April 29, 2017

10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar dan Terganas

10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar Infoikan.com Sudah tahu jenis ikan hias predator akuarium? atau ingin tahu ikan predator air tawar terganas? Siapa sih yang tak kenal ikan predator, salah satu jenis ikan konsumsi maupun dijadikan ikan hias yang memiliki ukuran tubuh besar dan ganas. 

Sekarang ini banyak yang membuka usaha dengan menjual ikan predator air tawar murah. Dengan begitu harga ikan predator dapat murah sekaligus ada juga yang termahal. Jika Anda ingin mengoleksi ikan air tawar ini dalam akuarium baca disini harga ikan predator. Atau kalau tidak, berikut ini beberapa daftar yaitu ada 10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar. Lanjut baca ulasan berikut ini.

10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar


10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar

Biasanya kebanyakan orang akan berfikir kalau semua ikan yang tumbuh sangat besar hanya berada di lau saja. Akan tetapi berikut ini beberapa ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar juga.

1. White Sturgeon
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
pinterest.com

Salah satu dari daftar 10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar adalah ikan white sturgeon. Ikan besar ini berhasil ditemukan pada daerah Teluk alaska yang pertama kali merupakan ikan air tawar terbesar sepanjang masa.

Berat ikan air tawar ini mencapai 1500 lbs dengan tubuh panjang sampai 15 kaki. Kebenaran ini terungkap dan terdeteksi hidupnya mampu bertahan hingga 1 abad lamanya. 

Ikan air tawar yang masih tergolong invertebrata bentuk tubuhnya tak jauh beda dengan ikan hiu yaitu pada ekornya. Pada bagian punggung terdapat warna abu-abu dengan variasi ventral pada bagian permukaan.

Maka ikan air tawar ini dinamakan white sturgeon dengan mengacu pada warna bagain seleuruh tubuhnya. Keunikan dari ikan air tawar yang dapat tumbuh besar ini ternyata diteloti tidak mempunyai lidah.

Kebiasaan hidupnya hanya di perairan dangkal dan berarus lambat seperti teluk dan muara. Untuk mencari makan, ikan air tawar ini secara langsung dimasukkan dalam perutnya karena tidak terdapat lidah.

2. Chinese Sturgeon
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
Environment.NationalGeographic.com

Berikutnya dari daftar 10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar adalah ikan Chinese Sturgeon. Tak jauh beda dengan ikan air tawar White Sturgeon yang juga dapat tumbuh besar mencapai 5 meteran dengan berat badan mencapai hingga 500 kg. 

Kelebihan ikan air tawar ini ternyata dapat berenang cepat dan hebat. Yaitu dari fakta para nelayan dan pencari ikan yang melihat ikan air tawar Chinese Sturgeon berenang dari Laut china dan mendarat di Sungai Yang Tze kira-kira berukuran jarak 3500 km.

Akan tetapi untuk sekarang ini keadaan ikan Chinese Sturgeon sudah langka. Tiap tahunnya banyak sekali yang memburu dengan alasan jenis ikan air tawar yang mempunyai tubuh unik mampu tumbuh dewasa sangat besar.

3. Hiu Gergaji
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
harnas.co

10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar berikutnya adalah ikan Hiu Gergaji yang berasal dari Indonesia sendiri yaitu tepatnya di beberapa sungai Pulau Indonesia seperti, Sungai Mahakam, Sungai Sepih, Danau Sentani, dan Sungai Siak serta tak lupa Papua Nugini.

Pada negara lain, seperti Australia, India, Afrika Selatan, dan Thailand juga ditemukan beberapa spesies Hiu Gergaji ini. Dinamakan Hiu Gergaji karena mengacu pada bentuk kepala dan mulutnya yang memiliki gigi layaknya gergaji tajam dengan panjang mencapai 6 meter.

4. 10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar - Alligator Gar
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar

Salah satu jenis ikan air tawar yang mendengan namanya saja sudah kepikiran pasti ganas dan juga memiliki tubuh yang sangat besar sekaligus liar. 

Akan tetapi tidak semua alligator gar dapat dijadikan seganas itu. Ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar ini dulunya dapat Anda temukan diberbagai perairan. Tetapi untuk sekarang ini hanya terdapat dan ditemukan dan dijumpai di Amerika Utara dan Tengah saja.

Moncong alligator gar ini mirip dengan ikan hiu yang dapat tumbuh sangat besar mencapai panjang sekitar 3 meteran saja dengan berat 140 kg. Ikan air tawar alligator ini ternyata tidak buas, walaupun segi penampilannya terlihat rakus dan liar.

Tak hanya itu, sekarang ini malah banyak pengusaha ikan hias yang sudah menyediakan dan menjual ikan alligator dengan harga ekonomis. Jenis alligator juga bermacam. Untuk referensi, Anda dapat baca harga ikan alligator sekarang ini.

5. Arapaima Gigas (Arafuru)
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
carnivora.forum.com

10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar selanjutnya disebut Araipama Gigas. Ikan air tawar ini berasal dari Amerikan Selatan pada perairan tropis. 

Araipama gigas dapat tumbuh panjang mencapai 3 meteran saja dengan berat sekitar 200 kg. Akan tetapi, untuk saat ini sudah langka ditemukan araipama yang berukuran sangat besar. Yang hanya maksimal berukuran 2 meteran saja.

6. Mekong Giant Catfish
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
otibrary.com

Ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar ini adalah Mekong Catfish yang masih termasuk keluarga ikan lele yaitu ikan berkumis. Nama mekong diambil dari tempat berasal atu diketemukannya ikan lele ini yaitu mekong.

Ketika populasi banyak banyak, warga sekitar sangat senang melihat begitu banyaknya ikan air tawar mekong catfish ini berenang secara bersama. Tetapi sekarang ini hampir punah dengan banyaknya penangkapan secara bersamaan.

7. 10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar - Nile Perch

10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
africa-angler.com

Ikan air tawar Nile Putih ini memiliki bentuk tubuh fisik sama seperti ikan kakap dan ikan baramudi. akan tetapi ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar ini ternyata jenis ikan preadtor yang sangat rakus karena masih alami di alam liar. 

Pernah kejadian ikan air tawar Nile Perch ini di campur dengan ikan hias lainnya, akan tetapi semua ikan hias kecil maupun berukuran sedang tadi dilahapnya semua. Untuk itu, Nile Perch ini langsung dikembalikan lagi pada alam bebas.

8. Giant Carp
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
koi-bito.com

10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar ini adalah Giant Carp. Pertama kali ditemukan pada Sungai Mae Klong (Thailand) yang memiliki berat tubuh sekitar 600 pon.

9. Goliat Tigerfish
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
briloi.net

Ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar ini ternyata kelompok dari ikan karnivora yang memiliki berat sekitar 154 pon (77 kg) dengan panjang tubuhnya mencapai 5 meteran. 

Dengan giginya yang tajam, maka tak heran jika dijuluki si ikan rakus dan ganas. Goliath Tigerfish ini dicatat sebagi asli ikan yang berasal dari sungai Kongo. 

10. Piraiba Catfish
10 Ikan Air Tawar yang Dapat Tumbuh Sangat Besar
BigFishesoftheWorld.blogspot.com

10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar terakhir ini adalah Piraiba Catfish yang panjang tubuhnya mencapai sekitar 3 metaran saja yang beratnya sekitar 272 kg, yang mana pernah ditemukan oleh sebagian pemancing, namun pemancing tersebut sangat ketakutan menemukan ikan air tawar yang sangat besar.

Rumor lain ikan ini dapat menenggelamkan yang menangkapnya yaitu melalui joran yang kuat tadi hingga tertarik sampai ke dalam air dan tenggelam. Dengan demikian sungai juga tak mau kalahnya dengan air laut yang juga menyimpan misteri ikan predator yang sangat langka dan unik.

Demikian inilah dari daftar 10 ikan air tawar yang dapat tumbuh sangat besar terutama ditemukan di Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mencari ikan predator.