyak 1 kg.

Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele


Demikian sobat sedikit berbagi tentang cara mengatasi penyakit moncong putih pada lele ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk menyembuhkan perawatan ikan lele Anda.

Baca juga: