April 16, 2017

Budidaya Ikan Belanak Air Laut

Budidaya Ikan Belanak Infoikan.com Sudah tahu makanan ikan belanak? atau ingin tahu ciri khusus ikan belanak? Siapa sih yang tak kenal belanak, salah satu jenis ikan konsumsi air laut yang memiliki harga ekonomis. Ikan ini sudah banyak dibuat olahan atau masakan membuka usaha warungan dengan khas tertntu.

Habitat ikan belanak lebih banyak tersebar di lautan luas. Maka tak heran jika para pemancing mania lebih suka membuat umpan ikan belanak yang khusus buat mancing di laut untuk menghabiskan hari libur mereka. Bagi Anda yang ingin membuka usaha budidaya ikan belanak, berikut ini penjelasan singkatnya.

Budidaya Ikan Belanak


Budidaya Ikan Belanak Air Laut

Budidaya belanak (Mugil Lisa) adalah salah satu ikan laut konsumsi dengan harga sedang. Ikan yang hidup di panyai ini sering dipelihara di tambak bersama ikan bandeng (Chanos chanos) dan udang (Penaeus metapenaeus) pada tambak-tambak yag dikelola secara ekstensif.

Namun, budidaya belanak tidak berkembang karena benihnya masih di pasok dari alam. Di Filipina, belanak merupakan salah satu ikan budidaya penting bersama ikan bandeng. 

Tentang Ikan Belanak
Ikan belanak bisa disebut gorues ada beberapa spesies. Namun, jenis yang umum dikenal adalah mugil cephalus, M. Labiosus, dan Lisa Oligolepsis. Belanak merupakan jenis ikan pantai yang masuk ke dalam tambak. 

Ciri-ciri ikan belanak yaitu mempunyai kepala gepeng dan berwarna keperak-perakan. Gizinya sangat kecil atau tidak ada sama sekali. Matanya diliputi oleh dua selaput bening yang vertikal. 

Belanak hilir mudik di permukaan pantai, muara sungai, masuk hutan-hutan mangrove. Belanak sering kali berenang secara berkelompok sebanyak 20-30 ekor. Belanak (Mugil Cephalus, M.Labiosus) dapat mencapai ukuran 50 cm. namun ukuran umum belanak yang tertangkap antara 20-30 cm.

Makanan Ikan Belanak
Sebelum melakukan budidaya ikan belanak, ketahui dulu jenis makanannya. belanak mempunyai banyak persamaan dengan ikan bandeng dalam hal kebiasaan makanannya. Makanannya terdiri dari alga halus dan lumpur, karenanya udang dan hewan lainnya pun kadang-kadang masuk pula dalam perutnya. 

Usus belanak panjang (seperti pada bandeng) sampai beberapa kali panjang tubuhnya. 

Budidaya Ikan Belanak
merahmatafishing.blogspot.com


Budidaya Ikan Belanak - Benih Ikan Belanak
Tidak komplet rasanya mengenal ikan belanak kalau belum mengenal benih ikan ini. 

Benih belanak diperoleh dari penangkapan di alam. Benih belanak berukuran 2-3 cm berenang secara berkelompok mencapai ratusan ekor di pinggir pantai dan muara sungai. Benih belanak sering tertangkap bersama benih bandeng dan udang di pantai dan muara sungai. 

Pemeliharaan Ikan Belanak di Tambak
Pemeliharaan belanak di tambak tidak berbeda dengan bandeng. belanak diproduksi sebagai ikan konsumsi langsung, ukuran 300-500 gr/ekor. Benih belanak ukuran 0,5-1,0 gr/ekor panjang 3-5 cm di tebar dengan kepadatan 1-5 ekor atau m2. Atau 10 ribu sampai 50 ribu ekor/ha.

Padat penebaran pada tmabak tradisional antara 0,3-0,8 ekor/m2 (3 ribu sampai 8 ribu ekor/ha). Belanak dapat dipelihara bersama dengan ikan bandeng. Belanak dapat pula dipolikultur dengan udang (Panaeus, Litopenaeus), rumput laut (grasillaria), dan kepiting bakau (Scylla serrata) di tambak. 

Belanak juga dapat dipolikultur dengan rajungan (Portunus) di JKD.

Bila budidaya dilakukan secara semi intensif dengan padat penebaran 1-2 ekor/m2, belanak dapat diberi pakan buatan sebanyak 3-5% bobot biomasa dengan frekuaensi 2-3 sehari. Lama pemeliharaan 6-7 bulan untuk menghasilkan belanak ukuran 300-500 gr/ekor. 

Belanak cocok dipelihara secara semi intemsif dan dipolikultur dengan komuditas lain yang harganya lebih tinggi, seperti udang dan kepiting. Jika dipolukultur dengan udang atau kepiting, belanak merupakan komuditas sampingan atau komuditas ke-2.

Sistem budidaya di tambak polikultur cocok diterapkan pada tambak yang dikelola secara ekstensif dan ekstensif plus. Tambak yang dikelola secara semi intensif dan intensif tidak cocok diterapkan sistem polikultur. 

Budidaya Ikan Belanak - Pembesaran

Persiapan tambak untuk budidaya ikan belanak polikultur tidak berbeda dengan persiapan tambak untuk sistem monokultur. Udang pl 30 sampai pl 45 (ada juga petambak menebar benih benih udang pl 12) ditebar dengan kepadatan 10-12 ekor/m2 atau 100.000 ekor/ha. 

Setelah 45 pemeliharaan udang, biasanya telah bermunculan klekap. Saat itu, dapat ditebar benih belanak ukuran glondongan (5-10 cm) sebanyak 1000- 1500/ha.

Udang budidaya diberi pakan 1 sampai 2 kali sehari sebanyak 15-20% dari berat badan udang perhari, sedangkan belanak memanfaatkan pakan di tambak. 

Belanaka yang dipolikultur dengan kepiting berfungs sebagai pengendali pertumbhan plankton, karena kepiting bakau merupakan karnivora. benih kepiting bakau berukuran 20-40 gr ditebar dengan kepedatan 1-2 ekor/m2 dan belanak berukuran 5-10 cm ditebar sebanyak 2000-2500 ekor/ha.

Budidaya Ikan Belanak - Pemberian Pakan
Pemberian pakan cukup dilakukan terhadap kepiting bakau. Dengan cara makan kepiting bakau yang menghancurkan pakan dan mengeluarkan partikel halus dan mengakibatkan tingkat kesubura air tambak, sehingga terjadi pertumbuhan plankton. Plankton inilah yang menjadi jenis makana ikan belanak di tambak. 

Budidaya Ikan Belanak
anjarbetta.blogspot.com

Demikianlah sedikit ulasan tentang budidaya ikan belanak air laut ini. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan dan selamay mencoba memelihara.