March 29, 2017

Penyebab Bibit Lele Banyak yang Menggantung Lalu Mati

Penyebab Bibit Lele Banyak yang Menggantung Infoikan.com Pernah melihat lele menggantung setelah makan? atau ingin tau mengatasi lele stres? Salah sau jenis ikan air tawar yang mudah di ternak adalah ikan lele. Dalam melakukan budidaya ikan lele pasti pernah mengalami kendala yaitu penyakit, salah satunya yang banyak dialami petani dan ingin tau penyebab ikan lele berdiri.

Jenis penyakit inilah yang  menentukan berhasilnya ternak ikan lele. Jikan selama masa proses pemeliharaan berjalan mulus tanpa timbulnya penyakit, untung akan diraih. Salah satunya yaitu lele menggantung, yang sampai sekarang masih buat pertanyaan para pemula ingin tau penyebab bibit lele banyak yang menggantung. Berikut info ikan sedikit berbagi rahasia budidaya ikan lele yaitu penyebab bibit lele menggantung lalu mati.

Penyebab Bibit Lele Banyak yang Menggantung


Penyebab Bibit Lele Menggantung Lalu Mati

Sebelem melakukan proses pemeliharaan ikan lele, alangkah baiknya untuk meneliti dan mengetahui segala macam jenis penyakit ikan lele ini. Seperti yang sudah terjadi belakangan ini yaitu ikan lele menggantung, keadaan diam lurus tegak berdiri seperti terbalaik kepala di atas dan badan di bawah.

Pada umumnya gejala awal tumbulnya penyakit ini adalah kurangnya nafsu makan pada ikan lele. Lantas, kira-kira apa penyebab bibit lele banyak yang menggantung lalu mati?

Salah satu penyebab bibit lele menggantung biasa karena srress, yaitu kurangnya memperhatikan keadaan bibit tersebut misalnya kurangnya proses adaptasi dengan air baru dan langsung main tebar saja.

Usahakan ketika bibit lele baru datang agar mengambil sebagian air kolam baru, kemudian mencampurkan air tersebut ke dalam plastik atau drum tersebut. Lalu baru dimasukkan ke dalam kolam pemeliharaan.

Kesalahan Umum Tebar Bibit Lele yang Salah bagi Pemula
Gejala lain penyebab bibit lele banyak yang menggantung antara lain ketika adaptasi gagal, biasanya bibit lele suka berada di pojok kolam dan keadaan bergerombol. 

buruknya kondisi air kolam juga bisa menjadi penyebab bibit lele menggantung. Kadar amoni yang terlalu dibiarkan akan menjadi penyebab ikan lele berdiri, yaitu pemberian pakan yang kebanyakan dan tidak dapat terurai denagn normal sehingga menumpuk di dasar kolam.

Pernah melihat lele Anda menggantung di malam hari? Untuk penyebab ini biasanya penurunan kadar oksigen dalam air yang terlalu rendah, yaitu air akan berubah menjadi lebih dingin dari biasanya.

Penyebab Bibit Lele Banyak yang Menggantung


Penyebab Ikan Lele Mengambang di Permukaan Kolam
Beberapa petani memberikan penjelasan mengenai penyebab bibit lele banyak yang menggantung dan mengambang di permukaan kolam. Penyakit radang usus dan perut kembung dapat menjadi penyebabnya. Yaitu kedaan perut lele hanya berisi angin dan cairan saja.

Cara Mengatasi Bibit Lele yang Banyak Menggantung dan Berdiri

Jika keadaan ini dibiarkan secara terus menerus, kematian akan menjemputnya. Segera lakukan penyortiran dengan memindahkan lele yang menggantung di tempat tersendiri yatu kolam karantina khusus. 

Selanjutnya Anda dapat langsung memberi pengobatan untuk lele yang terserang penyakit tersebut. Obat alami lele menggantung biasanya dengan menggunakan garam dan obat herbal lainnya.

Berikutnya pH air kolam juga harus diperiksa, suhu, kadar amonia, salinitas, tingkat kekeruhan, dan oksigen yang larut dalam air. Usahakan untuk memberikan fasilitas yang ideal untuk perawatan ikan lele. Yang lebih utama Anda dapat melakukan dan memperbaiki kualitas air kolam.

Penyebab Bibit Lele Banyak yang Menggantung


Inilah beberapa penjelasan tentang penyebab bibit lele banyak yang menggantung lalu mati, semoga bermanfaat dan memberikan apa yang Anda cari. Selamat mencoba dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga:
-Cara Cepat Mengobati Benih Lele yang Menggantung Secara Alami
-Cara Supaya Lele Cepat Sembuh dari Penyakit
-Cara Mengatasi Penyakit Moncong Putih Pada Lele
-Obat Alami Sembuhkan Lele Borok 
-Obat Alami Ikan Lele Agar Tidak Mati