March 24, 2017

Penyebab Ikan Lele Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Ikan Lele Tidak Mau Makan Infoikan.com Sudah tau cara menambah nafsu makan ikan lele? atau igin tau cara mengobati lele stres? Semua orang pastinya tidak ingin ikan peliharaannya terserang penyakit, apalagi sampai tidak mau makan. Ini bukti kalau ikan tersebut terserang penyakit.

Salah satu penyakit ikan lele yang populer sekarang ini adalah penyebab ikan lele mengambang di permukaan kolam. Ikan lele merupakan jenis ikan konsumsi yang tahan terhadap penyakit. Akan tetapi beberapa ikan lele timbul dan tumbuh jamur serta penyebab ikan lele tidak mau makan sebenarnya banyak sekali yang harus kita ketahui. Berikut salah satu penyebab ikan lele tidak mau makan.

Penyebab Ikan Lele Tidak Mau Makan


Penyebab Ikan Lele Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Mungkin kalau kejadiannya cuma bebera ekor lele tidak begitu mengapa, akan tetapi yang dikhawatirkan seluruh isi kolam tidak mau semua. 

Memelihara ikan lele sangat menyenangkan, apalagi ketika dia tau kita akan memberikan makanan, pastinya akan langsung berada di permukaan air. Akan tetapi ketika suasana tak seramai seperti biasanya yaitu kurang nafsu makan terhadap pakan pelet yang kita berikan. Tanda tanya mulai datang. 

Berikut beberapa masalah dan penyebab ikan lele tidak mau makan:
1. Langkah awal Anda dapat memberikan peluang untuk berpuasa, yaitu satu hari penuh jangan dikasih makan dulu.

2. Hari kedua coba bisa dikasih maka, kalau hanya beberapa ekor saja yang mau makan pelet, berarti ada masalh besar dalam kolam, baik air, maupun jamur, dan bakteri lainnya.

3. Anda dapat mengambil sebagian air kolam, jika kualitas air buruk terutama timbul bau (bau busuk) yang menyenagt, berarti perlu penggantian sebagian air kolam. 

4. Lele keadaan stress. Hal sangat berpengaruh sekali terhadap makanan yang kita berikan. Penyebabny tadi karena kualitas air buruk sampai-sampai berefek kurangnya nafsu makan.

nafsu makan lele menurun
kominitas-lelesangkuriang.blogspot.com

penyebab ikan lele mengambang di permukaan kolam
campusternak.blogspot.com


Penyebab Kualitas Air Kolam Lele Cepat Buruk 

1. Banyaknya Pemberian Pakan
Salah satu hal yang mengacu adalah jenis pakan pelet dan pakan tambahan. Umunya jika berlebihan pakan akan mudah tenggelam yang menyebabkan memperburuk kualitas air. 

Jangan merasa nyaman dulu dengan pakan yang terapung, dari sinilah lama kelamaan sisa pakan yang terapung akan tenggelam juga. Akan tetapi yang lebih banyak adaah pakan tambahan yang langsung tenggelam hingga dasar.

Jika dibiarkan terlalu lama, hal yang terjadi akan berubah menjadi amonia sekaligun membuat lele mabuk atau stress.

2. Penyebab Ikan Lele Tidak Mau Makan - Kotora Lele Sendiri
Semua penyebab ikan lele tidak mau makan adalah karena faktor kualitas air kolam. Ikan lele juga mengeluarkan kotoran seperti layaknya makhluk hidup lainnya. Jika air tidak sering diganti, maka air akan berubah menjadi keruh dan menimbulkan penyakit.

3. Terdapat Beberapa Ikan Lele Mati dan Dibiarkan
Penyebab ikan lele tidak mau makan yang ini merupakan dari dalam yaitu terdapat bangkai lele yang tidak segera diangkat dikeluarkan dari kolam. Bau busuk dari bangkai ini akan menyebar ke seluruh kolam, dan memperngarui kesehatan lele yang lainnya. Sehingga ikan lele berubah menjadi stress karena buruknya air.

Hal ini sudah pernah terbukti dari beberapa petani budidaya ikan lele. Pembuktian dapat Anda lakukan ketika akan mengambil ikan lele hingga dasar kolam. Pasti akan menemukan beberapa ekor lele yang mati tenggelam.

Pada umumnya jika terdapat lele yang mati pastinya akan mengapung di atas permukaan air. Akan tetapi jika yang terjadi demikian, karena begitu kotornya kualitas air kolam. Sehingga keatiannya tidak diketahui oleh pemeliharanya.

cara mengobati lele stres
paranet123.com

menambah nafsu makan ikan lele
aquariumhias.blogspot.com


Cara Mengatasi Ikan Lele Tidak Mau Makan

Salah satu solusi penyebab ikan lele tidak mau makan diantaranya Anda dapat menguras atau mengganti air kolam, yaitu dengan cara mengganti 2/3 air kolam saja dan mengisinya dengan air baru yang sebelumnya sudah diendapkan selama 1 minggu.

Setelah ini tunggu ikan lele Anda merospon dengan pakan yang diberikan. Intinya jangan sampai telat dalam mengganti air kolam. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan lele Anda.

akan tetapi, jika kualitas air masih bagus, salah satu penyebab ikan lele tidak mau makan adalah karena sudah kenyang. Mungkin sebelum Anda sudah ada yang memeberi makan pelet.

Berbagai sumber petani dan peternak ikan lele.
Baca juga:
- Larva Lele Mati Setelah Menetas? Ini Dia Penyebab dan Solusinya
- Panduan Lengkap Cara Ternak Ikan Lele
- Cara Lerlengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok