March 30, 2017

Makanan Ikan Lele Kecil yang Bagus Buat Pertumbuhan

Makanan Ikan Lele Kecil Infoikan.com Sudah tau makanan alami ikan lele? atau ingin tau cara membuat pakan lele sendiri agar cepat besar? Siapa sih yang tidak ingin ternak lelenya cepat besar dan panen sekaligus dapat terhindar dari berbagai penyakit. Makanan ikan lele sangat beragam, baik lele kecil maupun lele besar harus disediakan pakan tersendiri.

Budidaya ikan lele sangatlah mudah dilakukan, makanan jenis apapun akan dilahapnya. Dari pada membeli pakan lele dengan harga yang mahal, mending membuat sendiri pakan lele dengan bahan alami atau mencari pakan alami dari tumbuhan. Berikut makanan ikan lele kecil yang bagus buat pertumbuhannya.

Makanan Ikan Lele Kecil


Makanan Ikan Lele Kecil yang Bagus Buat Pertumbuhan

Beberapa jenis pakan ikan lele berikut ini sangat cocok sekali bagi Anda yang baru saja melakukan ususaha budidaya ikan lele, baik ternak lele sangkuriang maupun budidaya lele organik. Yang tentunya jenis pakan ini akan membuat lele peliharaan Anda cepat besar. 

Makanan Alami Ikan Lele
1. Beberapa makanan ikan lele kecil yang alami dapat Anda sediakan zooplankton, cacing kecil, larva, dan serangga air.

2. Makanan lele kecil fitiplankton seperti, Navicula spp (gol. Diatome), ankistrodesmus spp (gol. Chlorophyta), Gomphonema spp (gol. Diatome), Anabaena spp (gol. Cyanophyta).

3. Jika modal yang Anda keluarkan memelihara lele sangat banyak, alangkah baknya untuk membeli pakan yang khusus buat lele yang masih kecil. Ikan lele juga menyukai jenis pakan berpotrein seperti, makanan busuk.

4. Kotoran yang berasal dari kakus juga dapat Anda berikan. Walaupun jijik biasanya malah menjadi alternatif pakan lele kecil ini. Yaitu dengan cara membuat jembatan di tengah kolam, kemudian kotoran kita secara langsung dapat dimakan lele ini.

Makanan Tambahan Ikan Lele Kecil
1. Bagi pemelihara ikan lele yang sudah tumbuh dewasa, dapat disediakan sisa makanan keluarga, bangkai yang dipanggang, usus ayam, daun kubis, hancuran tulang ayam, dan tulang ikan.

2. Anda juga dapat membuat pakan ikan lele dari campuran ikan rucah dan dedak dengan perbandingan 9:1. Campuran antara bekicot, jagung, dan bekatul dengan perbandingan 1:1:2.

Makanan Buatan untuk Ikan Lele Kecil
Berikut komposisi membuat pakan ikan lele:
1. Komposisi bahan berat (%): tepung kacang hijau=9,00; tepung darah=5,00; dedak=9,00; vitamin=1,00; mineral=0,500; tepung ikan=27,00; bungkil kacang kedele=20,00; tepung terigu=10,50; bungkil kacang tanah=18,00;

2. Cara Membuat Pakan Ikan Lele Sendiri dengan Harga Murah
Langkah-langkah pembuatan pakan ikan lele murah: 
Semua bahan di atas dihaluskan, kemudian jadikan sebuah adonan, keringkan dan cetak dengan mengurangi kadar air 10%. Tambahkan minyak sebelum diberikan pada lele sebagai pembentuk lemak. 

Kelebihan pemberian campuran minyak pada pakan pelet ini akan memperlambat pakan tenggelam dalam kolam yang umum disebut pakan apung. 

Cara Memberikan Makanan Ikan Lele Kecil

Ketika umur lele nginjak 6 minggu, Anda dapat mengenalkan pakan pelet sebelum pakan tepung diberikan yaitu selama 10-15 menit.

Jangan sampai memberi pakan lele pada saat terik matahari, biasanya tingkat nafsu makan akan berkurang. 

Pemberian pakan lele kecil maupun besar dapat Anda berikan 2 kali sehari. Makanan utama biasanya berupa pakan pelet, sedangkan makanan tambahan lele kecil berupa jeroan ayam yang bertujuan agar pertumbuhannya cepat besar. 

Banyak sekali yang sudah memberikan sisa makann kita seperti nasi yang langsung dimasukkan kolam, jika tidak dihati-hati dan menguras air secara berkala dapat menimbulkan keruhnya air kolam.

Sisa ikan kecil, rebusan telur kopyor, usus, jeroan ikan, semuanya dapat Anda beikan untuk memberi pakan ikan lele kecil ini.

Pakan Tambahan untuk Makanan Ikan Lele Kecil
  1. Ikan asin yang dihaluskan dan direbus.
  2. Dedak halus hasil penggilingan padi.
  3. dan Ampas tahu.
Dengan perbandingan 1:5:10 dengan gambaran ampas tahu 10 kg + katul 5 kg+ dan ikan asin 1 kg yang diaduk jadi satu, kemudian berikan sesuai kebutuhan ikan lele,

Demikian sedikit ulasan tentang makanan ikan lele kecil yang bergizi ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga:
-Larva Lele Mati Setelah Menetas? Ini Dia Penyebab dan Solusinya
-Cara Lerlengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok
-Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal yang Menguntungkan