March 19, 2017

Jenis Ikan Hias dan Harganya Sekarang Ini

Jenis Ikan Hias dan Harganya Infoikan.com Pengen tahu jenis ikan hias yang mudah dipelihara? atau ingin tahu harga ikan hias murah? Sudah tidak asing lagi dengan ikan hias ini, salah satu ikan yang dapat memberikan ketenangan sekaligus mempercantik halaman dan ruangan rumah kita. 

Tak sedikit yang sudah melakukan budidaya ikan hias ini, baik untuk dipelihara sendiri maupun usaha dan bisnis ikan hias. Macam-macam ikan hias sendiri untuk sekarang sudah tidak bisa dihitung. Bagi Anda pemula yang ingin mengetahui jenis ikan hias dan harganya berikut beberapa daftar nama jenis ikan hias yang dapat sobat rawat dan pelihara.

Jenis-Jenis Ikan Hias dan Harganya


Jenis-Jenis Ikan Hias dan Harganya yang Populer Dipelihara

Jenis ikan hias sendiri dibagi menjadi beberapa spesies. Kali ini info ikan akan memberikan beberapa jenis ikan hias terutama yang berukuran kecil tapi sangat cantik dan indah untuk menerangi ruangan kita. 

Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil dan Harganya pada Pasaran Sejarang Ini

1. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Guppy
Jenis Ikan Hias dan Harganya guppy

Jenis Ikan Hias dan Harganya Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berukuran kecil. Ikan yang bertubuh mungin dan mempunyai ekor yang cantik dan indah membuat pembudidayanya semakin kehabisan stock. Harga ikan guppy kisaran antara Rp.800 - Rp.2000 rupiyah saja Anda sudah bisa membawa pulang.

Tak hanya itu, jenis ikan guppy sendiri sangat banyak yang tentunya harganya akan berubah sesuai dengan minat dan permintaan pemeliharanya. 

Namun, semakin banyak yang melakukan budidaya ikan guppy, sekarang ini harganya semakin murah. Anda dapat melihat langsung dan bertanya pada penjual ikan hias di kota sobat tinggal.

2. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Cupang
Siapakah yang belum tahu ikan cupang. Ikan yang setiap hari dibuat ajang bertarung dalam laga sekaligus buat hiasan para pemeliharanya. Dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa sekarang ini sudah merajalela merawat dan memlihara ikan cupang.

Harga ikan cupang pada pasaran kisaran antara Rp.4000 - Rp.10.000,-. Waow lumayan mahal ya..harga cupang segitu belum seberapa, kemaren ikan cupang pernah terjual dengan harga puluhan sampai ratusan ribu padahal ikan cupang termasuk jenis ikan hias yang berukuran kecil lho.

Nama latin ikan cupang dikenal dengan Betta Sp, jangan kaget jika ada sebagian orang menyebut dengan nama itu. Yang mana merupakan ikan endemik yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara. Dan di daearh-daearh tropis ikan cupang ini akan berkembang dengan warna yang berbeda.


Kelebihan ikan cupang ini ternyata mampu berthana hidup walaupun pada tenpat yang minim akan udara alias sedikit airnya bahkan tanp aerator sekalipun. 

Jenis ikan hias cupang sendiri dikategorikan ke dalam 2 macam, yaitu cupang hias dan cupang adu. Cupang hias dipelihara hanya untuk hiasan ruangan dan cupang adu dipelihara untuk diadu dengan sesamanya di laga. Namun yang terkenal antara lain seperti cupang plakat, halfmoon, cupang serit, cupang giant, dan lainnya.

Jenis Ikan Hias dan Harganya Cupang

Jenis Ikan Hias dan Harganya Cupang


3. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Molly Balon
Khusus anak-anak yang lebih memilih jenis ikan hias ini. Jika Anda berjualan ikan molly dengan harga murah, bisa dipastikan akan cepat habis, ya iyalah kan harga ikan hias molly murah.. 

Ikan molly babon masih merupakan ikan hias air tawar yang mudah dipelihara sekalipun itu pemula yang belum mengetahui cara-cara merawat ikan hias yang benar dan baik. Alangkah baiknya jika memelihara ikan molly ini di dalam akuarium di ruangan Anda sendiri.

Harga ikan hias molly balon ini sangat murah dan Anda dapat membawa pulang 3 ekor molly dengan harga Rp.5000 saja. Maka tak heran sekarang ini lebih memilih membeli ikan molly grosir. Kenapa begitu? Harga ikan molly grosir antara Rp. 600 - Rp. 800,- saja..Harga ikan hias murah bukan..!!

Jenis Ikan Hias dan Harganya Molly Balon


4. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Black Ghost
Salah satu ikan hias air tawar yang semakin tenar dan mudah dipelihara adalah ikan black ghost ini. Hal ini mungkin dilihat dari sekilas bentuk tubuhnya yang unik dan melebar layaknya bendera.

Jika Anda ingin melihat kelebihan ikan black ghost, lihatlah saat ikan hias ini berenang di dalam akuarium. Maka akan Anda dapati keunikan yang tak akan memalingkan pandangan darinya.

Anda dapat saja membawa pulang ikan ini. Karena harga ikan black ghost kisaran Rp.10.000 saja. 

Jenis Ikan Hias dan Harganya Black Ghost


5. jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Koi 
Ikan koi bukan lagi termasuk ikan hias kecil, akan tetapi sudah memasuki zona sedang besar. Ikan koi juga merupakan jenis ikan hias yang masih mudah kita pelihara. Contohnya saja jika sobat pergi ke rumah makan sederhana. kebanyakan dari mereka memelihara di halaman depan.

Harga ikan koi sendiri masih lumayan mahal, akan tetapi tak akan rugi jika Anda membelinya. Hal ini karena warna dan bentuk tubuhnya sangat cantik dan indah jika kita memelihara beberapa ekor dalam kolam.

Di toko ikan hias dan pemelihara, harga ikan koi kisaran Rp. 20.000 lebih, itupun masih kecil dan anakan.

Jenis Ikan Hias dan Harganya Koi

Jenis Ikan Hias dan Harganya Koi


6. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Maskoki
Nama latin ikan maskoki Carracius Auratus. Ikan maskoki masih dalam kategori dan keluarga ikan mas. Ikan maskoki sendiri berasal dari cina, kemudian dikembangkan dan populer oleh masyarakat jepang. Yang sekarang ini populer di Indonesia.

Jika Anda ingin membuka usaha dan bisnis ikan hias maskoki ini, ambillah dari sentranya kangsung yaitu berasal dari Jawa Timur. Ikan hias yang mempunyai warna serta bentuk tubuh yang unik ini mendapat sorotan semua kalangan.

Jika Anda melihat saat ikan hias ini berenang, pasti ingin memilikinya. Disamping itu, ikan maskoki ini mempunyai warna yag cantik dan mudahnya dipelihara.

Harga ikan koi kisaran Rp.10.000,-Ikan maskoki termasuk jenis ikan hias murah. Hal ini tidak sepadan dengan warna dan bentuk ukuran tubuhnya yang cantik dan indah.

Jenis Ikan Hias dan Harganya ikan Maskoki

Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Maskoki


7. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Louhan
Seorang pencari ikan pernah menemukan ikan seperti ikan louhan ini, akan tetapi ternyata bukan ikan louhan. Ikan louhan masih satu keluaga dengan Cichild karena jarang sekali orang menemukan louhan ini di alam bebas.

Ikan louhan akan dihargai mahal jika jenong yang ada di bagian kepalanya berukuran besar. Jika masih kecil harga ikan louhan murah banget. Salah satu keindahan pada ikan louhan itu tadi jenong atau nonong berbentuk benjolan pada keningnya.

Harga ikan louhan di pasaran sekitar Rp.50.000 yang kecil. Dan Rp.100.000 hingga ratusan yang berukuran besar atau dewasa sekarang ini. 

Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Louhan

Jenis Ikan Hias dan Harganya Ikan Louhan


8. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Arwana
Nama latin atau ilmiah ikan arwana adalah Scleropages sp yang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari Indonesia sendiri. Yang tepatnya pada perairan Pulau Kalimantan dan Papua. 

Untuk sekarang ini serba simpel dan mudah kita dapatkan. Berbeda pada zaman dulu, ikan arwana banyak ditemukan di alam bebas. Untuk sekarang ini sudah banyak yang melakukan budidaya ikan arwana dengan segala macam. 

Jenis ikan arwana sendiri bermacam-macam. Dari semua jenis tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Harga ikan arwana khusus di PT Arwana Indonesia jenis arwana Super Red dengan panjang 25 cm sekitar Rp. 10 juta satu ekor. 

Sedangkan di pasaran penjual ikan hias, harga ikan arwana sekitar Rp. 3,5 - 6 juta.

Jenis Ikan Hias dan Harganya Ikan arwana

Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Arwana


9. Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Discus
Ikan discus masih salah satu jenis ikan air tawar yag populer dan mudah kita pelihara.  

Ikan yang mempunyai nama latin Symphysodon ditemukan di sungai Amazon. nama ikan ini mengacu pada ukuran dan bentuk fitur tubuhnya yang layak seperti disc (piringan) yang disertai warna canitik diseluruh tubuhnya.

Ikan discus jika dipelihra dalam akuarium bersama dengan segerombolannya, maka akan menjuarai ikan hias terindah yang ada. Dengan gerakan yang lembut serta variasi warna tubhnya yang seragam menjadikan laris di pasaran.

Jika sobat ingin memelihara ikan discus, usahakan untuk meyediakan suhu antara 25-30 derajat C, karena disamping mudah dipelihara, juga mudah stress dengan lingkungan yang kurang memadai.

Harga ikan discus di pasarn sekitar Rp.50.000,- sampai ratusan dan itu juga tergantung ukuran besar kecilnya. Jika masih kecil harga ikan discus paling tidak ada 50 ribu.

Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Discus

Jenis Ikan Hias dan Harganya - Iakn Discus

10. Jenis iKan Hias dan Harganya - Ikan Oscar

Pada umumnya untuk memelihara ikan oscar ini lebih diutamakan dalam akurium yang terpisah dengan ikan lain saja. Isu yang menyebar teryata ikan oscar termasuk jenis ikan hias air tawar yag galak atau agresif terhadap ikan hias lain. 

Lebih cantik jika dipelihara satu gerombolan sejenis ikan sendiri. Harga ikan oscar sendiri tak menentu. Kisaran harga ikan oscar tak jauh beda dengan jenis ikan lainnya. 
Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Oscar

Jenis Ikan Hias dan Harganya - Ikan Oscar


Ini dulu sobat beberapa daftar jenis ikan hias dan harganya sekarang ini dan populer dipelihara sekaligus terdapat di penjual ikan hias. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber: 
http://www.majalahikan.com/ikan/jenis-ikan-hias-air-tawar-dan-harganya/
http://alamtani.com/ikan-hias-air-tawar.html
http://www.binatangpeliharaan.org/ikan/jenis-dan-harga-ikan-hias-air-tawar/