March 21, 2017

Ukuran Ikan Lele Buat Ternak yang Pas Berapa?

Ukuran Ikan Lele Buat Ternak Infoikan.com Sudah pernah budidaya ikan lele di kolam terpal? atau ingin tahu cara budidaya ikan lele di kolam tembok? Siapa sih yang tidak kenal lele, salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak memberi manfaat untuk kebutuhan kita sehari-hari.

Tak hanya itu, kini sudah banyak sekali yang ternak ikan lele baik buat konsumsi sendiri maupun untuk bisnis dan usaha sampingan. Dari sini banyak pertanyaan yang muncul terutama pemula yang ingin budidaya ikan lele. Kira-kira berapa ukuran ikan lele buat ternak yang ideal dan bagus untuk pertumbuhan?

budidaya ikan lele di kolam terpal


Ukuran Ikan Lele Buat Ternak dan Budidaya 

Sebenarnya untuk memilih jenis besar kecil ukuran lele buat ternak sangat bervariasi, dan itu tergantung Anda menginginkan yang seperti apa. Juga dilihat dari modal yang dikeluarkan. Berikut beberapa daftar ukuran ikan lele buat ternak yang pas dan ideal dan sering dilakukan buat ternak lele.

Berikut ini ukuran ikan lele buat ternak yang sering dibeli dan dimulai banyak peternak: 

Ukuran ikan lele buat ternak 2 - 3 ( Dengan modal awal sederhana dan modal akhir yang banyak) karena jika kecil dapat Anda carikan cacing sutera dan makanan alami.

Ukuran ikan lele buat ternak 3 - 5 
Ukuran ikan lele buat ternak 5 - 7
Ukuran ikan lele buat ternak 6 - 7
Ukuran ikan lele buat ternak 7 - 8 
Semakin besar ukuran bibit, maka pertumbuhan akan semakin cepat. Tentunya..kalau ini sudah tidak diragukan lagi..

Jika memang Anda pemula, pilihlah bibit yg dibesarkan dari hasil saringan pertama, kemungkinan besar bagus banget pertumbuhan yang akan di dapat.

Tips penting lagi..Jika ingin ternak lele sobat pengen cepat besar, modal harus berani ditambah buat beli pakan full pelet. kalau nggak, Anda bisa membuat sendiri makanan pelet ini.

cara budidaya ikan lele di kolam tembok
lelemeok.blogspot.com

 pakan ikan lele
rumahlelefarm017.blogspot.com

Pakan Ikan Lele untuk Mempercepat Pertumbuhan

Selain ukuran ikan lele buat ternak, Jenis pakan alami yang bagus buat cemilan dan bagus buat pertumbuhan ikan lele dapat berupa Azola, daun pepaya, keong sawah.  

Jika pengen cepet lagi, kasih pakan pelet pagi 2 kilo, sore 3 kilo. Akan tetapi akan sangat mengeluarkan banyak biaya. Tapi jangan lihat pertumbuhan ternak lele sobat, bisa-bisa 2 bulan sudah banyak yang dapat dijual dengan besar seragam.

Kalau rumah Anda deket sama sungai atau laut, dapat sobat cari ikan rucah untuk pagi hari, dan pakan pelet pada malam hari. Pemberian pakan yang baik menyesuaikan kepadatan tebar lele. 

cara budidaya ikan lele di kolam tanah

ternak lele pemula

Demikian info ikan menginformasikan ukuran ikan lele buat ternak yang ideal dan standar budidaya pada umumnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mulai usaha ternak lele. 

Baca juga: